Sponsors Link

20 Terapi Parkinson Paling Efektif Menyembuhkan

Sponsors Link

Ada banyak cara bagi penderita penyakit Parkinson untuk menyembuhkan penyakit tersebut, salah satunya yaitu dengan jalan melakukan terapi Parkinson. Jenis terapi ini dikenal ada bermacam-macam dan seluruhnya mampu membawa hasil yang lebih baik dalam mengatasi dan mencegah efek negatif yang lebih buruk pada penderita penyakit tanda dan gejala Parkinson.

ads

Hanya saja sayangnya tidak banyak orang tahu apa saja jenis terapi yang dapat dilakukan. Oleh sebab itu jika penasaran, sebaiknya simak berikut ini beragam terapi Parkinson yang dapat dilakukan dengan mudah.

1. Terapi Musik

Tak disangka, ternyata musik sangat baik untuk para penderita Parkinson. Oleh karena itu untuk membantu kesembuhan yang lebih cepat dengarkan musik bagi para penderita Parkinson. Tentu otak penderita akan melatih untuk mencerna musik tersebut dan dapat berfungsi lebih baik secara perlahan.

2. Terapi Menari

Melakukan gerakan tarian juga merupakan stimulasi yang baik bagi para penderita Parkinson. Tak heran jika saat ini terapi menari juga diberikan pada para penderita Parkinson yang masih berada dalam tahapan awal. Dengan terapi tersebut maka tubuh akan bergerak seluruhnya dan sistem saraf dapat perlahan kembali normal secara alami.

3. Bersepeda

Jika bersepeda di alam terbuka terlihat berbahaya, bisa juga dengan memakai sepeda statis yang ada di dalam ruangan. Terapi ini berfungsi untuk menguatkan otot kaki dan membiarkan penderita lebih banyak aktif bergerak memakai kedua kakinya. Sehingga dengan demikian otot-otot kaki tidak akan kaku kembali dan perlahan dapat kembali pada fungsi normal yang semula seperti sebelum terserang penyakit Parkinson.

4. Jalan Cepat

Selain itu, jalan cepat juga merupakan salah satu jenis terapi sekaligus aktifitas yang membantu penderita gejala awal Parkinson tetap aktif. Oleh sebab itu sebaiknya bawa penderita untuk melakukan aktivitas ini setiap hari selama beberapa menit. Sehingga otot tubuh menjadi lemas serta dapat tetap bergerak perlahan.

5. Golf

Bermain golf merupakan olah raga yang santai dan menyenangkan. Oleh karena itu olah raga ini cocok digunakan sebagai salah satu terapi bagi para penderita Parkinson. Selain tidak melelahkan juga cukup ringan dan mudah untuk dilakukan.

6. Terapi Melompat

Terapi yang satu ini sebaiknya harus didampingi ahli supaya menghindari terjadinya resiko terjatuh dan semacamnya. Namun melompat memang disarankan bagi penderita Parkinson untuk membantu mengembalikan fungsi otot kaki kembali seperti semula.

Sponsors Link

7. Terapi Menulis

Kebanyakan penderita Parkinson mengalami kesulitan dalam menulis kata-kata. Karena itu walaupun sederhana, tetapi jenis terapi ini memang sangat membantu. Penderita akan dapat tetap melakukan gerakan sederhana yang butuh ketekunan dengan cara seperti ini.

8. Terapi Berjalan

Salah satu terapi penting yang juga bermanfaat yaitu dengan terapi berjalan. Dengan demikian akan membantu penderita bahaya penyakit Parkinson untuk menguatkan otot kaki supaya tidak semakin melemah. Selain itu membantu untuk menjaga supaya penderita tetap aktif bergerak.

9. Yoga

Berikutnya terapi Parkinson yang baik untuk dilakukan secara berkala yaitu dengan melakukan yoga. Selain tubuh dan otot lebih lentur, juga baik untuk memperbaiki sistem pernafasan. Sehingga penderita terhindar dari resiko sesak nafas.

10. Terapi Pernafasan

Jenis terapi lain yang baik untuk dilakukan yaitu dengan terapi pernafasan. Dengan melancarkan aliran oksigen ke dalam otak, maka sistem saraf otak dapat bekerja lebih maksimal dan membantu memulihkan kondisi penderita lebih cepat.

ads

11. Terapi Bicara

Penyakit Parkinson memang hampir mirip dengan penyakit stroke. Karena itu penderitanya bisa saja mengalami kesulitan dalam berbicara. Oleh sebab itu penting sekali untuk memberikan terapi berbicara agar penderita tidak kehilangan kemampuan komunikasinya.

