Sponsors Link

10 Penyebab dan Gejala Stroke Tidak Bisa Bicara

Sponsors Link

Stroke bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja. Jika tubuh kita berpotensi terserang penyakit stroke maka sebaiknya berhati-hati. Setiap anggota tubuh kita bisa jadi rentan terkena penyakit stroke. Salah satunya yaitu stroke tidak bisa bicara. Banyak sekali penderita stroke yang mengalami hal ini karena otot lidah yang sudah tidak berfungsi dengan normal. Berikut ini penyebab serta tanda dan gejala stroke yang biasa terjadi.

ads

Penyebab Stroke Tidak Bisa Bicara

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya stroke tidak bisa bicara. Antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung selain merupakan penyakit yang paling berbahaya ternyata dapat juga menimbulkan komplikasi berupa penyakit stroke. Jantung yang berdetak kencang memicu pembuluh darah untuk memompa darah lebih cepat. Apabila darah tersumbat lemak maka akibatnya suplai oksigen terganggu. Sehingga terjadilah penyakit stroke yang menyerang saraf lidah.

2. Kurang Olahraga

Seringkali kemudahan di jaman sekarang membuat orang malas bergerak. Celakanya lagi orang malas berolah raga dan memilih santai atau tiduran. Karena itu peredaran darah menjadi tidak lancar dan resiko  proses terjadinya stroke menjadi lebih besar. Sehingga ada baiknya sisihkan waktu setiap pagi untuk berjalan kaki selama 30 menit untuk menjaga kesegaran badan.

3. Tekanan Darah

Penyebab penyakit stroke yang lain yaitu akibat tekanan darah yang terlalu rendah maupun yang terlalu tinggi. Jika tekanan darah tidak stabil maka pembuluh darah juga tidak stabil. Sehingga kemungkinan terjadinya sumbatan dan pendarahan otak akibat darah tinggi sangat besar.

4. Merokok

Sebagian besar orang menggemari kegiatan merokok. Padahal kegiatan ini cukup berbahaya bagi tubuh. Selain mengandung racun bagi tubuh yang berasal dari nikotin, merokok juga dapat menyebabkan terjadinya stroke pada sistem saraf bicara. Racun yang timbul dari nikotin memperparah keadaan tubuh sehingga tubuh tidak mampu menjalankan metabolismenya dengan baik dan berpotensi mengalami serangan stroke.

5. Kegemukan

Kegemukan dapat memicu penyakit diabetes. Sehingga akhirnya juga memicu komplikasi lebih lanjut berupa penyakit stroke. Karena itu sebaiknya jaga asupan makanan pencegah stroke ringan supaya tidak terlalu banyak gula. Sebaiknya makan makanan yang tinggi nutrisi. Perbanyak buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga penyakit kardiovaskular seperti stroke dapat dihindari.

Sponsors Link

Gejala Stroke Tidak Bisa Bicara

Umumnya gejala stroke yang terjadi yaitu sebagai berikut:

1. Terjadi perubahan wajah menjadi tidak simetri, seperti misalnya wajah sebagian miring dan sebagian lagi tidak.

2. Penderita umumnya sulit mengutarakan maksudnya melalui komunikasi, karena lidah sulit untuk digerakkan sehingga sulit untuk berbicara dan kosakatanya menjadi kurang jelas.

3. Awalnya dapat didahului oleh rasa sakit kepala terus menerus dan sering migrain, yang menandakan bahwa kandungan kolesterol dan lemak dalam darah sedang tinggi.

4. Mengalami kebas dan kesemutan terutama di bagian wajah dan terkadang di sekitar bibir. Pertanda bahwa aliran darah di daerah tersebut kurang lancar.

5. Mimik wajah tidak dapat diperlihatkan dengan jelas karena otot wajah dan fungsi saraf wajah pada otak mengalami gangguan akibat sumbatan pada pembuluh darah.

Demikian penjelasan singkat tentang stroke tidak bisa bicara. Dengan penjelasan tersebut dihatapkan dapat membantu memahami penyebabnya sekaligus membuat orang berusaha mencegahnya. Apabila telah terserang stroke, maka lakukan cara mengatasi stroke ringan pada wajah dan terapi dengan teratur. Supaya tubuh bisa kembali normal dan kemungkinan kelumpuhan akibat stroke dapat dihindari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke