Sponsors Link

7 Titik Refleksi Migrain Sebelah Kiri yang Jarang Orang Ketahui

Sponsors Link

Titik refleksi migrain sebelah kiri merupakan hal yang jarang diketahui banyak orang. Pijat refleksi sendiri sebenarnya berawal pada pijat akupuntur yang sudah menjadi tradisi masyarakat Cina. Di Cina, hampir semua masyarakatnya mempelajari seni bela diri dan pemijatan tradisional. Bahkan ada beberapa kampong di Cina yang mempunyai aliran bela diri setiap keluarga dimana aliran tersebut diturunkan dar nenek moyang mereka.

ads

Seni pijat refleksi yang sekarang berkembang adalah seni pijat akupuntur tanpa jarum dan hanya memerlukan tangan sebagai pengganti jarum. Terdapat lebih dari 7 titik refleksi migrain sebelah kiri yang dapat menyembuhkan sakit kepala sebelum meminum obat-obatan dari dokter.

Obat-obatan yang tersedia di apotek terkadang dibuat dari bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus. Untuk mengurangi hal itu, maka pemijatan refleksi adalah langkah yang bagus untuk mengganti penggunaan obat. Untuk kali ini akan dibahas 7 titik refleksi yang memiliki efek penyembuhan gejala migrain.

1. JIAN JING

Jian jing adalah titik refleksi yang berada di bagian atas bahu. Pemijatan yang dapat dilakukan pada titik jian jing adalah penekanan pada bagian atas bahu sebelah dalam tulang bahu secara bertahap kea rah bawah selama 4 hingga 5 detik. Pemijatan pada titik ini dilakukan untuk meredakan otot leher yang kaku, bahu yang menegang, dan sakit kepala tanpa henti seperti migrain.

Pemijatan pada titik ini dapat dilakukan menggunakan ibu jari menekan ke bawah serta menggeser jari beberapa sentimeter untuk membuat efek pemijatan lebih terasa. Bagi beberapa orang, penekanan pada titik jian jing ini dapat memberikan rasa ngilu dan sakit jika dilakukan terlalu kencang. Akan lebih baik jika penekanan menyesuaikan masing-masing penderita migrain

2. SAN YIN JIAO

Biasanya, penderita migrain hanya memijat pada bagian kepala karena penyakit migrain sendiri terjadi karena sakit kepala yang cukup mengganggu. Titik refleksi pada kaki untuk mengurangi rasa sakit kepala adalah pada titik san yin jiao, tepatnya pada titik 4 jari di atas tulang persendian tumit kaki.

Titik ini jarang diketahui oleh beberapa penderita migrain karena pemijatan ini biasa digunakan untuk perempuan yang sedang datang bulan dan sakit pinggang, serta gejala susah tidur. Pemijatan pada titik san yin jiao dapat dilakukan menggunakan ibu jari dengan menekan titik tersebut selama 10 detik untuk memberikan efek peredaan sakit kepala penyebab migrain.

3. ZHONG ZHU

Titik zhong zhu berada di telapak tangan kiri dimana titik tersebut tepatnya di antara jari kelingking dan jari manis. Nyeri pada kepala, bahu, otot leher, dan punggung dapat dikurangi dengan memijat titik zhong zhu selam beberapa detik. Penekanan selain menggunakan jari ibu, dapat juga menggunakan kayu khusus yang dibentuk untuk menekan titik refleksi.

Titik zhong zhu jika ditekan dengan waktu yang cukup lama akan memberikan rasa ngilu pada telapak tangan. Akan tetapi, tidak perlu kuatir karena rasa nyeri yang disebabkan oleh pemijatan tersebut tidak akan berlangsung lama dan efek terhadap rasa sakit kepala di migrain niscaya semakin berkurang seiring pemijatan berlangsung.

Sponsors Link

4. ZU SAN LI

Jika gejala migrain yang dirasakan akibat terlalu lelah dalam bekerja, maka terdapat cara mudah untuk menghilangkan rasa lelah dan migrainnya. Titik refleksi kali ini terdapat di bagian sisi luar kaki kiri di bawah persendian lutut. Bagi yang memiliki permasalahan pencernaan yang berefek pada migrain, maka pemijatan di area ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi efek mual dan beberapa gangguan lainnya.

Titik zu san li adalah nama titik yang berada di area kaki ini. Pemijatan selama maksimal 10 detik bisa dilakukan untuk relaksasi badan supaya lebih rileks.

Penggunaan minyak urut saat pemijatan berlangsung dapat dapat juga dilakukan untuk memudahkan pemijatan. Pemijatan dengan minyak perlu untuk mengurangi rasa sakit pada kulit karena akan memberikan rasa licin pada kulit sekaligus agar minyak tersebut teresap ke dalam kulit.

5. NEI GUAN

Titik pijat nei guan merupakan titik pijat di area pergelangan tangan sekitar 5 jari dari pangkal telapak tangan. Titik ini aman untuk dilakukan pemijatan pada wanita yang sedang hamil. Pemijatan pada titik ini selain berguna untuk menghilangkan rasa sakit pada kepala, juga dapat mengurangi rasa mual yang biasa terjadi pada tahap awal-awal kehamilan.

Titik refleksi migrain sebelah kiri yang satu ini terletak di bagian dalam tangan. Pemijatan pada titik nei guan dapat dilakukan dengan menggunakan ibu jari dari tangan satunya.

ads

6. HE GU

Titik he gu berada di area yang sama dengan titik zhong zhu. Titik he gu berada tepat di antara jari ibu dan jari telunjuk bagian luar. Pemijatan pada titik ini juga memberikan rasa ngilu karena merupakan titik yang cukup sensitif. Pemijatan dapat dilakukan kira-kira 5 detik atau lebih tergantung kebutuhan.

Beberapa gejala selain bahaya migrain yang dapat disembuhkan dengan pemijatan di titik ini adalah sakit leher, sakit gigi, dan stress. Pemijatan titik ini tidak baik bagi wanita yang sedang mengandung. Pemijatan pada wanita hamil akan memicu induksi dan menyebabkan kontraksi perut.

7. YIN TANG

Titik yin tang adalah titik yang paling dekat dengan bagian yang sakit dari migrain. Titik yin tang adalah titik refleksi yang berada tepat di tengah dahi. Pemijatan titik ini memang sangat sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit migrain pada kepala.

Pemijatan pada titik yin tang dapat dilakukan selama 1 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi penderita insomnia yang susah tidur, atau mata tegang akibat terlalu banyak berfokus pada televise atau computer dapat juga disembuhkan dengan cara memijat titik yin tang.

Pemijatan titik ini dapat dilakukan dengan menggunakan ibu jari secara perlahan-lahan. Pada saat pekerjaan sedang menumpuk dan dikejar oleh target, gejala stress yang timbul juga dapat dikurangi dengan cara memijat titik yin tang.

Titik refleksi migrain sebelah kiri memang tidak memberikan efek samping yang buruk karena tidak ada penggunaan obat-obatan. Tetapi beberapa gejala migrain yang tidak bisa sembuh karena pemijatan refleksi sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

Gejala migrain yang tidak normal bisa disebabkan oleh kelainan di kepala, organ pencernaan, dan akibat kerusakan saraf motorik. Langkah terapi selain pemijatan refleksi bisa dilakukan seperti kemoterapi yang menggunakan gelombang panas. Kemoterapi bisa dijadikan salah satu cara penyembuhan jika dilakukan secara rutin. Jika langkah terapi kemoterapi tidak membawakan hasil, terpaksa penggunaan obat harus dilakukan untuk langkah penyembuhan dari dalam tubuh.

Penggunaan obat-obatan untuk penyakit migrain lebih baik dengan anjuran dokter dimana dosis obat yang digunakan memiliki dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penderita migrain. Pemijatan refleksi bisa dilakukan juga untuk membantu pengurangan efek sakit kepala meskipun penggunaan obat tetap berlangsung hingga migrain sembuh secara sempurna.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Migrain