Sponsors Link

Syaraf Kejepit Di Pergelangan Tangan – Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Dan Mencegah

Sponsors Link

Jika Anda saat ini sedang mengalami rasa tebal dan kesemutan pada telapak tangan atau pada jari-jari tangan, serta kondisi tangan Anda makin melemah, maka sebaiknya perlu waspada, sebab bisa saja Anda sedang mengalami gejala syaraf kejepit di pergelangan tangan. Gejala saraf terjepit ini disebut juga dengan istilah Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

ads

Kondisi ini sering dijumpai di kalangan masyarakat dan bahkan tidak jarang orang yang mengalaminya. Jika ingin tahu lebih jelas tentang kondisi tersebut, berikut di bawah ini penjelasan yang lengkap mengenai syaraf kejepit di pergelangan tangan.

Penyebab

Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi tersebut. Umumnya situasi ini dapat terjadi karena hal-hal berikut ini:

  • Kondisi macam-macam penyakit saraf di pergelangan tangan ini sebenarnya terjadi karena adanya penekanan pada saraf medianus yang berjalan melalui terowongan carpal yang terdapat dalam pergelangan tangan seseorang. Sehingga kondisi ini pada akhirnya menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan bahkan mati rasa pada pergelangan tangan orang tersebut.
  • Keturunan atau bawaan lahir, adanya saraf terjepit pada seseorang dapat disebabkan karena faktor keturunan. Dimana dalam hal ini, Anda akan memiliki peluang yang besar untuk mengalami cedera saraf terjepit jika orang tua atau salah satu anggota keluarga ada yang pernah mengalaminya terlebih dahulu. Namun sebenarnya, sampai dengan saat ini, masih belum dapat diketahui dengan jelas tentang bagaimana proses terjadinya saraf terjepit pada seseorang karena faktor keturunan.
  • Cedera yang terjadi pada pergelangan tangan. Cedera pada tangan, misalnya seperti tangan terkilir ataupun tulang retak, dapat mengakibatkan pembengkakan pada tangan, sehingga hal ini memicu terjadinya saraf terjepit. Selain itu, cedera pada tangan seringkali juga dapat mengubah bentuk tulang serta ligamen pada tangan. Perubahan yang terjadi ini dapat menyebabkan saraf median menjadi semakin terhimpit sehingga terjadi saraf terjepit.
  • Kehamilan pada wanita. Banyak wanita yang mengalami gangguan saraf terjepit pada saat sedang mengalami kehamilan. Namun, hal ini pun masih belum bisa diketahui dengan jelas apa penyebabnya. Pada kasus ini, kebanyakan gangguan syaraf kejepit di pinggang maupun tangan akan menghilang dan pulih dengan sendirinya setelah ibu hamil melahirkan bayinya.
  • Pekerjaan dan aktivitas yang banyak melibatkan tangan. Suatu pekerjaan dan kegiatan yang memerlukan gerakan pergelangan tangan secara berulang-ulang dapat menimbulkan saraf terjepit pada bagian pergelangan tangan. Selain itu, kegiatan yang membutuhkan genggaman kuat serta getaran yang kuat juga cenderung memicu munculnya saraf terjepit.
  • Kondisi medis seseorang. Beberapa kondisi medis, seperti misalnya diabetes, obesitas, dan hipotiroidisme diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya saraf terjepit pada bagian tubuh seseorang, termasuk pergelangan tangan. Untuk itu, Anda sebaiknya selalu menjaga kesehatan.
    Sponsors Link

Gejala

Pada umumnya, adanya gangguan saraf terjepit di bagian pergelangan tangan ini dapat mengakibatkan rasa nyeri pada tiga jari bagian luar, yaitu kelingking, jari manis, dan jari tengah. Selain itu, terkadang, rasa nyeri dan sensasi terbakar juga terasa pada bagian ibu jari hingga menjalar ke bagian jari tengah.

Maka tak heran apabila gangguan ini dapat menyebabkan bahaya tremor, hingga terkadang kondisi ini menjalar sampai pada telapak tangan. Bahkan terkadang, rasa nyeri tersebut bisa menjalar sampai pada lengan bawah siku.

Rasa nyeri ini pun umumnya semakin terasa memburuk pada saat malam hari sehingga tak jarang kondisi saraf terjepit pada pergelangan tangan ini membuat penderitanya tidak nyaman dan tidak dapat memiliki kualitas tidur yang baik.

Untuk mengetahui apakah Anda sedang mengalami gangguan saraf terjepit pada area tangan atau tidak, Anda dapat mengetahuinya dengan memperhatikan gejala-gejalanya yang antara lain sebagai berikut:

  • Munculnya rasa kesemutan atau mati rasa di area tangan, terutama pada bagian ibu jari serta bagian telunjuk.
  • Rasa nyeri yang menjalar atau memanjang mulai dari pergelangan tangan sampai pada lengan serta bahu, atau rasa nyeri tersebut menjalar ke dalam telapak tangan dan jari.
  • Tangan mengalami kelemahan dan cenderung lebih mudah menjatuhkan benda.
    ads

Cara Mengobati

Mengingat bahwa gangguan saraf terjepit pada pergelangan tangan ini merupakan hal yang dapat membuat Anda menjadi tidak nyaman dan terganggu dalam menjalankan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, maka alangkah baiknya apabila Anda segera mengatasi penyakit tersebut.

Sebab, bagaimanapun juga, gangguan saraf terjepit pada pergelangan tangan itu perlu disembuhkan. Berikut beberapa cara mengobati syaraf kejepit secara alami yang dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

  • Melakukan pembebatan pada pergelangan tangan.
    Pembabatan pergelangan tangan bertujuan untuk menempatkan pergelangan tangan pada posisi netral sehingga tekanan pada saraf akan berkurang. Sebab, apabila pergelangan tangan dibalut, maka pergelangan tangan tersebut tidak dapat banyak bergerak dan tekanan pada saraf pun menjadi berkurang. Selanjutnya, melalui prosedur ini, diharapkan agar gejala saraf terjepit pun dapat segera berkurang.
  • Pemberian obat jenis kortikosteroid.
    Obat jenis kortikosteroid mengandung senyawa yang kuat untuk mencegah terjadinya inflamasi. Pada umumnya, untuk menangani kasus saraf terjepit, pemberian obat jenis ini dilakukan melalui suntikan ataupun berupa tablet. Tentunya, obat jenis ini lebih dipilih untuk mengatasi gejala saraf terjepit daripada memakai obat yang hanya dapat meredakan rasa nyeri untuk jangka pendek saja.
  • Tindakan operasi.
    Tindakan operasi untuk mengatasi gangguan saraf terjepit hanya akan dilakukan jika teknik pengobatan lain, misalnya pembebatan dan pemberian obat kortikosteroid, tidak berhasil. Operasi saraf terjepit ini biasa dikenal dengan nama dekompresi lorong karpal atau bisa juga disebut operasi pelepasan lorong karpal. Untuk melakukan tindakan operasi ini, Anda sebelumnya harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bedah agar dokter dapat mengetahui kondisi Anda dengan tepat sekaligus melakukan tindakan yang paling tepat untuk Anda.

Cara Mencegah

Walaupun gangguan syaraf kejepit di pergelangan tangan merupakan penyakit yang dapat disembuhkan, namun, tak ada salahnya apabila Anda melakukan berbagai terapi syaraf kejepit di pinggang maupun tangan. Beberapa contoh hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya gangguan ini antara lain sebagai berikut.

  • Menghindari pembengkokan pergelangan tangan yang dapat terjadi secara berulang-ulang dengan memposisikan pergelangan tangan Anda pada posisi yang terbaik.
  • Sering melakukan istirahat jika terlalu banyak atau terlalu sering melakukan aktivitas yang cukup memerlukan peran pergelangan tangan, sehingga tekanan pun dapat dihindari dan kemungkinan untuk terjadinya saraf terjepit dapat diperkecil.
  • Melakukan pemanasan atau latihan kecil pada jari serta pergelangan tangan Anda supaya tangan Anda tidak kaku dan lebih fleksibel.
  • Tidur dengan posisi pergelangan tangan yang lurus agar saraf tidak tertekan.
  • Menghangatkan tangan bila berada di tempat yang dingin, misalnya dengan memakai sarung tangan, sehingga dapat terhindar dari rasa sakit dan kaku.

Itulah beberapa penjelasan yang cukup menyeluruh tentang syaraf kejepit di pergelangan tangan. Dengan memahami penyebab dan gejalanya, maka dapat diambil tindakan pengobatan yang sesuai. Namun lebih baik lagi jika dapat mencegah penyakit tersebut. Sehingga aktivitas harian tidak perlu terganggu kondisi yang tidak nyaman tadi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Saraf Kejepit