Sponsors Link

11 Tanaman Herbal Untuk Neuropati Paling Manjur

Sponsors Link

Tanaman herbal untuk neuropati ada berbagai macam jenis yang dapat Anda konsumsi. Tentunya tanaman herbal bisa dijadikan sebagai metode pengobatan alami yang bersifat aman bagi kesehatan Anda.

ads

Hingga saat ini masih banyak orang yang lebih memilih tanaman herbal untuk mengatasi berbagai penyakit yang dialami termasuk pula penyakit saraf seperti neuropati. Berikut ini beberapa tanaman herbal untuk neuropati yang dipercaya cukup manjur oleh banyak orang.

1. Daun Sage

Daun sage dapat membantu Anda dalam mengatasi penyebab penyakit lemah syaraf. Daun sage juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif pada saraf otak. Kini banyak suplemen yang di dalamnya terkandung daun sage.

Namun bagaimanapun juga sebaiknya konsumsi supleme daun sage dilakukan dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Konsumsi daun sage sebaiknya dilakukan atas petunjuk dokter agar tidak sampai terjadi kelebihan dosis.

2. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba juga menjadi tanaman pilihan untuk mengatasi neuropati. Bahkan sekarang ini smeakin banyak orang yang mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah terjadi kerusakan pada berbagai sel saraf serta sistem saraf.

Ginkgo biloba kini dikemas dalam bentuk kapsul dan banyak dijual sebagai suplemen makanan. Anda bisa mengonsumsinya dengan lebih mudah yaitu dengan melakukan pembelian suplemen tersebut. Dengan mengonsumsi ginkgo biloba secara rutin maka Anda dapat menjaga kesehatan serta terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk neuropati.

3. Kunyit

Kunyit juga seringkali disebut dan dikenal dengan istilah kunir. Tanaman herbal yang seringkali dijadikan sebagai obat ini dapat membantu Anda dalam menghambat kematian sel saraf otak. Dengan adanya khasiat dari tanaman kunyit tersebut maka semakin banyak orang yang mengonsumsinya untuk mengatasi kasus neuropati atau gangguan saraf yang dideritanya.

Tidak hanya itu saja tanaman kunyit yang diolah juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya gejala neuropati yang berhubungan dengan kerusakan sel saraf pada otak. Kunyit juga biasa dikonsumsi oleh kebanyakan orang sebagai antioksidan sehingga dapat menjaga kesehatan otak serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Peterseli

Peterseli tergolong sebagai jenis tanaman rempah yang diketahui mengandung senyawa antioksidan flavonoid atau yang biasa disebut apigenin. Senyawa apigenin ini dapat berfungsi untuk memperkuat koneksi antarsel saraf pada manusia.

Oleh karena itu senyawa apigenin pada peterseli biasa dimanfaatkan untuk membantu merangsang pembentukan berbagai sel otak yang baru dan sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apigenin yang terkandung di dalam peterseli mampu berperan layaknya hormon estrogen yang turut membantu perkembangan neuron atau saraf.

Oleh karena itu beberapa orang menggunakan peterseli untuk membantu menangani kasus neuropati yang dialaminya.

Sponsors Link

5. Ginseng

Ginseng juga dikenal memiliki antioksidan yang turut berperan dalam perkembangan berbagai sel saraf. Selama ini sebenarnya banyak orang yang mengonsumsi ginseng sebagai tanaman atau obat herbal untuk menjaga kesehatan termasuk pula kesehatan sel saraf. Ginseng bahkan dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif otak yang tentunya berperan penting bagi sistem saraf manusia.

Selain bagi perkembangan saraf ternyata ginseng juga dapat dikonsumsi sebagai tanaman dan obat herbal untuk mencegah seseorang dari stres yang tentunya dapat semakin memperparah kondisi neuropati.

6. Biji Asam

Biji asam menurut hasil penelitian dikenal dapat menumbuhkan kembali saraf yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu biji asam dapat digunakan untuk mempercepat pemulihan pasien neuropati. Berbagai gangguan saraf yang terjadi sebagai akibat dari adanya cedera atau trauma dan bahkan sebagai akibat dari penyakit lainnya dapat diobati oleh tanaman herbal berupa biji asam.

Selama ini di beberapa negara bahkan biji asam digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan saraf yang mengalami kerusakan. Biji asam turut berperan penting dalam regenerasi sel-sel saraf sehingga kasus neuropati setidaknya dapat diatasi salah satunya dengan konsumsi biji asam.

7. Putri Malu

Putri malu ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu tanaman herbal untuk mengatasi gangguan saraf atau penyebab neuropati. Tanaman yang memiliki ciri khas tersendiri ini memang unik dan bermanfaat. Selama ini banyak orang yang belum tahu secara pasti mengenai khasiat dari tanaman putri malu.

Namun ternyata tanaman ini bahkan semakin banyak dibudidayakan untuk dijadikan sebagai tanaman obat. Tanaman herbal putri malu memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia diantaranya untuk mengatasi neuropati yang diderita oleh seseorang.

Putri malu memang diketahui mengandung melatonin yang dapat memberikan efek relaksasi pada saraf otak sehingga pasien neuropati dapat terhindar dari berbagai macam gejala seperti misalnya kejang atau lainnya.

ads

8. Bayam

Bayam dikenal sebagai sebagai salah satu jenis tanaman hijau. Bayam sering dikonsumsi sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Bayam juga seringkali disebut sebagai tanaman ajaib atau sayur ajaib karena kaya akan manfaat. Salah satu manfaat dari bayam adalah sebagai antioksidan bagi manusia.

Antioksidan memang diperlukan oleh setiap orang. Selain sebagai nutrisi saraf ternyata antioksidan juga bisa berfungsi untuk memperlambat penuaan otak sehingga otak selalu dapat bekerja secara efektif dan maksimal.

9. Gandum Utuh

Gandum utuh bisa ditemukan salah satunya dalam brown rice yang dikenal kaya akan vitamin B6. Pada dasarnya vitamin B6 sendiri memiliki peranan sangat penting bagi otak dan saraf manusia. Vitamin B6 dapat berfungsi untuk memecah senyawa tertentu yang memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya penurunan kognitif pada otak manusia.

Dengan mengonsumsi gandum secara rutin maka Anda bisa terhindar dari berbagai kerusakan saraf beserta dampak yang bisa saja muncul sebagai akibat dari neuropati.

10. Kacang

Kacang termasuk sebagai salah satu jenis tanaman atau makanan yang mengandung vitamin B. Tentunya vitamin B dikenal sejak lama dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan saraf dan meredakan penyakit saraf termasuk pula penyakit neuropati.

Salah satu jenis kacang yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi dan meringankan neuropati adalah kacang almond. Kacang almond bahkan seringkali dijadikan sebagai makanan camilan yang sangat tepat untuk dikonsumsi demi menjaga kelancaran peredaran darah.

11. Cocoa

Cocoa merupakan jenis tanaman yang diketahui dapat juga digunakan untuk menangani berbagai keluhan mengenai saraf termasuk pula gangguan neuropati. Cocoa dikenal memiliki antioksidan yang bersifat alami sehingga banyak digunakan dan dikonsumsi untuk menyembuhkan dan meredakan penyakit saraf yang diderita oleh seseorang.

Cocoa juga dapat mencegah otak Anda dari kerusakan akibat adanya stres. Salah satu produk cocoa yang banyak dikonsumsi adalah cokelat gelap. Produk cokelat gelap diketahui memiliki kadar flavonoid yang cukup tinggi sehingga cocoa bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis macam-macam penyakit saraf.

Tanaman herbal untuk neuropati sebaiknya dikonsumsi secara rutin agar bisa memberikan manfaat secara maksimal untuk kesehatan saraf Anda.

Dengan demikian maka kasus neuropati yang mungkin Anda alami bisa mereda dan berkurang. Serta yang lebih penting lagi yaitu tidak sampai menimbulkan komplikasi lebih lanjut pada kesehatan Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf