Sponsors Link

10 Metode Perawatan Stroke Ringan Paling Efektif

Sponsors Link

Saat seseorang terkena penyakit stroke, sebagian orang bisa jadi menyerah dan tidak mau berobat untuk kesembuhan. Namun sebagian orang dengan motivasi yang kuat akan berusaha maksimal supaya dapat sembuh dan kembali seperti semula. Hal ini tentunya berkaitan dengan tingkat penyakit stroke yang diderita. Jika mengalami stroke ringan tentunya perawatan stroke ringan akan labih mudah daripada serangan stroke yang berat dan mengakibatkan kelumpuhan. Inti dari perawatan tersebut yaitu semua harus dilakukan dengan disiplin dan sabar hingga membuahkan hasil yang diinginkan. Berikut ini beberapa cara perawatan stroke ringan yang bermanfaat:

ads

1. Mengontrol kadar kolesterol

Perawatan yang paling utama tentunya dengan mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Usahakan untuk menjaga kadar kolesterol sebagai penyebab penyakit stroke selalu di bawah batas normal. Sehingga tidak terjadi serangan stroke untuk kedua kalinya. Karena serangan kedua dapat berakibat lebih berat daripada yang pertama.

2. Menjaga asupan makanan

Dengan menjaga pola makan maka akan memperbaiki sistem peredaran darah tubuh. Batasi makanan penyebab stroke. Sebaiknya banyak makan makanan yang berserat seperti sayur dan buah-buahan. Hindari makanan yang digoreng, sebaiknya ganti dengan makanan yang direbus atau dikukus.

3. Meningkatkan frekuensi olah raga

Dengan meningkatkan frekuensi olah raga maka akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Hal ini akan membantu penurunan berat badan dan menghilangkan timbunan lemak dalam darah. Pastikan melakukan olah raga yang aman namun efektif untuk membakar energi, seperti misalnya lari pagi atau berenang.

4. Mengontrol tekanan darah

Cara perawatan stroke ringan yang lain yaitu dengan mengontrol tekanan darah. Usahakan untuk mengurangi makanan yang asin dan perbanyak makan makanan tawar. Meskipun mengurangi rasa, namun hal ini dapat meningkatkan potensi cara mengobati stroke.

5. Mengkonsumsi obat dengan rutin

Usahakan untuk mengkonsumsi obat secara rutin. Baik obat yang diresepkan oleh dokter maupun obat herbal untuk pengobatan stroke. Dengan pengobatan rutin, gejala dapat berkurang dan kesembuhan akan semakin besar peluangnya.

6. Mendukung mental penderita

Sangat penting untuk mendukung penderita stroke tetap semangat. Sebagian penderita bisa kehilangan semangat. Namun dengan dukungan keluarga dan lingkungan sekitar, maka penderita dapat segera cepat sembuh.

7. Melakukan aktivitas rutin

Ajak penderita stroke lebih aktif dengan melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Seperti misalnya jalan-jalan keliling rumah atau menyapu atau mengelap meja. Usahakan untuk tetap bergerak agar otot-otot mereka tidak kaku. Selain itu aktivitas memicu tingkat penyembuhan yang lebih cepat.

Sponsors Link

8. Menghindari pemicu

Hindari pemicu terjadinya serangan stroke lanjutan seperti misalnya kondisi lingkungan rumah yang kurang sehat. Jangan sampai penderita berada di kamar yang pengap atau merasa stress. Karena hal tersebut juga salah satu ciri-ciri kena stroke yang umum terjadi.

9. Minum banyak air

Usahakan untuk minum minimal delapan gelas sehari. Dengan cukup minum maka penderita stroke akan memiliki metabolisme tubuh yang lancar. Sehingga sistem pencernaan lebih optimal dan nutrisi terserap dengan baik. Kurang minum akan membuat darah menjadi kental dan beresiko mengalami akibat stroke yang lebih fatal.

10. Istirahat teratur

Hal penting yang sering dilupakan yaitu istirahat teratur. Usahakan untuk tidak terlalu lelah. Karena kelelahan dan kurang tidur memicu tekanan darah meningkat. Sehingga dapat menyebabkan penyakit menjadi kambuh.

Demikian beberapa cara perawatan stroke ringan. Usahakan untuk melakukannya secara teratur. Jangan sampai lupa ataupun terlambat mengatasinya. Supaya gejala stroke tidak semakin berat dan tidak melebar pada komplikasi penyakit lainnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Stroke