Sponsors Link

10 Penyebab Stroke Mata Paling Sering Dijumpai

Sponsors Link

Stroke bisa menyerang anggota tubuh manapun, entah itu wajah, tangan , kaki ataupun bagian tubuh mana saja. Hal ini tergantung kepada bagian saraf otak yang terserang dan tersumbat oleh lemak dalam darah. Stroke bisa juga terjadi pada mata. Dimana pada tingkat yang parah penyebab penyakit stroke mata dapat mengakibatkan berkurangnya penglihatan dan bahkan kebutaan. Banyak orang yang kurang memahami penyebab stroke mata, namun secara garis besar berikut ini beberapa penyebabnya:

ads

1. Makanan berlemak

Makanan penyebab stroke seperti misalnya makanan yang mengandung lemak dan goreng-gorengan berpotensi menyumbat pembuluh darah. Jika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah mata, maka otomatis penglihatan akan terganggu. Suplai oksigen ke mata tidak lancar dan fungsi mata akan berkurang serta kabur.

2. Kurang olahraga

Penyebab stroke mata bisa jadi karena kurang olah raga. Malas olah raga membuat timbunan lemak bersarang dalam tubuh. Sehingga berpotensi menyumbat aliran darah.

3. Penyumbatan saraf mata

Aliran darah pada saraf mata yang tersumbat oleh lemak akan membuat mata tidak dapat berfungsi normal. Karena itu pantau terus kadar kolesterol dalam darah. Terutama kadar LDL dan trigliserida yang fatal pada penyakit stroke.

4. Mata lelah

Jika mata terlalu lelah dan dipaksa aktivitas maka aliran darahnya akan terganggu. Disini mata berpotensi mengalami stroke akibat stress mata dan kelelahan. Karena itu lakukan cara atasi stroke ringan yang paling efektif untuk mencegah serangan stroke pada mata yang lelah.

5. Komplikasi diabetes

Komplikasi diabetes umumnya terjadi pada mata. Penderita diabetes lebih beresiko mengalami katarak pada mata yang dapat menurunkan fungsi penglihatan. Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi berupa stroke mata. Dan saat ini tercatat sebagai penyebab nomer satu dari serangan stroke pada mata.

6. Glaukoma

Penyebab stroke mata yang lain yaitu penyakit glaukoma. Penyakit ini merupakan penyakit dimana tekanan darah mata meningkat tajam. Akibat dari penyakit ini yaitu kemungkinan terjadi komplikasi berupa serangan stroke pada mata. Karena itu sebaiknya kenali tanda dan gejala stroke sejak dini pada penderita glaukoma.

7. Hipertensi

Penyakit darah tinggi merupakan jenis penyakit yang banyak mengakibatkan serangan stroke. Oleh sebab itu hindari makanan yang mengandung banyak garam. Usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi tanaman obat untuk stroke dan buah-buahan.

Sponsors Link

8. Serangan jantung

Serangan jantung erat kaitannya dengan penyakit stroke. Karena biasanya penyakit ini terjadi juga diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah oleh lemak. Di fase terparah, serangan jantung diakibatkan pecahnya pembuluh darah. Dan bisa jadi hal ini bukan terjadi pada saraf penghubung jantung saja, namun bisa jadi juga pada saraf mata.

9. Obesitas

Obesitas berarti seseorang menimbun terlalu banyak lemak di tubuhnya. Inilah penyebab stroke nomer satu yang paling sering mengancam nyawa orang. Oleh sebab itu biasakan untuk menjaga berat badan pada batas normal. Supaya terhindar dari obesitas dan terhindar dari resiko terjadinya stroke pada tubuh.

10. Gaya hidup

Gaya hidup masa kini merupakan penunjang terjadinya stroke sejak dini. Misalnya kebiasaan merokok atau konsumsi minuman keras. Tanpa terasa gaya hidup yang demikian merusak tubuh dan memicu terjadinya stroke pada tubuh termasuk strok kepada penglihatan. Jika terlalu parah maka stroke yang terjadi pada mata akan mengakibatkan kebutaan dan tidak dapat disembuhkan.

Demikian penyebab stroke mata yang paling umum terjadi. Ingatlah untuk segera menangani penyakit stroke lebih dini. Karena stroke ringan akan lebih mudah diatasi daripada saat mengalami serangan stroke kedua.

, ,
Oleh :
Kategori : Stroke