Sponsors Link

12 Penyebab dan Gejala Stroke Separuh Badan

Sponsors Link

Beberapa orang penderita stroke yang kita jumpai bisa jadi mengalami kelumpuhan. Hal ini terjadi terutama pada orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas. Stroke dapat terjadi berupa kelumpuhan seluruh badan. Namun adakalanya juga berupa stroke separuh badan. Sehingga antara fisik kanan dan kiri tubuh tidak berjalan dengan simulatan. Berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang stroke separuh badan.

ads

Penyebab Stroke Separuh Badan

Ada beberapa penyebab penyakit stroke separuh badan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Pola makan

Seringkali kita kurang memperhatikan asupan makanan kita. Seringnya makanan yang berlemak dan bersantan menimbulkan penimbunan lemak di pembuluh darah. Oleh sebab itu hindari makanan penyebab stroke. Sebaiknya mulai konsumsi makanan pencegah stroke ringan. Seperti misalnya buah, sayur atau gandum.

2. Gaya Hidup

Salah satu pemicu penyakit stroke termasuk gaya hidup masa kini yang kurang sehat. Kebiasaan merokok ditambah jarang berolah raga menyebabkan kandungan racun di tubuh menumpuk. Tanpa olah raga lemak tidak terbakar sempurna. Selain itu racun yang mengendap di tubuh juga tidak dapat keluar. Akibatnya menjadi timbunan penyakit seperti stroke. Karena itu sebaiknya jangan merokok dan lakukan kegiatan-kegiatan yang lebih positif seperti berenang di pagi hari.

3. Stress

Beban kehidupan di perkotaan besar umumnya membuat orang menjadi stress. Tanpa disadari ternyata hal ini memicu seseorang untuk menderita penyakit stroke. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan relaksasi dengan berlibur. Sehingga pikiran tenang dan badan menjadi lebih sehat. Karena pikiran yang tidak tenang merupakan sumber dari berbagai penyakit.

4. Tekanan darah tinggi

Tingginya tekanan darah membuat suplai darah ke otak sangat berat. Akibatnya jantung berdetak kencang dan sumbatan pembuluh darah membesar. Saat tidak terkendali maka pembuluh darah dapat pecah dan terjadilah serangan stroke. Jika terlambat maka dapat membahayakan nyawa penderitanya.

5. Penyakit kencing manis

Diabetes atau kencing manis juga dapat menimbulkan komplikasi berupa penyakit stroke. Tingginya kadar gula dalam darah tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena itu ganti makanan manis dengan makanan yang lebih tawar seiring bertambahnya usia. Selalu minum banyak air putih untuk membantu larutnya kandungan glukosa dalam darah supaya tidak terlalu kental.

Gejala Stroke Separuh Badan

Adapun stroke separuh badan memiliki ciri-ciri atau tanda dan gejala stroke yang dapat dilihat dengan jelas. Gejalanya yaitu sebagai berikut:

Sponsors Link

1. Gejala stroke umumnya dapat dilihat pada wajah yang tiba-tiba bentuknya tidak simetris, seperti mulut yang miring atau mata yang turun sebelah.

2. Penderita stroke akan mengalami kehilangan keseimbangan karena fungsi saraf otak yang mengatur keseimbangan mengalami kerusakan atau masalah.

3. Merasa pusing berlebih akibat tekanan darah yang tinggi sehingga kepala terasa sakit dan berdenyut.

4. Umumnya penderita stroke tidak dapat mengangkat kedua tangan karena fungsi sarafnya yang terganggu.

5. Gejala stroke yang lain yaitu penderita tiba-tiba tidak dapat berbicara dengan jelas karena otot lidah tidak berfungsi dengan sempurna.

6. Rasa kebas atau kesemutan dapat menjadi salah satu penanda terjadinya serangan stroke.

7. Biasanya penderita stroke susah konsentrasi karena fungsi otak yang terganggu, dimana gejalanya mirip dengan gejala gegar otak ringan.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai penyakit stroke terutama yang menyerah hanya sebagian badan. Sebaiknya selalu jaga asupan makanan kita supaya tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya seperti stroke. Usahakan untuk olah raga seminggu sekali sehingga peredaran darah menjadi lancar. Jika peredaran darah lancar maka penyakit kardiovaskular tidak akan terjadi pada tubuh kita.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke