Sponsors Link

7 Titik Refleksi Migrain Sebelah Kanan Yang Mudah Dipraktekkan

Sponsors Link

Titik refleksi migrain sebelah kanan merupakan hal yang tidak banyak diketahui orang. Migrain sendiri adalah sejenis gangguan pada bagian atas kepala dimana hanya terjadi di titik tertentu dari bagian atas kepala. Migrain ada banyak penyebabnya sehingga setiap migrain datang dan tidak sembuh-sembuh dalam beberapa minggu harus diperiksakan lebih lanjut ke dokter.

ads

Migrain memang cukup mudah untuk disembuhkan dengan minum obat pusing kepala. Namun pengonsumsian obat secara terus menerus dapat menimbulkan efek pengendapan senyawa kimia yang tidak bisa dicerna atau diuraikan di dalam perut.

Untuk mencegah pemakaian obat-obat kimia, terapi pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan jari atau alat pijat lainnya yang terbuat dari kayu. Dengan melakukan pemijatan di titik-titik tertentu, gejala pusing dan sakit kepala akibat migrain dapat dikurangi bahkan dapat dihilangkan.

Pemijatan di titik-titik tertentu berawal dari pemijatan tradisional China dimana teknik pemijatan menggunakan penekanan satu jari atau menggunakan jarum-jarum steril. Dengan ilmu pengetahuan pengobatan tradisional China, para ahli kesehatan memodifikasi cara pemijatan tradisional China menjadi teknologi pemijatan refleksi yang sampai sekarang sudah banyak digunakan oleh para terapis-terapis pijat refleksi. Beberapa titik yang dapat dipijat refleksi adalah sebagai berikut.

1. Sisi Tulang Belakang Pada Pangkal Leher

Gejala sakit kepala di bagian belakang kepala memang cukup mengganggu dan perlu diambil tindakan pengobatan. Pengobatan secara pemijatan dapat dilakukan di titik tulang belakang pada pangkal leher. Titik ini mudah untuk dijangkau oleh tangan kanan dan dilakukan pemijatan sendiri dengan menggunakan tangan kanan.

Pemijatan pada titik ini dapat dilakukan dengan menggunakan ibu jari untuk penekanan yang cukup berat. Penggunaan minyak urut lebih baik dilakukan selain untuk melicinkan permukaan kulit juga dapat meresap ke dalam pori-pori untuk memberikan rasa rileks pada bagian yang diurut. Lakukan pemijatan secara perlahan namun pasti selama kurang lebih 5 detik untuk mendapatkan efek pada migrain.

2. Bagian Tengah Leher

Pada bagian tengah leher juga merupakan titik refleksi yang dapat dipijat. Bagian ini merupakan bagian yang cukup rawan untuk dipijat karena dekat dengan area saraf otak. Pemijatan di bagian ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan untuk menghindari terjadinya pemijatan di area yang rawan. Pemijatan tetap dapat dilakukan dengan menggunakan ibu jari selama kira-kira 5 detik.

Dengan menekan pada titik bagian tengah leher, penyebab migrain yang dirasakan akan berkurang dan merasakan relaksasi. Titik ini dipijat untuk gejala migrain yang berada di bagian belakang kepala. Setelah dilakukan pemijatan, sebaiknya dilakukan istirahat atau tidur untuk memaksimalkan efek dari pemijatan.

Sponsors Link

3. Perbatasan leher dan tengkorak

Bagian leher memang memiliki banyak titik pemijatan karena leher memiliki hubungan dari otak ke bagian-bagian tubuh lainnya. Leher juga terdapat banyak jaringan saraf yang menuju atau dari otak. Pemijatan di bagian perbatasan antara leher dan tengkorak bagian kanan cukup efektif dalam mengurangi gejala migrain di bagian atas atau belakang kepala.

Pemijatan dengan cara mengurut dengan menggunakan ibu jari akan memberikan efek yang cukup nyaman bagi kepala dan meringankan migrain seketika. Karena di bagian atas leher belakang terdapat otak kecil, maka pemijatan sebaiknya tidak terlalu keras agar tidak memberikan efek negative bagi otak kecil atau saraf-saraf menuju otak kecil.

4. Antara Mata dan Tulang Telinga

Tidak jarang gejala migrain terjadi di bagian pinggir kepala yang cukup mengganggu. Gejala sakit kepala bagian pinggir terkadang membuat orang tidak bisa melakukan aktifitasnya dengan efektif dan bagus. Pemijatan untuk sakit kepala bagian pinggir sebaiknya dilakukan pemijatan antara mata dan lubang telinga.

Pemijatan di bagian tengah ini dapat dilakukan dengan cara gerakan memutar ibu jari secara perlahan-lahan. Penekanan pada titik tersebut dapat dilakukan dengan cara memutar ibu jari searah jarum jam secara perlahan-lahan selama 5 detik.

Untuk sakit kepala yang cukup berat di bagian tersebut. Lebih baik diimbangi dengan penggunaan obat sakit kepala sesekali untuk menghilangkan rasa sakit akibat macam-macam penyakit saraf ini yang berkepanjangan.

ads

5. Bagian Atas Daun Telinga

Daun telinga pada umumnya digunakan untuk menggantungkan perhiasan anting-anting bagi wanita atau pria yang memang penyuka anting-anting. Bagian atas daun telinga ternyata dapat memiliki efek meringankan gejala migrain jika dipijat dengan benar.

Bagian atas telinga bagian kanan ini dapat dipijat dengan cara menjepit daun telingan menggunakan 2 jari tangan, ibu jari dan jari telunjuk. Daun telinga ini cukup sakit jika dipijat dengan keras. Untuk mendapatkan efek pengurangan gejala migrain, cukup pijat dengan lembut dan penekanan disesuaikan selama 5 detik atau lebih.

Pemijatan juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat pijat yang dilapisi dengan busa atau karet yang lembut agar daun telinga tidak lecet.

6. Alis Bagian Bawah

Sakit kepala migrain di bagian depan sudah umum dialami oleh banyak orang. Bahaya migrain yang berada di bagian depan merupakan migrain yang paling mengganggu dan paling sakit. Akan tetapi, pemijatan tetap dapat dilakukan untuk mengurangi gejala sakit kepala tersebut jika dilakukan dengan cara yang benar dan efektif.

Titik refleksi pemijatan di bagian wajah salah satunya ada di bagian bawah alis bagian kanan. Pada bagian bawah alis terdapat beberapa jaringan saraf mata sehingga pemijatan tidak boleh dilakukan dengan penekenan yang terlalu kencang. Pemijatan dapat dilakukan secara perlahan selama 5 detik atau lebih. Pemijatan ini cukup efektif terhadap gejala sakit kepala migrain setelah dilakukan beberapa kali.

7. Titik Mata Ketiga

Bagian ini memang termasuk bagian yang cukup bagus karena sangat terbuka dan mudah dijangkau oleh tangan atau jari tangan. Titik di mata ketiga adalah bagian yang mampu memberikan efek pada beberapa bagian sekitarnya saat dilakukan pemijatan.

Pemijatan pada bagian mata dapat dilakukan dengan menggunakan ibu jari dari bawah ke atas secara bertahap selama 10 detik. Pemijatan ini lebih enak jika dilakukan dengan cara tiduran di alas yang empuk. Bukan karena alas tidur yang empuk, tetapi tubuh yang rileks sekaligus pemijatan di titi mata ketiga memberikan efek penyembuhan terhadap sakit kepala akibat migrain sangat efektif.

Titik refleksi migrain sebelah kanan oleh jari tangan sangat umum dilakukan meskipun juga banyak alat pijat dari kayu atau dari material lain yang keras. Akan tetapi dengan menggunakan kayu atau bahan lain, kerasnya alat pijat akan memberikan rasa sakit lebih besar daripada menggunakan jari tangan.

Sakit migrain yang tidak berkurang setelah dilakukan pemijatan lebih baik diperiksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab terjadinya gejala migrain lebih akurat. Beberapa penyakit serius diawali dengan gejala migrain pada bagian kepala.

Dengan dilakukan city scan atau MRI, penyebab migrain akan dapat diketahui lebih dini sehingga penyebab gejala migrain dapat mempunyai solusi penanganan lebih cepat dan lebih akurat. Jika pemijatan atau pengonsumsian obat tidak berefek, waspada akan gejala lain.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Migrain