Sponsors Link

7 Langkah Perawatan Pasca Operasi HNP Paling Efektif

Sponsors Link

Perawatan pasca operasi HNP perlu dilakukan oleh pasien agar tidak timbul komplikasi setelah operasi. Selain itu perawatan tersebut juga perlu dilakukan untuk menghindarkan pasien dari berbagai penyakit terutama penyakit yang serius.Pada dasarnya cepat atau lambatnya proses pemulihan pasca operasi HNP bergantung pada banyak faktor. Diantaranya adalah faktor kondisi pasien itu sendiri.

ads

Hal ini tentunya berkaitan dengan bagaimana cara pasien merawat luka bekas operasinya serta tidakan apa saja yang dilakukan oleh pasien pasca operasi.

Adapun Anda bisa melakukan beberapa cara untuk merawat luka bekas operasi Anda agar luka tersebut cepat pulih. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam melakukan perawatan pasca operasi HNP antara lain sebagai berikut.

1. Menjaga kebersihan luka bekas operasi.

Luka bekas operasi haruslah dijaga kebersihannya. Hal ini bertujuan agar luka bekas operasi tersebut tidak sampai mengalami infeksi ataupun terkontaminasi oleh bakteri dan kotoran lainnya. Selain itu pada dasarnya luka bekas operasi akan cepat sembuh apabila luka itu dirawat dengan baik.

Luka tersebut juga akan lebih cepat menutup jika dirawat dengan baik. Cara menjaga kebersihan luka tersebut sebenarnya tidaklah sulit. Yang penting disini adalah Anda rutin melakukannya dan tidak malas melakukan perawatan terhadap luka tersebut. Dengan kata lain Anda harus memperhatikan dengan benar luka bekas operasi tersebut agar selalu terjaga kebersihannya.

Dalam melakukan perawatan ini sebenarnya Anda hanya pula membersihkan luka tersebut kemudian mengganti kassa yang digunakan untuk menutup luka bekas operasi secara rutin. Apabila Anda rutin membersihkan dan mengganti kassa pembalut luka maka luka bekas operasi tersebut tentunya akan cepat pulih. Anda pun akan tetap sehat dan terhindar dari efek operasi syaraf kejepit.

2. Istirahat cukup.

Beberapa orang terkadang melupakan waktu istirahat. Apalagi bila seseorang sudah mulai dari sembuhnya. Waktu istirahat pun menjadi diabaikan. Tanpa disadari sebenarnya istirahat itu merupakan hal yang penting dan perlu dilakukan dalam mengembalikan stamina tubuh atau memulihkan kondisi tubuh.

Terutama bagi Anda yang baru saja melakukan operasi tentunya membutuhkan waktu istirahat lebih lama. Istirahat dalam waktu yang cukup merupakan hal sederhana yang sebenarnya dapat Anda lakukan pasca operasi macam-macam penyakit saraf.

Sebab masa penyembuhan dari penyakit pada dasarnya merupakan masa yang rentan untuk terjangkit suatu penyakit. Karena itu Anda membutuhkan istirahat yang cukup agar stamina Anda selalu terjaga. Dengan terjaganya stamina maka Anda pun akan terhindar dari penyakit.

Sponsors Link

3. Tidak melakukan kegiatan yang terlalu berat.

Setelah melakukan operasi sebaiknya memperbanyak istirahat agar kondisi cepat pulih. Anda pun sebaiknya mengurangi aktivitas Anda. Terutama aktivitas yang membutuhkan tenaga besar. Anda seharusnya mengurangi gerak pasca operasi.Sebab gerak yang berlebihan dapat membuat luka bekas operasi membuka. Padahal sebuah luka bekas operasi seharusnya justru dirawat dan dijaga agar segera menutup dan kering.

Namun gerakan dan aktivitas yang berlebih bisa membuat luka bekas gejala saraf terjepit di pinggang tersebut semakin nyeri dan bahkan parah. Jika ini sampai terjadi maka kesembuhan Anda pun akan semakin lama. Tentu saja hal ini akan semakin merugikan Anda.

4. Memakai pakaian yang longgar dan nyaman bagi tubuh.

Pasca operasi sebaiknya Anda memilih pakaian dengan bahan yang nyaman dan tidak membuat Anda menjadi gerah. Boleh saja Anda memakai pakaian dengan bahan kain katun ataupun pakaian yang tipis agar tak kepanasan. Jika kedinginan pun Anda bisa memakai selimut dengan bahan lembut dan membuat Anda menjadi nyaman. Anda sebaiknya memilih pakaian yang longgar pasca operasi.

Pakaian longgar tentunya akan membuat gerak Anda menjadi lebih bebas. Pakaian yang longgar juga tidak akan menekan luka bekas operasi Anda sehingga luka Anda tidak akan terasa nyeri. Saat bepergian pun Anda bisa memilih pakaian yang longgar, nyaman, dan tetap menjaga estetika.

ads

5. Konsumsi air putih.

Pada umumnya pasien yang telah mengalami operasi akan merasakan haus dan bahkan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengonsumsi banyak air putih pasca operasi penyebab penyempitan saraf. Hal ini pun bertujuan untuk mengembalikan cairan yang telah hilang dari tubuh Anda. Sebab dehidrasi biasa dialami oleh seseorang pasca operasi.

Air putih sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih dapat menyegarkan tubuh dan juga dapat mengembalikan fokus Anda pada suatu hal. Kekurangan air putih justru akan membuat Anda menjadi cepat lelah, tidak fokus, dan bahkan terkadang merasa sakit kepala atau pusing.

Air putih juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah sehingga seluruh sistem organ tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik. Air putih pun umumnya mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga air putih ini cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang berada dalam masa penyembuhan atau pemulihan.

6. Konsumsi makanan sehat.

Makanan sehat sangat menentukan proses pemulihan kondisi Anda. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang. Anda pun sebaiknya mengonsumsi makanan tersebut pasca operasi terutama makanan yang mengandung protein. Protein pada dasarnya dapat mempercepat proses pemulihan serta menggantikan sel-sel tubuh yang telah rusak atau mati.

Namun Anda juga membutuhkan zat lain selain protein. Tentunya Anda juga memerlukan karbohidrat sebagai sumber tenaga dan lemak dalam porsi yang seimbang. Anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan sebab makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Makanan sehat ini pun pada dasarnya berperan dalam memberikan nutrisi bagi tubuh dan menjaga kestabilan tubuh sehingga kondisi tubuh segera pulih.

7. Melakukan pemeriksaan atau konsultasi secara berkala.

Pasca operasi umumnya pasien akan kembali melakukan kontrol pada dokter. Dokter akan memberikan jadwal kontrol pada pasiennya sebelum pasien meninggalkan rumah sakit untuk kembali pulang ke rumahnya. Kegiatan kontrol ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kondisi Anda pasca operasi. Dokter juga akan memastikan bahwa luka bekas operasi Anda dalam keadaan baik-baik saja.

Dokter juga tentunya akan memberikan resep obat pada Anda bila Anda mengalami suatu penyakit pasca operasi. Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan periksa dan konsultasi pada dokter secara rutin. Hal ini harus Anda lakukan demi kesehatan Anda.

Perawatan pasca operasi HNP ternyata sangat penting, bukan? Anda pun harus melakukannya secara rutin agar luka bekas operasi Anda segera menutup dan membaik. Jika luka Anda sembuh maka kondisi tubuh Anda pun akan menjadi sehat dan segar kembali.

Dengan kondisi tubuh yang sehat maka Anda tentunya dapat berkativitas kembali dan melakukan kegiatan serta rutinitas Anda sehari-hari dengan baik. Selain merawat luka bekas operasi, Anda juga sebaiknya tetap menjaga kesehatan Anda dengan memiliki pola hidup sehat secara teratur. Dengan pola hidup sehat yang Anda miliki maka bahaya syaraf terjepit diharapkan tidak akan menyerang Anda kembali.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf