Sponsors Link

7 Tanda Saraf Gigi Mati Yang Sering Dihiraukan Banyak Orang

Sponsors Link

Tanda saraf gigi mati sebenarnya bisa diketahui dan dikenal dengan jelas. Seperti misalnya muncul rasa sakit pada gigi sehingga Anda menjadi tidak nyaman dengan kondisi ini. Ada beberapa ciri atau gejala yang menandakan bahwa gigi Anda sedang terinfeksi dengan macam-macam penyakit saraf atau mengalami tanda  saraf gigi mati yang telah rusak, yaitu sebagai berikut.

ads

1. Gigi sakit

Saraf gigi yang mati tentunya akan berpengaruh secara langsung pada gigi Anda. Bagian gigi yang sarafnya mati tentu akan terasa sakit atau nyeri. Bahkan tak jarang dijumpai beberapa orang yang mengeluhkan adanya rasa sakit dan nyeri pada gigi hingga tak tertahankan. Sakit gigi bisa datang atau timbul kapan saja termasuk pada saat Anda sedang beraktivitas ataupun saat sedang beristirahat.

Tentunya hal ini akan mengganggu Anda sehingga segala sesuatunya tidak dapat dijalankan dengan baik. Waktu istirahat Anda juga tentu akan menjadi terganggu karena Anda terpaksa menahan rasa sakit akibat saraf gigi mati.

Jika gigi terasa sakit maka sebaiknya segera periksakan bagian gigi yang terasa sakit tersebut ke dokter ahli atau dokter gigi. Gigi akan diperiksa sehingga dokter dapat memberikan penanganan yang tepat. Dengan demikian maka gigi Anda tidak akan terasa sakit dan nyeri lagi.

2. Gusi sakit

Rupanya tak hanya gigi saja yang akan terasa sakit saat saraf gigi Anda mati. Saraf gigi mati juga bisa memberikan dampak yang sangat buruk pada bagian gusi. Kondisi saraf gigi mati rupanya juga dapat membuat gusi menjadi terasa sakit.

Rasa sakit pada gusi bisa timbul hingga membuat Anda tidak tahan dengan rasa sakit tersebut. Rasa sakit yang muncul pada gusi bisa saja berlebihan. Sama halnya dengan nyeri pada kasus sakit gigi maka jika gusi terasa sakit tentunya Anda tidak akan bisa beristirahat dengan tenang dan tidak akan bisa melakukan aktivitas secara maksimal.

Rasa sakit pada gusi tentu akan sangat mengganggu Anda dan bahkan bisa saja membuat kepala serta seluruh tubuh Anda terasa nyeri. Biasanya gusi akan terasa sakit dengan diawali gigi yang terlebih dahulu terasa nyeri. Gusi yang sakit ini perlu untuk diwaspadai karena bisa saja semakin parah.

3. Gusi bengkak

Gusi Anda tidak hanya akan terasa sakit saja pada saat Anda mengalami saraf gigi mati. Gusi lama-kelamaan juga bisa menjadi bengkak. Selain itu gusi bisa saja berwarna lebih merah sehingga tampak menyerupai sariawan. Gusi bengkak juga bisa tampak menonjol sehingga Anda bisa menyentuhnya dari luar wajah. Saat memegang pipi maka Anda bisa saja merasakan tonjolan pada bagian gusi yang sedang mengalami bengkak.

Gusi bengkak yang menonjol ini tentu saja akan terasa sangat sakit bila tersentuh baik dari dalam ataupun dari luar mulut. Ada banyak cara yang dilakukan beberapa orang untuk mengatasi kondisi sakit gigi dan gusi yang disertai dengan gusi bengkak.

Ada yang mengompres pipinya dengan menggunakan air hangat atau bahkan dengan menggunakan es. Namun ada juga yang mengonsumsi vitamin untuk saraf dan otot untuk meredakan rasa sakit yang timbul bersamaan dengan gusi bengkak.

Sponsors Link

4. Nyeri Dan Sakit Kepala

Rasa nyeri atau sakit atau pedih sudah tentu akan muncul pada saat saraf gigi mati. Rasa nyeri akan timbul di bagian gigi yang rusak akibat saraf gigi mati. Rasa nyeri bisa saja muncul secara tiba-tiba dalam waktu yang cukup singkat ataupun dalam waktu yang cukup lama. Anda bisa saja mengalami rasa nyeri tersebut hanya dalam waktu beberapa jam saja. Namun rasa nyeri bisa timbul setiap hari.

Semakin hari frekuensi rasa nyeri yang timbul akan semakin besar dan semakin sering. Bahkan rasa nyeri yang semulahanya terjadi pada gigi bisa saja menjalar hingga ke bagian gusi. Jika tidak segera dilakukan penanganan maka rasa nyeri ini juga akan menjalar hingga ke kepala Anda.

Kepala akan terasa pusing dan nyeri karena Anda menahan rasasakit yang ditimbulkan oleh gigi. Selain itu bagian tubuh lama-kelamaan juga akan terasa nyeri karena rasa sakit dari gigi yang timbul secara berlebihan sehingga bahkan dapat terjadi migrain.

5. Berubah warna

Jika Anda mengalami saraf gigi mati maka gigi anda akan mengalami perubahan warna. Tentu saja perubahan warna gigi yang terjadi sebagai dampak dari saraf gigi mati ini berbeda dengan perubahan warna gigi karena konsumsi makanan dan minuman serta obat-obatan. Umumnya jika Anda sering mengonsumsi teh dan kopi atau obat-obatan tertentu maka gigi Anda bisa saja berubah warna menjadi kekuningan.

Lain halnya dengan saraf gigi mati dimana gigi yang semula berwarna putih lama-kelamaan akan berubah warna mulai dari kekuningan hingga kecoklatan dan kemudian menjadi berwarna abu-abu hingga menjadi hitam. Perubahan warna tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Perubahan warna gigi akan terus meningkat karena gigi juga akan terus membusuk.

Sponsors Link

6. Bau mulut

Saraf gigi yang mati sebenarnya bisa saja disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau parasit lainnya yang semula merusak gigi hingga menghalangi fungsi saraf tepi kranial. Tentu saja gigi yang terinfeksi dan menyebabkan saraf gigi mati menjadi mati dan timbul bau mulut tidak sedap. Bau mulut bahkan terasa busuk sehingga membuat Anda tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain secara nyaman.

Bau busuk pada mulut terkadang juga disertai dengan adanya nanah atau abses. Nanah yang muncul pada mulut ini sebenarnya juga disebabkan oleh adanya infeksi. Nanah yang mengandung bakteri ini juga bisa saja menimbulkan bau busuk sehingga bau mulut semakin tidak sedap. Bau busuk pada mulut bisa berakhir jika saraf gigi mati ini telah mendapatkan penanganan. Jika saraf gigi mati dibiarkan saja maka bau busuk pada mulut juga akan tetap muncul.

7. Rasa tidak enak pada mulut

Kondisi saraf gigi yang mati tentu akan menimbulkan kondisi yang tidak enak dan tidak nyaman pada mulut Anda. Misalnya saja gigi sakit serta gusi bengkak tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman terlebih lagi saat makan atau minum. Selain nyeri yang timbul di area mulut tentunya bau busuk juga akan selalu menyelimuti mulut Anda.

Aroma tidak sedap akan selalu ada di mulut Anda dan hal ini membuat Anda merasa tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Bagian gigi yang terinfeksi dan saraf giginya mati juga akan menimbulkan rasa yang tidak enak. Kondisi ini terjadi karena adanya gigi yang membusuk akibat dari saraf gigi mati.

Tanda saraf gigi mati sebenarnya dapat diketahui dengan mudah. Sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan gigi agar macam saraf kranial pada gigi tidak mengalami kerusakan dan bahkan mati. Sebab saraf gigi mati pada akhirnya dapat menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf