Sponsors Link

19 Penyebab Penyakit Stroke yang Harus di Waspadai

Sponsors Link

Stroke adalah penyakit yang akan menyebabkan seseorang mengalami penurunan dalam sistem geraknya. Bahkan seseorang akan benar-benar tidak bisa bergerak sama sekali jika kondisnya sudah sangat parah. Berikut adalah 19 penyebab penyakit stroke yang dapat Anda ketahui:

ads

1. Merokok

Merokok merupakan aktivitas yang dapat menyebabkan terserang penyakit stroke. Bahan nikotin yang terkandung dalam rokok dan masu ke dalam melalui pembuluh darah. Nikotin yang mengalami penumpukan pada pembuluh darah akan mengakibatkan adanya penyumbatan atau plak pada pembuluh darah. Jika kondisi ini terjadi maka akan menghalangi kerja jantu saat akan memompa darah dan juga mengedarkan ke semua bagian tubuh. Plak juga bisa menyebabkan otak tidak mendapatkan pasokan daran dan juga nutrisi baik sehingga akan terjadi penyakit stroke.

2. Mengkonsumsi garam berlebihan

Kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi garam saat makan sehari-hari juga bisa meningkatkan terserang resiko penyakit stroke. Masuknya garam dalam tubuh bisa mempengaruhi pada tekanan darah dalam tubuh yang akan sering memicu hipertensi. Saat tubuh Anda mempunyai garam dan terlalu berlebihan makan akan mempengaruhi keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh. Saat kondisi ini terjadi, maka volume darah juga ajan ikut meningkat. Hipertensi yang terlalu berlebihan bisa menyebakan terkena resiko stroke lebih cepat yang disebabkan oleh penekanan darah terlalu berlebihan sehingga pembuluh darah tidak kuat dan akan pecah dan mengalami pendarahan pada otak

3. Obesitas atau kelebihan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit stroket. Obesitas akan terjadi saat berat badan sudah melebih batas normal pada tubuh. Kondisi obesitas yang terlalu berlebihan akan memicu penyakit jantung. Sedangkan penyakit jantung akan memicu terjadinya stroke. Ini disebabkan karenan kemampuan jantung saat memompa darah sudah mengalami kemunduran. Bagi penderita stroke yang disebabkan obesitas biasanya akan ditandai dengan sesak nafas, kesulitan saat bernafas dan akan merasa nyeri pada bagian dada. Salah satu pemicunya adalah gaya hidup dan terlalu makan berlebihan tanpa memperhatikan kandungannya.

4. Terlalu berlebihan saat mengkonsumsi lemak

Kebiasaan seseorang yang terlalu berlebihan mengkonsumsi lemak akan menyebabkan keadaan tubuh menjadi sangat buruk. Lemak yang terus menerus menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya penyakit kolesterol. Efek dari tingginya kolesterol adalah akan terserang stroke. Adanya pembentukan plak kolesterol di dalam pembuluh darah akan menyebabkan darah menjadi berhenti dan tidak akan mengalir dengan baik dari jantung menuju otak. Hal inilah yang biasanya akan menyebabkan adanya penyakit stroke serta akan menyebabkan serangan jantung. Pecahnya pembuluh darah yang disebabkan plak akan memicu stroke mendadak.

5. Terlalu belebihan saat mengkonsumsi gula

Selain garam dan lemak, gula juga bisa menyebabkan penyakit stroke. Kebiasan mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan menganggu pada kesehatan. Otot akan menyimpan gula halus yang berasal dari luar tubuh. Kelebihan kadar gula ini akan menyebabkan terjadi penyakit diabetes karena tubuh sangat kekurangan insulin. Jika gula masih dalam keadaan normal, maka akan menjadi energy untuk tubuh, namun tubuh tetap membutuhkan insulin untuk bisa mengolahnya. Kelebihan gula yang menyebabkan adanya penyakit diabetes akan memicu pada penyakit stroke, sebab tubuh mengalami proses metabolism yang buruk. Otak akan kekurangan oksigen serta nutrisi karena terlalu banyak gula yang masuk dalam tubuh.

Sponsors Link

6. Tidak pernah berolahraga

Kebiasaan kurang melakukan aktivitas olahraga juga bisa menyebabkan Anda terserang stroke. Hal ini terjadi saat tubuh tidak biasa untuk berkgerak kemudian membakar kalorinya dengan gerakan. Kurang berolahraga juga akan memicu stroke karena tubuh yang memiliki berat badan berlebih. Saat kurang olah raga maka keadaan jantung tidak akan bekerja dengan baik. Jantung yang tidak pernah dilatih akan menyebabkan detak jantung dan juga kemampuan jantung dalam memompa darah sangat menurun. Sehingga kondisi ini kerap kali menyebabkan otak tidak menerima suplai oksigen serta nutrisi dan menyebabkan adanya penyakit stroke.

7. Terlalu sering mengkonsumsi alkohol

Alkohol juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya stroke karena adanya tekanan darah yang terlalu tinggi. Alkoho yang masuk ke dalam tubuh dalam bentuk zat yang sangat buruk kemudian akan masuk juga pada pembuluh darah. Zat buruj ini yang akan menyebabkan peningkatan pada volume darah dan juga menyebabkan tekanan darah terlalu berlebihan. Kondisi ini akan mengakibatkan otak tidak memperoleh pasokan darah yang sesuai. Kekurang ini yang bisa mengakibatkan stroke. Kebiasaan minum juga bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah dan mengakibatkan stroke.

8. Mengalami kompilkasi penyakit

Pada umumnya orang tua yang sudah lanjut usia yang peling sering terserang stroke. Hal ini biasa terjadi pada seseorang yang memiliki kompilkasi penyakit seperti hipertensi, diabetes dan juga gangguan pada jantung. Hipertensi akan mengakibatkan stroke karena peredaran serta penggumpalan darah yang mengakibatkan otak tidak memperoleh pasokan darah dan juga nutrisi. Sedangkan diabetes biasanya akan menyebabkan ada gangguan pada metabolism tubuh. Kemudian penyakit jantung akan mengakibatkan jantung tidak bekerja dengan baik saat sedang memompa darah. Akibatnya jika semua penyakit tersebut menyerang Anda, kemungkinan terkena stroke akan sangatlah besar.

9. Stres

Stres adalah kondisi dimana seseorang mengalami tekanan pada pikiran yang sangat berat. Saat pikiran dan juga tekanan yang berat terjadi maka jantung tidak akan bisa bekerja sesuai dengan fungsi nya. Stres juga akan mengakibatkan adanya tekanan darah yang terlalu tinggi dan mengakibatkan jantung dalam keadaan buruk. Orang yang mengalami kondisi stress juga akan mengalami perubahan hormone pada otaknya. Darah yang ada dalam otak tidak bisa mengalur dengan baik, akibatnya akan membuat kerusakan pada sel otak. Stres yang memicu penyakit jantung maka akan memicu stroke. Kondisi seperti ini biasanya terjadi oleh orang yang terlalu bekerja dengan keras.

10. Faktor usia

Orang yang sudah lanjut usia juga biasanya akan sangat rentan untuk terserang stroke. Sebenarnya hal ini tidak dipengaruhi oleh faktor usia secara langsu, namun lebih pada kondisi kesehatan pada usia tua. Perubahan gaya hidup saat masih muda seperti meroko, konsumsi alkohol dan yang lainnya akan mempengaruhi pada kesehatan di masa tua, akibatnya resiko terkena stroke sangat banyak dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia.

11. Menderita diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang akan menyebabkan kadar gula yang ada dalam darah menjadi sangat tinggi dan juga kemampuan pangkreas untuk menghasilkan insulin semakin rendah. Terlalu banyak kadar gula yang ada dalam darah bisa mengakibatkan aliran darah dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Sehingga kemampuan pembuluh darah juga bisa bermasalah dan jantung tidak bisa memompa darah ke semua bagian tubuh termasuk salah satunya otak. Kondisi inilah yang akan menyebabkan timbulnya stroke dan akan menyerang kapan saja.

ads

12. Komplikasi karena penyakit ginjal

Seseorang yang terserang penyakit ginjal, biaanya akan terserang komplikasi penyakit jantung. Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal dan sudah pernah melakukan transplantasi ginjal. Sehingga akan menyebabkan kondisi yang sangat buruk, apalagi jika penderita memiliki kompilkasi penyakit lain seperti tekanan darah yang terlalu tinggi dan juga diabetes. Saat organ ginjal tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya maka kondisi jantung akan sangat bermasalah. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya stroke pada penderita ginjal.

13. Mempunyai penyakit kelainan sel sabit

Seseorang yang memiliki riwayat kelainan sel sabit juga bisa terkena resiko stroke iskemik. Kondisi ini disebabkan karena kondisi tubuh yang menderita sel sabit maka darah dari jantung tidak dapat mengirimkan oksigen hingga ke otak. Stroke pada penderita sel sabit juga bisa disebabkan karena danya pendarahan yang terjadi dalam otak. Sehingga kondisi ini kemungkinan besar akan sangat sulit untuk dihindari.

14. Pecahnya pembuluh darah dalam otak

Pembuluh darah yang ada pada otak juga bisa mengalami pecah atau kebocoran. Kondisi ini biasanya disebabkan karena jaringan pada otak mengalami kerusakan akibat ada pendaraha. Gumpalan dan juga genangan darah pada bagian jaringan otak juga akan menyebabkan pendarahan yang semakin memburuk. Saat hal ini terjadi maka otak akan mengalami kondisi kekurang oksigen dan juga kerusakan yang sangat sulit diperbaiki. Oleh sebab itu, beberapa orang yang mengalami stroke sangat parah biasanya disebabkan karena pecah pembuluh darah dalam otak.

15. Memiliki penyakit hemofilia

Hemofilia adalah penyakit kelaianan pada darah yang tidak bisa membeku. Penyakit ini juga bisa menyebabkan resiko terserang stroke. Hal ini biasanya banyak terjadi pada orang yang mendapatkan penyakit turunan atau karena genetic. Hemofilia biasanya akan mengakibatkan penderita terserang stroke hemoragik yang disebabkan pendarahan yang sangat sulit diatasi.

16. Memiliki penyakit fibromuskular dysplasia

Penyakit ini adalah penyakit yang mengakibatkan pembentukan sel darah menjadi sangat tidak normal pada bagian dinding arteri. Kelainan ini akan memicu penyempitan pada pembuluh darah dan juga membetuk gumpalan darah dibagian pembuluh darah. Penyempitan ini akan mengakibatkan alirah darah dalam pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik. Bahkan penyempitan juga akan mempengaruhi pada kerja arteri dan juga jantung saat akan mengedarkan darah pada seluruh bagian tubuh. Kemungkinan besar otak tidak akan menerima darah dan juga nutrisi yang cukup sehingga akan mengakibatkan stroke.

17. Mengalami kelainan vasopasme

Orang yang pernah mengalami pendarahan pada subarachnoid yang ada dalam otak juga bisa mengakibatkan terjadinya stroke. Kondisi ini biasanya sering disebut vasospasme yang akan mengakibatkan beberapa bagain pada pembuluh darah mengalami kondisi kejang dan menyebabkan otak tidak dapat memiliki alirang darah yang cukup. Kondisi ini akan semaki buruk jika penderita memiliki kompilasi seperti hipertensi.

18. Mengalami sindrom celebral vasokonstriksi

Sindorm celebral vasokonstriksi adalah salah satu sindrom yang sangat berbahaya. Kelainan ini akan mengakibatkan pembuluh darah yang ada dala otak mengalami kejang dan membuat otak tidak dapat menerima darah sehingga akan sangat kekuranga. Pendarahan akan terjadi kapan saja dan biasanya juga akan sangat mendadak. Penyakit ini memilki hubungan dengan penyempitan dan juga pelebaran pembuluh darah yang ada dalam otak. Kelainan arteri dan juga sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba biasanya berhubungan dengan migraine yang berkepanjangan.

19. Akibat dari radiasi vaskulopati

Seseorang yang pernah menjalani pengobatan kangker pada bagian kepala dan juga leher dengan menggunakan sinar radioterapi juga akan memiliki resiko terserang stroke. Kondisi ini terjadi saat menerima sinar radioterapi dan mengakibatkan beberapa sela dalam otak mengalami kerusakam. Kerusakan sel dalam otak ini juga akan mengakibatkan adanya kerusakan pada pembuluh darah.

Itulah 19 penyebab penyakit stroke yang dapat Anda ketahui dan dapat Anda hindari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke