Sponsors Link

8 Penyebab Saraf Mata Lemah Yang Cukup Umum Terjadi

Sponsors Link

Penyebab saraf mata lemah ada berbagai macam hal. Saraf mata yang melemah memang bisa mengganggu kinerja mata sehingga penglihatan menjadi terganggu. Jika penglihatan terganggu maka aktivitas Anda juga tentunya akan semakin terganggu pula.

ads

Oleh karena itu sudah seharusnya berbagai macam penyebab lemahnya saraf mata ini dicegah agar tidak sampai terjadi. Berikut ini beberapa macam faktor penyebab saraf mata lemah yang cukup umum terjadi, yaitu sebagai berikut.

1. Faktor genetik

Seseorang bisa saja mengalami akibat kerusakan saraf motorik pada mata karena adanya faktor genetik. Hal ini berarti bahwa kelainan berupa saraf mata lemah bisa saja dialami oleh seseorang sejak lahir. Jika orang tua mengalami saraf mata lemah maka bisa saja kelainan ini diwariskan pada keturunannya.

Warisan berupa kelainan saraf mata lemah ini akan terus menurun pada keturunan selanjutnya. Kelainan yang dialami oleh seseorang karena adanya faktor keturunan tentunya berkaitan dengan faktor genetik. Kondisi ini tentunya sulit dihindari namun bisa dikonsultasikan lebih lanjut pada dokter ahli.

2. Efek samping obat-obatan

Saraf mata lemah juga bisa saja dialami oleh seseorang karena adanya efek samping dari obat yang dikonsumsi. Obat memang menjadi jalan keluar bagi seorang pasien yang sedang menderita suatu jenis penyakit. Namun tidak semua penggunaan obat bisa memberikan hasil terbaik. Sering kali penggunaan obat juga bisa memberikan dampak atau efek samping yang bersifat buruk pada pasien.

Salah satu efek samping yang bisa dialami oleh pasien adalah saraf mata lemah. Penggunaan obat yang berlebihan juga bisa saja menimbulkan efek samping berupa saraf mata lemah. Oleh karena itu sudah seharusnya Anda berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi obat. Konsumsi obat sudah seharusnya sesuai dengan petunjuk dari dokter agar tidak sampai melebihi dosis yang telah dianjurkan.

3. Pengeluaran cairan mata

Penyebab lain dari saraf mata lemah adalah pengeluaran cairan mata.Cairan mata ini keluar didaerah sudut bilik mata. Biasanya cairan mata ini keluar secara terus-menerus sehingga bisa mengganggu kinerja organ mata. Kondisi ini rupanya bisa menyebabkan saraf mata menjadi semakin melemah sehingga kinerja mata menjadi terganggu.

Selain keluar di daerah sudut bilik mata rupanya cairan mata bisa juga keluar dari celah pupil. Tentunya kondisi ini sangat tidak baik untuk mata Anda.

Oleh karena itu jika Anda sampai mengalami hal ini maka sebaiknya Anda langsung memeriksakan kondisi mata ke dokter ahli. Dibutuhkan cara menyembuhkan saraf mata lemah yang tepat agar kondisi tersebut tidak sampai membuat organ mata Anda terganggu dan tidak sampai membuat saraf mata menjadi lemah.

4. Tumor pada kelenjar pituitary

Tumor pada dasarnya merupakan suatu benjolan yang bisa tumbuh di mana saja. Tumor bisa saja bersifat jinak namun juga bisa bersifat berbehaya bagi kesehatan seseorang. Kehadiran tumor memang belum tentu berdampak buruk pada seseorang namun tumor sudah tentu dapat mengganggu organ tubuh Anda. Tumor diketahui juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sistem saraf mata.

Sponsors Link

Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan saraf mata menjadi semakin lemah sehingga Anda berpeluang mengalami gangguan penglihatan. Tumor memang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja. Tumor yang terdapat pada kelenjar pituitary bisa saja menekan saraf mata. Jika hal ini sampai terjadi maka tentu saja saraf mata yang tertekan oleh tumor tersebut akan menjadi semakin lemah sehingga kinerja mata menjadi terganggu.

5. Penyakit lainnya

Selain tumor rupanya ada penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan macam-macam penyakit saraf mata hingga mengalami kerusakan sehingga menjadi terganggu dan melemah. Beberapa jenis penyakit tampaknya dapat berpengaruh pada saraf mata Anda.

Misalnya saja seperti penyakit diabetes yang pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Salah satu komplikasi tersebut adalah melemahnya sistemsaraf manusia termasuk pula saraf mata. Jika Anda mengalami saraf mata lemah karena suatu jenis penyakit maka hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menyembuhkan penyakit Anda terlebih dahulu.

Jika penyakit penyebab saraf mata lemah bisa sembuh maka saraf mata bisa saja diobati hingga menjadi pulih kembali. Selain itu sudah tentu Anda harus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat agar tidak sampai menderita penyakit yang dapat menyebabkan saraf mata Anda menjadi lemah.

6. Penambahan produksi cairan mata

Cairan mata memang ada dan diproduksi dengan tujuan tertentu. Misalnya saja dengan tujuan untuk membasahi mata sehingga mata tidak sampai menjadi kering. Namun cairan mata bisa saja timbul dengan kadar yang berlebihan dan sangat banyak.

ads

Tentu saja kondisi ini justru bisa menimbulkan gangguan pada mata Anda. Terlebih lagi jika produksi cairan mata yang semakin bertambah ini berasal dari badan siliar. Produksi cairan mata yang bertambah dan berlebihan tentunya dapat mengganggu sistem saraf mata.

Kondisi ini dapat menimbulkan kerusakan pada bagian sistem saraf mata sehingga saraf mata menjadi semakin lemah. Kondisi penambahan produksi cairan mata sebaiknya diperiksakan ke dokter ahli mata agar bisa dihentikan sehingga tidak menimbulkan efek samping pada saraf mata Anda.

7. Kelainan pada mata

Ada beberapa jenis kelainan mata pada seseorang. Beberapa jenis kelainan mata ini bahkan bisa saja dialami oleh seseorang sejak lahir. Kelainan mata yang dialami seseorang sejak lahir biasanya terjadi karena adanya faktor genetik atau keturunan.

Namun kelainan pada mata juga bisa saja dialami oleh seseorang setelah ia bertumbuh besar dan semakin dewasa. Bisa saja kelainan pada mata ini timbul karena faktor eksternal dan faktor lingkungan. Apapun penyebabnya dan kapanpun terjadinya tetap saja kelainan mata dapat memberikan dampak buruk bagi Anda terutama pada bagian mata.

Kelainan mata bisa menyebabkan saraf mata menjadi lemah sehingga sistem saraf mata menjadi terganggu. Tentu saja kondisi ini dapat menyebabkan penglihatan menjadi semakin terganggu sehingga perlu pengobatan saraf mata lemah lebih lanjut untuk mengatasi kasus ini.

8. Trauma

Trauma yang dimaksud dalam hal ini adalah suatu kecelakaan yang terjadi pada seseorang. Trauma bisa saja terjadi sewaktu-waktu dan terjadi karena berbagai macam hal. Misalnya saja trauma terjadi karena adanya kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh seseorang dan membuat saraf matanya mengalami kerusakan. Atau bisa juga seseorang salah mengejan hingga menyebabkan saraf matanya mengalami kerusakan dan gangguan.

Ada banyak hal yang bisa saja terjadi dan menimbulkan kerusakan pada saraf mata. Trauma pada saraf mata bisa membuat sistem saraf mata Anda melemah sehingga mengalami gangguan pada bagian penglihatan. Trauma bisa dicegah misalnya saja dengan selalu berhati-hati baik saat berkendara maupun konsumsi vitamin untuk saraf mata.

Penyebab saraf mata lemah seperti di atas tentunya dapat dicegah. Namun bila Anda sampai mengalami kondisi saraf mata melemah maka sebaiknya segera periksakan mata Anda ke dokter agar Anda bisa mendapatkan penanganan dini sehingga penglihatan Anda tetaplah normal.

, , ,
Oleh :