12. Terapi Pikiran

Selain beberapa terapi fisik di atas, memberikan terapi pikiran juga merupakan hal yang penting. Dengan menyemangati penderita Parkinson maka akan menumbuhkan semangat dan pikiran yang positif bagi penderita. Jika semangat dan pikiran positif, maka kemauan dan hasrat untuk sembuh akan makin besar.

13. Meditasi

Memberikan terapi meditasi juga baik untuk menjaga ketenangan hati dan pikiran bagi para penderita Parkinson. Oleh karena itu terapi ini juga cocok diberikan bagi penderita supaya mendukung kesembuhan fisik yang lebih cepat. Dengan menenangkan pikiran maka akan timbul energi yang positif dari dalam tubuh penderita Parkinson.

14. Berenang

Salah satu olah raga yang baik dan cocok dilakukan oleh penderita Parkinson yaitu dengan berenang. Selain baik untuk melatih fisik, olah raga ini juga baik untuk melatih sistem pernafasan. Sehingga otak akan mendapt cukup oksigen dan paru-paru dapat bekerja lebih optimal.

15. Senam

Olah raga lain yang cocok bagi penderita Parkinson yaitu dengan rajin melakukan senam. Baik semacam senam taichi maupun senam pernafasan yang lainnya. Dengan melakukan senam, maka saraf otak dan sistem peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Sehingga tubuh terhindar dari kekakuan dan dapat lebih

16. Stimulasi Otak

Melakukan stimulasi otak juga cukup penting bagi para penderita penyakit Parkinson. Hal ini untuk membantu supaya akibat penyempitan saraf otak para penderita dapat dihindari dan mampu terstimulasi dengan optimal. Dengan demikian maka penderita dapat pulih dengan perlahan dan tidak mengalami kelumpuhan otak yang berlarut-larut. Karena pada dasarnya penyakit ini membuat otak tidak bekerja secara optimal dan semakin menurun performanya.

17. Fisioterapi

Selanjutnya terapi yang juga sangat bermanfaat bagi para penderita Parkinson yaitu dengan melakukan beragam gerakan fisioterapi. Dengan melakukan terapi ini maka berbagai macam anggota tubuh penderita akan dibantu untuk tetap bergerak dan mencegah kekakuan pada otot yang lebih parah.

18. Terapi Ingatan

Salah satu terapi yang juga diperlukan untuk pengobatan penyakit Parkinson yaitu terapi ingatan. Apalagi penderita penyakit tersebut cenderung mulai mengalami kehilangan ingatan atau lebih tepatnya mudah pikun. Dengan melakukan terapi ingatan, maka penderita akan berlatih untuk mempertajam ingatan sehingga tidak mudah lupa dan otak tidak mengalami kelumpuhan.

Sponsors Link

19. Tusuk Jarum

Terapi tradisional ini dipercaya dapat membantu memperlancar peredaran darah pada penderita Parkinson. Sehingga secara tidak langsung akan memaksimalkan suplai oksigen dalam darah yang menuju ke otak. Dengan demikian maka otak akan terhindar dari kelumpuhan dan dapat tetap aktif seperti biasanya.

20. Terapi Kognitif

Seperti pada anak kecil, penderita Parkinson mengalami penurunan daya fisik dan pemikiran. Karena itu sebaiknya berikan terapi kognitif untuk secara perlahan mengembalikan fungsi kognitif pada penderita supaya tetap optimal.

Itulah beragam terapi Parkinson yang dapat dilakukan untuk mendukung kesembuhan pada penderita Parkinson. Beragam terapi tersebut memang terlihat sangat sederhana, namun bila dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membawa manfaat yang maksimal bagi penderita Parkinson.

Sehingga sekalipun sedang menderita penyakit tersebut, mereka tetap dapat secara perlahan-lahan kembali sehat seperti semula. Dengan demikian maka pikiran dan perasaan penderita juga akan lebih baik. Oleh sebab itu tak ada salahnya untuk mencoba menerapkan berbagai terapi di atas apabila ada anggota keluarga yang mengalami hal tersebut. Selamat mencobanya!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Parkinson