Sponsors Link

8 Langkah Pertolongan Pertama Stroke di Rumah

Sponsors Link

Seringkali serangan stroke terjadi secara mendadak. Serangan dari tanda dan gejala stroke tersebut dapat terjadi di mana saja, entah di tempat umum maupun di rumah. Akibatnya banyak orang yang merasa panik dan bingung saat terjadi serangan stroke pada orang yang kita kenal. Inilah yang membuat pertolongan pertama stroke di rumah penting untuk diketahui. Dengan mengetahui langkah yang harus dilakukan, maka bisa jadi dapat menyelamatkan kondisi dan nyawa penderita stroke. Berikut ini beberapa langkah pertolongan pertama stroke di rumah:

ads

1. Tetap tenang

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu sudah pasti harus tetap tenang. Jangan panik supaya dapat berpikir jernih dalam memberikan pertolongan pertama. Perhatikan apakah ada gejala lanjutan seperti gejala gegar otak ringan. Jika panik maka akan susah untuk memberikan pertolongan pertama.

2. Ajak berkomunikasi

Tetap sadarkan penderita stroke, karena jika tidak maka gejala bisa bertambah parah. Dengan mengajak penderita tetap berkomunikasi, maka penderita secara tidak langsung akan terpacu untuk tetap sadar. Tingkat kesadaran penderita sangat penting, karena membantu tetap memperlancar suplai oksigen ke otak. Jika penderita tidak sadarkan diri, bisa jadi berakibat koma.

3. Jangan dipindahkan

Sebaiknya jangan gegabah memindahkan penderita stroke. Karena jika terjadi kesalahan maka akibat yang ditimbulkan bisa bertambah parah. Contohnya yaitu pendarahan otak akibat kecelakaan karena serangan stroke bisa jadi melebar dan makin besar karena pergeseran posisi tubuh. Karena itu cukup dudukkan penderita di tempat serangan terjadi.

4. Tusuk ujung jari tangan

Pada saat terjadi serangan, maka pembuluh darah memompa seluruh darah dengan tekanan tinggi ke otak. Oleh sebab itu cobalah untuk menusuk ujung jari tangan untuk memperlambat laju peredaran darah. Sehingga saat laju peredaran darah melambat secara perlahan, maka tekanan darah dapat menurun dan resiko komplikasi dapat dikurangi.

5. Tarik ujung telinga

Pertolongan pertama stroke di rumah salah satunya dengan menarik ujung telinga penderita. Fungsinya supaya otot wajah melemas sehingga peredaran darah ke otak kembali lancar. Hal ini juga membantu pecahnya pembuluh darah karena peredaran darah yang lancar kembali.

6. Berikan obat pengencer darah

Jika memiliki pemahaman tentang pengobatan stroke ringan, segera berikan terapi obat yang sedang dijalani penderita. Sebaiknya berikan obat pengencer darah sehingga kekentalan darah berkurang dan resiko pecah pembuluh darah juga berkurang.

Sponsors Link

7. Tidurkan

Langkah selanjutnya yaitu dengan melancarkan sistem pernafasan pada saat terjadi serangan stroke. Ambil sebuah bantal dan tidurkan penderita dengan kepala di atas bantal. Usahakan posisi kepala lebih tinggi dari posisi jantung. Sehingga sistem pernafasan penderita lebih lega dan otak tidak akan kekurangan oksigen. Besar kemungkinan penyumbatan pembuluh darah pada saat terjadinya serangan stroke akan menghalangi suplai oksigen ke bagian tubuh termasuk pada pernafasan.

8. Bawa ke rumah sakit

Setelah memberikan beberapa langkah pertolongan pertama pada penderita, pastikan untuk membawa penderita ke rumah sakit. Tujuannya supaya dapat diberikan penanganan lebih lanjut dan terapi pengobatan yang lebih tepat untuk mempercepat kesembuhan. Biasanya pihak medis lebih mengetahui cara menyembuhkan  stroke dibandingkan dengan orang awam tanpa latar belakang medis.

Demikian beberapa langkah pertolongan pertama stroke di rumah. Supaya terhindar dari akibat penyakit stroke, selalu jaga pola makan dan gaya hidup kita. Hindari makanan penyebab stroke sehingga kadar lemak dalam darah tetap terjaga dengan baik dan resiko serangan stroke dapat lebih diminimalisasi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke