Sponsors Link

6 Tanda Dan Gejala Parkinson Yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Gejala awal parkinson umumnya disebabkan oleh beberapa hal termasuk infeksi virus maupun bakteri pada otak. Namun sayangnya banyak yang kurang paham akan tanda dan gejala parkinson. Sehingga seringkali hal ini luput dari pengamatan. Oleh sebab itu sebaiknya pahami tentang salah satu dari macam-macam penyakit saraf ini dengan baik. Supaya tidak terlambat dalam menanganinya. Jika ingin tahu lebih jelas, berikut ini tanda dan gejala parkinson yang sering terjadi.

ads

1. Daya Ingat Menurun

Salah satu gejalanya berupa menurunnya daya ingat akibat melemahnya saraf otak. Sangat mungkin diawali dengan gejala seperti demensia atau lupa mendadak. Dapat pula berupa lupa akan peristiwa di masa lalu yang makin lama makin parah hingga menyebabkan lupa akan hal yang baru saja dijalani. Jika hal ini tidak seger ditangani maka penderita akan menjadi pelupa berat dan mengarah pada gejala pikun.

2. Fungsi Motorik Melemah

Gejala maupun tanda dari serangan penyakit parkinson berikutnya termasuk dengan melemahnya fungsi motorik tubuh. Hal ini dapat dilihat dari respon tubuh yang lebih lambat serta hilangnya fungsi keseimbangan tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya hal ini segera ditangani supaya dampaknya tidak makin parah. Jika dibiarkan maka gerak otot tubuh tidak akan dapat maksimal serta bahkan dapat mengakibatkan resiko lumpuh sebagian badan. Dengan pengobatan dan perawatan yang tepat, maka gejala ini dapat diminimalisasi efeknya.

3. Tangan Gemetar

Tanda selanjutnya yaitu biasanya diawali dengan gejala ringan seperti tangan gemetar. Atau biasanya juga sering dikenal dengan gejala tremor. Hal ini diawali dengan tangan gemetar sesaat. Kemudian gejala semakin bertambah parah hingga getaran tidak terkontrol dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Pada kasus tremor yang berat maka tangan dan fungsi otot akan susah dikendalikan kembali. Sehingga penderita parkinson akan mengalami kesusahan fisik dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bantuan orang lain.

4. Tubuh Tidak Terkontrol

Salah satu tanda dan gejala parkinson meliputi fungsi tubuh yang tidak terkontrol seperti pada orang normal. Biasanya orang yang mengalami gejala parkinson akan susah mengkoordinasikan gerak tubuhnya sehingga tidak sinkron satu dengan yang lain. Hal ini menyebabkan gerakan dan manuver tubuh menjadi terbatas. Oleh sebab itu segera sembuhkan gejala ini sebelum menjadi lebih parah.

5. Stroke Ringan

Gejala selanjutnya mirip dengan penyebab stroke ringan di usia muda. Dimana umumnya fungsi tubuh tidak berjalan sempurna. Salah satunya yaitu dengan kehilangan kemampuan otot tubuh untuk berfungsi normal. Misalnya mata tertutup sebelah atau kelumpuhan parsial. Oleh sebab itu tak heran jika penyakit ini dikaitkan dengan gejala pada penderita stroke, mengingat tanda serta gejalanya yang hampir mirip.

Sponsors Link

6. Trauma Otak

Salah satu gejala yang terjadi seringkali mirip dengan gejala pada trauma penyebab gegar otak. Oleh sebab itu kadang muncul rasa pusing, mual serta ingin muntah. Hal ini menandakan saraf otak telah terganggu dan tidak dapat bekerja secara sempurna. Sehingga menimbulkan rasa pusing serta sakit kepala. Selain itundapat pula timbul keterlambatan dalam berpikir maupun dalam merespon sesuatu akibat fungsi saraf otak yang sudah tidak sempurna.

Demikian beberapa tanda dan gejala parkinson yang sering terjadi. Jika menemui tanda tersebut sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Agar memperoleh penanganan yang tepat serta tidak mengalami bahaya penyakit parkinson yang fatal. Sehingga aktivitas harian tidak terganggu serta tubuh dapat kembali sehat seperti sedia kala.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Parkinson