Sponsors Link

6 Penyebab Tremor Pada Jari Tangan Di Usia Lanjut

Sponsors Link

Orang yang lanjut usia sangat mungkin mengalami penurunan fungsi tubuh, termasuk penyebab tremor pada jari tangan. Hal ini seringkali terjadi tanpa disertai pemahaman yang jelas mengenai kondisi tersebut. Sehingga tidak jarang yang banyak bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi penyebab macam-macam penyakit saraf ini. Oleh sebab itu perlu adanya informasi tentang penyakit tersebut dengan jelas. Supaya di kemudian hari dapat lebih waspada dan berusaha mencegahnya. Adapun berikut ini adalah beberapa penyebab tremor pada jari tangan  di usia lanjut.

ads

1. Kurang Vitamin

Penyebab utama penyakit yang berhubungan dengan fungsi saraf tubuh umumnya akibat kekurangan vitamin dan mineral. Hal ini terutama akibat kekurangan vitamin B12 yang membuat otot dan saraf mudah melemah. Terutama pada usia lanjut dimana secara alami fungsi tubuh akan mengalami penurunan. Ditambah kurangnya pasokan nutrisi, maka akibatnya fungsi saraf akan lebih cepat berubah dan jari tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang mudah gemetar atau mengalami penyebab penyakit tremor.

2. Kelelahan Fisik

Jari tangan yang gemetar bisa jadi hanya karena kelelahan fisik. Misalnya melakukan aktivitas fisik menggunakan telapk tangan sehatian, contohnya menulis atau memijit dalam jangka waktu terlalu lama. Akibatnya otot menjadi terlalu lelah dan jari tangan menjadi gemetar. Untuk mengatasinya cukup dengan istirahat dan jangan berlebihan dalam melakukan aktivitas fisik.

3. Gejala Stroke

Penyebab lain yang juga dapat membuat jari tangan mudah gemetar yaitu akibat penyebab stroke di usia muda. Karena penderita stroke umumnya mengalami gangguan pada sistem pembuluh darah. Akibatnya fungsi tubuh menjadi tidak normal. Terutama jika yang terhambat adalah aliran pembuluh darah tangan, maka jari tangan dapat mudah gemetar tanpa sebab.

4. Penurunan Motorik

Penyebab tremor pada jari tangan juga sangat mungkin terjadi akibat berkurangnya fungsi motorik tubuh. Hal ini memang wajar dialami oleh penderita di usia lanjut. Karena makin bertambahnya usia maka fungsi tubuh juga akan mengalami degenerasi. Dimana fungsi anggota tubuh beserta pendukungnya tidak lagi prima seperti saat masih muda dahulu. Karena itu dengan olahraga dan fisioterapi yang teratur, biasanaya dapat membantu cara mengatasi tremor pada tangan secara alami termasuk penurunan motorik di usia lanjut.

5. Konsumsi Alkohol Dan Kafein

Terlalu banyak minum minuman beralkohol serta minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi atau teh juga dapat berbahaya bagi sistem saraf. Akumulasi alkohol dan kafein dalam tubuh jika berlebihan dapat menimbulkan pelemahan pada saraf dan otot. Sehingga sangat wajar jika penggemar kopi ataupun minuman beralkohol di usia tuanya mengalami tangan yang gemetar. Umumnya memang efek ini tidak terjadi dalam waktu dekat. Namun terjadi perlahan-lahan setelah akumulasi dan menimbulkan efek di usia lanjut.

Sponsors Link

6. Pengaruh Obat

Penyabab bahaya tremor lainnya yaitu bisa terjadi akibat pengaruh efek pemakaian obat-obatan jangka panjang. Sehingga hal tersebut memicu degradasi fungsi saraf serta otot tangan. Akhirnya jika melakukan sesuatu maka tangan akan lebih mudah gemetar dan koorsinasi saraf tidak sebaik di awal mula saat masih sehat dulu.

Demikian beberapa penyebab tremor pada jari tangan di usia lanjut yang sering terjadi. Hal ini dapat dicegah dengan olahraga teratur terutama yang berguna mengembalikan fungsi otot dan saraf otak. Selain itu dengan konsumsi makanan yang kaya nutrisi, maka penurunan fungsi gerak tangan juga dapat dihindari. Sehingga tangan terhindar dari resiko tremor dan dapat beraktivitas dengan normal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tremor