Sponsors Link

6 Tanda Saraf Leher Terjepit Yang Seringkali Tak Terduga

Sponsors Link

Tanda saraf leher terjepit terdiri dari beberapa macam. Leher memang pada dasarnya merupakan bagian organ tubuh manusia yang vital dan di dalamnya terdapat beberapa macam-macam saraf yang terhubung ke organ lainnya. Leher yang sakit baik secara bertahap maupun secara tiba-tiba sudah tentu perlu diwaspasdai.

ads

Sebab leher yang terasa sakit bisa saja menandakan adanya saraf terjepit di bagian tubuh tersebut. Namun sebenarnya saraf leher terjepit tidak hanya menimbulkan gejala pada leher saja.

Gejala saraf terjepit di bagian leher ternyata justru bisa dirasakan sampai ke bagian lengan hingga ke bagian jemari tangan. Memang hal ini tampak aneh namun ternyata kondisi inilah yang sebenarnya terjadi saat Anda mengalami saraf terjepit di bagian leher. Saraf terjepit di bagian leher akan menimbulkan gejala yang menjalar hingga ke lengan dan bahkan sampai ke jari-jemari tangan.

Bahkan gejala ini akan menjalar sampai ke ujung jari tangan sehingga kondisi ini akan membuat Anda merasa terganggu dan tidak nyaman. Ditambah lagi aktivitas Anda akan terganggu karena kondisi yang tidak memungkinkan bagi Anda untuk beraktivitas dan melakukan suatu hal. Berikut ini kami berikan beberapa macam tanda saraf leher terjepit yang sering kali tidak terduga hingga menjadi fatal.

1. Kebas

Kebas atau baal sebenarnya sudah menjadi ciri dari adanya saraf terjepit di bagian tubuh manusia. Letak kebas biasanya berada di sekitar bagian tubuh Anda yang sedang mengalami gangguan saraf terjepit. Kebas mengacu pada kondisi mati rasa yang bisa saja Anda alami saat sedang mengalami saraf terjepit.

Tidak hanya saraf terjepit di bagian leher saja namun sebenarnya kebas ini bisa saja muncul di bagian tubuh mana saja. Saat bagian leher mengalami kondisi ciri-ciri syaraf kejepit maka kebas akan menjalar hingga ke bagian tangan. Maka kebas atau mati rasa ini akan terjadi mulai dari bagian lengan tangan hingga ke bagian ujung jari Anda.

2. Kesemutan

Kesemutan biasanya menjadi gejala awal dari saraf terjepit. Kesemutan ini juga menjadi gejala dari saraf terjepit di leher. Sama dengan kebas maka gejala saraf terjepit di leher berupa kesemutan ini akan terjadi pada bagian tangan. Maka saat Anda mengalami saraf terjepit di bagian leher tentunya Anda akan mengalami kesemutan bukan hanya pada leher saja melainkan juga pada bagian tangan.

Kesemutan ini bisa terjadi dalam kurun beberapa waktu yang cukup lama. Namun kesemutan ini juga bisa terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Kondisi kesemutan ini bisa terjadi secara terus-menerus dalam waktu beberapa hari sehingga kondisi ini akan sangat menyiksa Anda.

3. Sensasi Panas

Sensasi panas juga menjadi tanda atau gejala dari adanya saraf terjepit di bagian tubuh leher. Sensasi panas ini terkadang menyerupai sensasi terbakar dan tentu akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Biasanya sensasi panas ini terjadi setelah timbul kondisi kebas atau mati rasa.

Sponsors Link

Sama seperti gejala kebas dan kesemutan rupanya sensasi panas yang terjadi sebagai akibat dari adanya saraf terjepit di bagian leher ini bisa menjalar hingga ke bagian lengan tangan dan berakhir pada bagian ujung jari-jemari. Sensasi panas atau terbakar ini biasanya disertai pula dengan gejala lainnya seperti misalnya lengan dan jari tangan terasa sakit atau nyeri sehingga sangat mengganggu Anda.

4. Rasa Nyeri

Rasa nyeri atau rasa sakit sudah tentu menjadi gejala umum dari adanya gangguan saraf terjepit. Rasa nyeri dan sakit tentu juga bisa Anda alami jika sedang menderita saraf terjepit di bagian leher. Biasanya rasa sakit ini muncul secara bersamaan dengan adanya kebas dan kesemutan. Atau sensasi nyeri dan sakit juga terjadi bersamaan dengan timbulnya sensasi panas atau terbakar.

Saat saraf terjepit timbul di bagian leher maka bagian tangan juga akan merasakan dampak dari adanya macam-macam penyakit saraf tersebut. Dengan kata lain rasa nyeri atau sakit akan timbul pada bagian tangan Anda mulai dari pangkal lengan hingga ke bagian ujung jemari Anda.

ads

5. Lemah Otot

Lemah otot tentu tidak diinginkan oleh siapa saja. Lemah otot tentu akan membuat Anda tidak dapat menggerakkan tubuh Anda dengan baik dan maksimal. Lemah otot pada bagian tangan bisa saja menjadi gejala dari saraf terjepit di leher. Otot yang semakin melemah karena adanya saraf terjepit ini bisa membuat tangan Anda menjadi semakin lemah pula sehingga semakin sulit untuk digerakkan.

Lemah otot pada bagian tangan juga akan membuat tangan Anda tidak kuat lagi dalam melakukan sesuatu. Tentu saja kondisi ini tidak diinginkan oleh siapapun karena otot yang melemah ini justru akan membuat aktivitas Anda terganggu dan bahkan harus dihentikan sejenak selama beberapa waktu agar otot dapat bekerja kembali.

6. Lumpuh

Lumpuh merupakan dampak terbesar yang timbul sebagai akibat dari adanya saraf terjepit. Penyebab kelumpuhan mendadak sudah tentu menjadi gejala saraf terjepit yang paling berat bagi seseorang sebab orang yang mengalami kelumpuhan tentu tidak dapat lagi bergerak secara leluasa. Orang yang mengalami kelumpuhan juga sering kali menghadapi berbagai macam kesulitan dalam melakukan suatu pekerjaan dan menyelesaikannya.

Kelumpuhan biasanya menjadi gejala paling akhir dari saraf terjepit di leher yang tidak segera mendapatkan penanganan. Oleh karena itu gangguan saraf terjepit di leher yang diawali dengan adanya gejala di bagian lengan dan jari tangan sebaiknya selalu diwaspadai agar pengobatannya tidak sampai terlambat.

Tanda saraf leher terjepit seperti yang telah dijabarkan di atas tampaknya perlu untuk selalu diwaspadai. Sebaiknya lakukan berbagai upaya pencegahan agar organ leher Anda tidak sampai mengalami kasus saraf terjepit. Upaya pencegahan sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah misalnya menjalani pola hidup sehat. Upaya menjalani pola hidup sehat ini antara lain meliputi konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga sehingga Anda bisa terhindar dari gangguan saraf terjepit.

Namun jika saraf terjepit sampai terjadi terutama di bagian leher Anda maka sebaiknya segera lakukan pengobatan dan penanganan dini. Tentunya Anda perlu berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan selanjutnya.

Dengan berkonsultasi maka dokter akan membantu Anda untuk memberikan solusi dalam menangani cara menyembuhkan saraf kejepit di bagian leher seperti yang sedang Anda alami. Berbagai macam pengobatan dan terapi tentu akan disarankan oleh dokter untuk Anda jalani agar kasus saraf terjepit bisa segera selesai. Leher Anda menjadi sembuh dan bebas dari saraf terjepit.

Walaupun belum tentu Anda memperoleh kesembuhan secara maksimal namun pengobatan dan terapi yang Anda jalani tentunya akan membantu Anda untuk meredakan dan mengurangi gejala dari saraf terjepit di leher yang sedang Anda alami. Oleh karena itu sebaiknya kenali lebih dalam mengenai tanda dari leher yang mengalami saraf terjepit agar Anda bisa menanganinya sewaktu-waktu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf