Sponsors Link

6 Terapi Syaraf Kejepit Tulang Belakang Paling Ampuh dan Bermanfaat

Sponsors Link

Terapi syaraf kejepit tulang belakang dapat dilakukan dengan beberapa metode. Syaraf kejepit sendiri sebenarnya merupakan suatu kondisi pada saat saraf menjadi tertekan karena adanya tekanan dari jaringan di sekitarnya. Tentu saja kondisi ini akan membuat penderitanya mengalami rasa sakit dan nyeri yang tak tertahankan.

ads

Kondisi bahaya syaraf terjepit bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit dan kebas. Penderita syaraf kejepit juga bisa saja mengalami kesemutan yang berujung pada timbulnya lemah fisik apda pasien. Berikut ini beberapa jenis terapi syaraf kejepit tulang belakang yang dapat dijalani oleh penderita untuk meredakan penyakitnya tersebut.

1. Terapi Fisik

Pasien penderita penyakit syaraf kejepit terutama di bagian tulang belakang sebaiknya menjalani terapi fisik. Terapi fisik pada dasarnya memiliki banyak manfaat bagi penderita penyakit saraf kejepit. Melalui terapi fisik maka pasien dapat memperkuat dan meregangkan ototnya di bagian atau area yang terkena dampak dari adanya tekanan pada saraf.

Dalam hal ini termasuk pula pasien yang menderita rasa nyeri di bagian tulang belakang karena adanya tekanan pada saraf tulang belakang. Saat menjalani terapi fisik maka Anda akan dipimpin oleh terapis. Terapis akan mengajarkan beberapa macam gerakan yang berguna untuk meredakan cedera Anda sehingga gejala berupa rasa nyeri dapat dikurangi.

Gerakan yang akan diajarkan oleh terapis pada tiap orang memang berbeda-beda. Sebab gerakan harus disesuaikan dengan kebutuhan pasien agar keluhan pasien dapat mereda. Anda akan melakukan berbagai macam gerakan tersebut di bawah pengawasan terapis. Gerakan juga dapat diulang lagi di rumah sesuai dengan kebutuhan pasien.

2. Berenang

Berenang sering kali dianjurkan oleh dokter untuk dijalani oleh pasien penyebab syaraf kejepit di leher termasuk di bagian tulang belakang. Para ahli terapi fisik juga umumnya menganjurkan pasien penderita syaraf kejepit untuk melakukan kegiatan berenang sesering mungkin. Umumnya memang orang yang menderita penyakit syaraf kejepit merasakan sakit yang luar biasa sehingga seolah tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

Bahkan pasien biasanya ingin menghabiskan waktunya di sepanjang hari dengan tiduran saja. Padahal berbaring dan tidur secara berlebihan justru semakin membuat sendi menjadi lebih tegang. Dengan mengapung di air maka beban akan seolah berkurang saat Anda ingin bergerak. Pada saat berenang tentunya seluruh bagian tubuh akan digerakkan.

Dengan berenang maka otot tulang belakang dari orang yang menderita syaraf kejepit dapat menjadi semakin kuat. Selain itu berenang juga dapat menguatkan bantalan yang sedang cedera. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau terapis untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berenang agar dapat meringankan syaraf kejepit.

Sponsors Link

3. Yoga

Terapi syaraf kejepit tulang belakang jenis lain yang sering kali dilakukan oleh beberapa orang untuk mengurangi rasa sakit di bagian tulang belakang adalah yoga. Banyak orang yang mengalami rasa sakit dan nyeri pada bagian tulang belakangnya dikarenakan ia menderita cedera syaraf kejepit. Untuk mengatasinya maka beberapa pasien syaraf kejepit memilih untuk menjalani terapi yoga secara rutin demi memperoleh kesembuhan.

Yoga dipercaya sebagai salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara menyembuhkan saraf kejepit. Yoga dapat memperbaiki gerakan tulang belakang yang salah sebagai akibat dari adanya tekanan pada saraf. Yoga juga dapat meringankan tekanan gel pada saraf sehingga gel tersebut dapat masuk kembali ke posisi semula dan tidak lagi merembes keluar sehingga tidak akan lagi menekan saraf.

Beberapa gerakan yoga sederhana dapat dilakukan untuk mengembalikan posisi gel sehingga syaraf kejepit dapat dicegah. Berikan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan yoga di tiap harinya. Kegiatan ini dapat dilakukan selama berbulan-bulan hingga penyakit mereda dan sembuh.

4. Akupuntur

Teknik akupuntur sebenarnya merupakan metode pengobatan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Metode pengobatan akupuntur juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit syaraf kejepit. Metode pengobatan ini juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri yang pada umumnya dialami oleh pasien penderita syaraf kejepit di bagian tulang belakang.

Pengobatan akupuntur sebenarnya sudah dikenal sejak lama dulu. Pada metode pengobatan ini akan dilakukan penusukan jarum ke dalam beberapa titik di bagian tubuh pasien. Dengan adanya metode ini maka diharapkan agar penyakit dapat mereda. Para praktisi akupuntur sudah seharusnya memiliki pengalaman dalam melakukan teknik akupuntur sehingga metode pengobatan tersebut dapat memberikan hasil yang baik bagi pasien.

Untuk melakukan metode pengobatan akupuntur maka haruslah dipastikan bahwa jarum yang digunakan sebagai media pengobatan telah dalam keadaan bersih dan steril. Dengan alat yang bersih maka bisa dipastikan bahwa tidak akan ada kuman atau bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh pasien.

ads

5. Chiropractic

Teknik chiropractic mulai dikenal sebagai salah satu jenis metode pengobatan yang diikuti oleh beberapa orang untuk memperoleh kesembuhan. Jenis penyakit yang juga dapat disembuhkan melalui terapi jenis ini ialah syaraf kejepit. Hingga kini tidak sedikit orang yang memercayakan kesembuhannya melalui metode pengobatan chiropractic. Pada metode ini pasien akan dipijat oleh praktisi chiropractic.

Pijatan umumnya akan dialiri dengan listrik sehingga bagian tubuh pasien yang terasa sakit pada akhirnya dapat mereda. Bila metode pengobatan ini dijalani secara rutin dan berkala maka syaraf kejepit dapat mereda. Rasa nyeri dan sakit yang sering kali dirasakan oleh pasien pun juga akan mereda seiring dengan semakin sembuhnya penyakit yang dideritanya.

Chiropractic merupakan metode pengobatan dengan teknik pijat yang lebih modern karena sudah menggunakan teknologi canggih di dalamnya. Dengan menjalani terapi chiropractic maka diharapkan agar keluhan macam-macam penyakit saraf dapat diredakan.

6. Terapi Obat-obatan

Setiap penyakit umumnya dapat diredakan gejalanya dengan menggunakan beberapa jenis obat-obatan tertentu. Sampai saat ini obat memang dijadikan sebagai solusi atau cara yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita seseorang. Dalam hal ini termasuk pula penyakit atau cedera syaraf kejepit yang bisa saja terjadi di bagian tulang belakang seseorang.

Umumnya pasien penderita syaraf kejepit akan merasakan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Untuk meredakan dan mengatasi rasa sakit atau nyeri yang berlebihan tersebut Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu. Misalnya saja seperti obat anti inflamasi non steroid atau OAINS. Beberapa jenis obat yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi peradangan atau rasa nyeri tersebut adalah ibuprofen dan naproxen.

Obat-obat tersebut dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul sebagai akibat dari adanya syaraf kejepit di pergelangan tangan maupun pada tulang belakang. Obat anti inflamasi lainnya yang juga dapat dikonsumsi adalah obat kortikosteroid yang juga bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit ataupun mengatasi pembengkakan yang dialami oleh penderita syaraf kejepit.

Terapi syaraf kejepit tulang belakang tentu saja dapat membuahkan hasil berupa kesembuhan pada pasiennya. Namun terapi ini haruslah dilakukan secara rutin dan sesuai dengan petunjuk dari dokter atau terapis yang menangani pasien. Sehingga kesembuhan yang dihasilkan dapat lebih maksimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Saraf Kejepit