Sponsors Link

8 Terapi Amnesia Paling Manjur

Sponsors Link

Terapi amnesia dapat dilakukan dengan beberapa cara agar pasien dapat memperoleh kesembuhan. Umumnya berbagai macam terapi yang dijalani oleh pasien amnesia akan dilakukan secara berkala. Dengan menjalani terapi secara berulang-ulang maka pasien secara berangsur-angsur akan mengalami kesembuhan. Terapi memang merupakan suatu prosedur yang harus dijalani oleh seseorang yang mengalami amnesia agar ia memperoleh penanganan yang tepat dan memperoleh pemulihan.

ads

Gejala amnesia sendiri merupakan kondisi saat seseorang mengalami masalah dengan daya ingatnya. Daya ingat tersebut menjadi terganggu karena berbagai factor penyebab. Tentu saja kondisi ini tidak baik dan akan mengganggu masa depan penderita amnesia. Oleh karena itu kondisi ini perlu ditangani melalui bimbingan dari dokter dan terapi amnesia yang disarankan oleh dokter atau psikiater.

1. Terapi Kognitif

Terapi kognitif pada dasarnya menekankan sistem kepercayaan dan pemikiran dalam menentukan suatu perilaku atau perasaan. Terapi ini dikembangkan oleh Aaron Beck yang awalnya tidak setuju terhadap konsep berpikir secara irasional sehingga ia mengembangkan konsep ini. Penggunaan dari terapi jenis ini sebenarnya sangatlah luas.

Dengan kata lain terapi ini bisa dilakukan pada seseorang secara individu ataupun pada suatu kelompok. Tindakan terapi jenis ini juga bisa dilakukan bersama-sama dengan terapi obat. Terapi kognitif dapat digunakan dengan bertujuan untuk melatih dan memperkuat daya ingat. Namun untuk melakukan latihan daya ingat ini terkadang dibutuhkan bantuan dari beberapa alat teknologi seperti misalnya gadget dan agenda elektronik.

2. Terapi Okupasi

Terapi okupasi merupakan salah satu bentuk layanan yang dapat diberikan pada masyarakat untuk meningkatkan kemandirian individual dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Terapi ini dapat diberikan pada seseorang agar orang tersebut dapat meningkatkan kemampuannya sehingga ia bisa melibatkan diri dalam berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat di sekitarnya.

Dengan menjalani terapi okupasi maka seseorang dapat melatih dirinya untuk melakukan berbagai upaya yang bertujuan untuk mendukung partisipasi dan keterlibatan dirinya dalam aktivitas masyarakat. Dalam menjalani terapi okupasi tentunya pasien akan diajarkan mengenai cara untuk menerima dan mengenal informasi baru. Pasien juga akan diajarkan untuk melatih dirinya dalam mendapatkan informasi baru dengan menggunakan ingatan yang ada.

3. Terapi Keluarga

Terapi keluarga merupakan suatu model terapi yang pada dasarnya bertujuan untuk mengubah pola interaksi keluarga agar dapat melakukan pembenahan terhadap segala permasalahan yang ada dalam keluarga. Pada awalnya terapi jenis ini muncul karena adanya pengamatan bahwa klien yang telah mengalami peningkatan setelah menjalani suatu terapi akan mengalami ganggguan lagi saat ia kembali pada keluarganya.

Sebab bagaimanapun juga seluruh anggota keluarga berperan dalam perkembangan klien yang sedang menjalani suatu terapi. Seluruh anggota keluarga sudah seharusnya ikut berpartisipasi dan melibatkan dirinya dalam mencapai peningkatan klien. Jadi terapi ini mengajarkan pada sebuah keluarga tentang penyebab macam-macam amnesia pada klien serta mengajarkan cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan klien yang sedang sakit tersebut.

Sponsors Link

4. Terapi Kreatif

Terapi kreatif dapat dilakukan melalui seni atau musik. Oleh karena itu beberapa orang menyebut terapi amnesia jenis ini sebagai terapi seni atau terapi musik. Dalam terapi ini tentu saja pasien akan dilatih untuk mengeksplorasi serta mengekspresikan pikiran dan perasaannya melalui berbagai cara yang kreatif diantaranya adalah melalui seni dan musik. Kreativitas pada dasarnya merupakan suatu kemmapuan alami yang dimiliki oleh setiap manusia.

Namun perkembangan kreativitas itu tergantung pada setiap individu dalam mengolahnya. Oleh karena itu pasien yang mengalami amnesia mirip gejala pikun pada orang tua bisa menjalani terapi kreatif untuk meningkatkan kecerdasan otaknya melalui peningkatan kreativitasnya. Dengan demikian maka otak akan terus dilatih untuk memikirkan ide-ide kreatif sehingga mengalami perkembangan.

5. Obat-obatan

Obat-obatan sebenarnya tidak mampu menyembuhkan amnesia yang dialami oleh seseorang. Namun beberapa dokter atau psikiater akan menangani pasiennya dengan cara memberinya obat anti depresan atau obat lainnya sehingga kecemasan atau kegelisahan yang dialaminya dapat dihilangkan. Selain obat anti depresan atau anti cemas tentunya dokter atau psikiater juga akan memberikan beberapa vitamin atau suplemen yang berfungsi untuk cara mengobati amnesia.

Melalui pemberian vitamin dan suplemen maka pasien diharapkan agar dapat semakin berkembang dan mengalami kesembuhan atau perubahan yang lebih baik. Selain itu daya ingat pasien juga diharapkan agar dapat berfungsi kembali dengan baik dengan mengonsumsi vitamin dan siuplemen secara teratur. 

ads

6. Hipnosis

Hipnosis juga disebut sebagai suatu sugesti yang diberikan pada seseorang atau subjek. Proses hipnosis ini dilakukan oleh seorang hipnotis. Penggunaan hipnosis ini seringkali ditujukan sebagai suatu metode terapi agar subjek yang diberikan hipnosis dapat memberikan respon terhadap pengalaman subjektifnya. Respon tersebut antara lain berupa perubahan persepsi, emosi, dan pikiran yang cenderung membuat subjek merasa lebih baik.

Hipnosis umumnya dilakukan oleh seorang psikiater. Tindakan hipnosis ini dilakukan sebagai suatu metode pengobatan yang tentunya dilakukan secara medis oleh psikiater. Dengan penggunaan metode ini maka subjek akan memusatkan perhatiannya untuk menyadari kenangan yang tersembunyi dari pikiran sadarnya. Namun metode hipnosis menjad kontroversial karena dianggap beresiko menciptakan kenangan yang bersifat palsu.

7. Psikoterapi

Psikoterapi adalah serangkaian prosedur yang biasa digunakan untuk menangani masalah kejiwaan serta mental seseorang dan di dalamnya terkandung berbagai ilmu psikologi. Beberapa orang menyebut psikoterapi dengan istilah terapi psikis. Sebab terapi ini berfokus pada perubahan psikis seseorang sehingga orang tersebut dapat mengurangi tekanan emosional dan kemudian dapat mengambil keputusan dengan sadar serta meningkatkan kemampuannya dalam berinteraksi sosial.

Dengan menjalani psikoterapi maka pasien amnesia akan dibantu untuk mengingat kembali segala hal di masa lalu yang telah dilupakannya dengan membuang rasa trauma dan cemas yang dialaminya. Pasien juga akan dibimbing sehingga menjadi lebih percaya diri dan lebih berani dalam menghadapi masa depan.

8. Akupuntur

Akupuntur merupakan suatu jenis terapi atau pengobatan tradisional yang dikenalkan oleh Tiongkok. Metode pengobatan ini sudah lama dikenal dan banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk gangguan gejala awal stroke dan bahkan juga amnesia. Terapi akupuntur dilakukan dengan menggunakan media jarum yang akan dimasukkan ke dalam tubuh manusia melalui beberapa titik tertentu. Akupuntur dapat digunakan untuk menyembuhkan amnesia yang merupakan gangguan daya ingat pada seseorang.

Dengan menjalani terapi akupuntur maka beberapa jarum akan dimasukkan pada beberapa titik yang ada di tubuh pasien sehingga ingatan pasien akan pulih kembali dan pada akhirnya pasien dapat sembuh dari gangguan amnesia. Akupuntur hanya boleh dilakukan oleh terapis yang berpengalaman dengan menggunakan media jarum dan peralatan yang bersih serta steril.

Terapi amnesia seperti yang telah dijabarkan di atas dapat dijalani oleh penderita amnesia sesuai dengan kondisi yang dialaminya. Dengan menjalani terapi secara rutin maka penderita amnesia diharapkan dapat pulih kembali seperti sedia kala.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia