Sponsors Link

8 Penyebab Penyakit Tremor Paling Umum Terjadi

Sponsors Link

Seringkali gejala tremor dapat menyerang secara tiba-tiba. Tidak hanya pada usia lanjut namun juga termasuk pada anak-anak. Tentu banyak yang berpikir apa yang menjadi penyebab penyakit tremor. Sehingga seringkali banyak orang awam yang mencari informasi tentang hal tersebut. Adapun penyakit tremor sendiri hingga saat ini dapat terjadi karena beberapa macam penyebab. Jika ingin tahu bagaimana cara mengurangi tremor, terlebih dahulu ketahui penyebabnya dengan tepat. Sehingga penyakit tremor dapat disembuhkan sesuai harapan. Bagi yang belum tahu, berikut ini beberapa penyebab penyakit tremor yang sering dijumpai:

ads

1. Kurang Vitamin B

Salah satu penyebab paling utama biasanya akibat kekurangan vitamin B. Hal ini rentan terjadi karena pola makan yang kurang baik. Sehingga tubuh hanya menerima asupan makanan tertentu dan tidak mencukupi kebutuhan akan vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan saraf tubuh. Termasuk juga menjaga kesehatan otot.

2. Terlalu Lelah

Kebanyakan orang jika lelah tidak mau beristirahat. Padahal hal ini memicu terjadinya kelelahan fisik pada otot tangan dan membuat tubuh gemetar tidak beraturan. Saat saraf terlalu lelah maka saraf akan sangat tegang dan mengalami tremor. Oleh karena itu jika mulai nampak gejala tremor, hentikan kegiatan dan istirahat saja sebentar. Supaya tangan lebih rileks dan merupakan cara menghilangkan tangan gemetar.

3. Merasa Stress

Jika pikiran stress dapat juga memicu timbul gemetar pada tangan. Karena itu usahakan untuk rileks dan tidak berpikir macam-macam. Tetap usahakan untuk berpikir positif sehingga tubuh terhindar dari gejala tremor yang merugikan.

4. Minum Kopi

Jika terlalu banyak minum kopi maka kandungan kafein di dalamnya akan menyebabkan terjadi tangan yang gemetar. Oleh sebab itu jangan terlalu sering minum kopi. Minum saja secukupnya supaya tidak membuat tangan mudah gemetar di saat usia makin lanjut.

5. Akibat Alkohol

Penyebab penyakit tremor bisa jadi karena pengaruh minuman beralkohol. Karena itu sebaiknya jangan sering minum minuman beralkohol. Selain buruk untuk saraf juga dapat merusak ginjal dan hati. Sebaiknya minum saja minuman yang sehat seperti susu yang kaya kalsium untuk kesehatan otot.

6. Infeksi Penyakit

Infeksi saraf akibat virus atau bakteri juga dapat menimbulkan gangguan. Oleh sebab itu hati-hati jika ada demam. Karena demam kemudian terjadi tremor artinya tubuh terserang gejala penyakit yang lebih berbahaya. Salah satunya gejala awal meningitis yang beresiko dapat menyerang saraf otak.

Sponsors Link

7. Gangguan Otak

Penyebab tremor juga termasuk karena gangguan otak seperti misalnya macam-macam penyakit saraf. Hal ini memicu timbul kondisi motorik yang kurang sempurna. Oleh sebab itu hal ini harus diobati secara langsung supaya tidak memicu kondisi yang lebih parah.

8. Kurang Olahraga

Salah satu penyebab yang kurang disangka yaitu karena tidak olahraga secara teratur. Sehingga otot tubuh menjadi kaku dan timbul gejala tremor secara tiba-tiba. Karena itu jika ingin cara mengobati tremor secara alami sebaiknya olahraga ringan dengan teratur. Sehingga tubuh kembali sehat seperti sedia kala.

Demikian beberapa penyebab penyakit tremor yang paling umum. Jika tidak ingin tangan mengalami gejala gemetar, maka sebaiknya hindari hal-hal yang telah disebutkan di atas. Selalu makan makanan yang bergizi dan konsumsi vitamin dengan cukup. Jangan sampai terlampau lelah hingga lupa istirahat. Karena saat kelelahan maka otomatis fungsi tubuh tidak berjalan sempurna. Termasuk fungsi otot dan saraf tidak akan berjalan maksimal.

, , , , ,
Oleh :