Sponsors Link

8 Penyebab Neuralgia yang Sebaiknya Diwaspadai

Sponsors Link

Penyebab neuralgia ada berbagai hal. Neuralgia sendiri merupakan suatu kondisi gangguan yang muncul berupa rasa sakit. Sebenarnya gangguan yang terjadi ini bukanlah merupakan suatu penyakit melainkan merupakan suatu jenis cedera atau macam-macam penyakit saraf.

ads

Gejala yang seringkali timbul pada penderita neuralgia antara lain timbulnya rasa nyeri yang dapat semakin memburuk dari waktu ke waktu. Pada dasarnya neuralgia disebabkan oleh adanya masalah pada sinyal saraf yang ada di sistem saraf. Neuralgia pada dasarnya ditimbulkan oleh adanya kerusakan saraf yang terjadi pada seseorang. Kerusakan saraf tersebut antara lain disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut.

1. Pembedahan atau operasi

Tindakan pembedahan atau operasi bisa saja menyebabkan seseorang mengalami neuralgia. Sebab dalam suatu prosedur operasi tentunya dokter akan melakukan berbagai tindakan mulai dari pemberian obat bius atau anestesi sampai dengan proses pembedahan berakhir. Dalam hal ini obat bius bisa saja menyebabkan terjadinya komplikasi buruk pada pasien. Misalnya saja saraf pasien kemudian mengalami suatu gangguan atau bahkan kerusakan secara permanen.

Hal ini pada dasarnya jarang terjadi namun selalu saja ada peluang untuk terjadi walaupun kemungkinannya kecil. Resiko ini akan lebih besar berpeluang terjadi bila pasien memiliki gaya hidup yang tidak sehat misalnya seperti mengalami obesitas, suka merokok, suka mengonsumsi alkohol, dan suka mengonsumsi napza.

Oleh karena itu umumnya pasien yang akan menjalani tindakan operasi dianjurkan untuk mengikuti prosedur yang diberlakukan oleh dokter. Seperti misalnya tidak boleh makan beberapa jam sebelum operasi berlangsung. Di samping itu terkadang pasien juga tidak diizinkan mengonsumsi vitamin atau sejenisnya beberapa hari sebelum menjalani tindakan operasi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko dari obat bius.

2. Trauma

Trauma yang dimaksudkan di sini adalah trauma fisik yang mungkin saja bisa dialami oleh seseorang karena berbagai hal. Misalnya saja trauma ini timbul karena seseorang mengalami cedera atau kecelakaan. Cedera atau kecelakaan yang dialami bisa saja mengakibatkan timbulnya gegar otak ringan akibat benturan secara keras sehingga saraf mengalami kerusakan.

Kerusakan saraf yang terjadi sebagai akibat dari trauma ini memang bergantung pada tingkat keparahan cedera yang terjadi. Jika cedera ringan maka saraf umumnya tidak sampai mengalami gangguan. Namun bila cedera yang terjadi cukup serius atau parah maka saraf bisa saja mengalami gangguan dan kerusakan.

3. Infeksi

Infeksi yang menjangkiti seseorang juga bisa menjadi penyebab bagi orang tersebut mengalami neuralgia. Infeksi pada dasarnya bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit lainnya. Beberapa jenis infeksi pada seseorang yang dapat memicu terjadinya neuralgia antara lain hepatitis C, HIV, serta herpes zoster.

Infeksi jenis ini memang cukup berbahaya dan bahkan bisa menimbulkan komplikasi serius pada penderitanya. Bahkan terkadang nyawa penderitanya bisa terancam karena mengalami infeksi tersebut. Selain itu ada pula jenis infeksi lain yang bisa menimbulkan neuralgia seperti infeksi otak. Penyakit tersebut juga tergolong berbahaya dan dapat menimbulkan kerusakan saraf otak secara permanen.

Sponsors Link

4. Penyakit Sindrom

Beberapa jenis penyakit berupa sindrom tertentu ternyata juga merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya neuralgia pada seseorang misalnya saja sindrom CVS atau yang juga disebut Cyclic Vomiting Syndrome. Beberapa jenis sindrom ini memang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada saraf sehingga penderitanya mengalami ketidakseimbangan gerakan.

Terkadang penderitanya juga mengalami gangguan dalam hal sensorik dan motorik. Hal ini bisa saja terjadi karena sistem saraf tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Terganggunya kinerja sistem saraf ini tentunya berhubungan dengan ciri-ciri penyempitan saraf tulang belakang yang dialaminya.

5. Gangguan Autoimun

Penyakit autoimun sebenarnya termasuk jenis gangguan yang langka. Kondisi ini dapat terjadi jika sistem kekebalan tubuh pada seseorang menyerang sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh penderitanya. Penyakit ini seringkali dianggap sebagai suatu kelainan kekebalan tubuh. Penyakit ini tentu saja bisa berdampak pada timbulnya kerusakan saraf yang pada akhirnya bisa menimbulkan kelumpuhan atau kelemahan otot pada penderitanya.

Oleh karena itu penyakit jenis ini perlu segera ditangani dan diobati agar tidak sampai menimbulkan komplikasi pada penderitanya. Penderita autoimun pada awalnya akan mengalami kesemutan yang disertai dengan rasa nyeri pada otot tangan dan kakinya. Kemudian penyakit ini akan melumpuhkan seluruh tubuh penderitanya.

ads

6. Penyakit Kronis

Beberapa jenis penyakit seperti diabetes bisa saja menyebabkan seseorang mengalami neuralgia. Ada pula penyakit yang berkaitan dengan tulang belakang sehingga menyebabkan timbulnya neuralgia. Penyakit jenis ini termasuk penyakit kronis yang bisa menimbulkan resiko berupa komplikasi pada penderitanya. Kesehatan penderita berbagai penyakit kronis ini juga bisa saja mengalami penurunan.

Penurunan kesehatan dan daya tahan tubuh ini sudah tentu dapat mengakibatkan jaringan saraf menjadi semakin lemah dan mengalami penurunan fungsi. Dengan kata lain kinerja saraf pada penderita penyakit kronis tidak dapat berjalan normal seperti sebelumnya. Penyakit kronis tersebut juga beresiko menimbulkan neuralgia dengan gejala nyeri yang muncul pada penderitanya.

7. Tumor

Pada umumnya tumor yang tumbuh menyerupai sebuah benjolan bisa terdapat di bagian tubuh mana saja. Tumbuhnya tumor ini juga bisa terletak dekat dengan jaringan saraf pada otak ataupun jaringan saraf pada tubuh lainnya. Tumor dapat bertumbuh dan berkembang menjadi sangat besar. Tumor juga bisa bertumbuh secara abnormal dan pada akhirnya pertumbuhan tumor tersebut mengakibatkan jaringan saraf yang berada di dekatnya menjadi tertekan.

Kondisi ini tentunya dapat mengakibatkan penyebab penyempitan saraf sehingga saraf tidak dapat bekerja dan berfungsi secara maksimal. Akibatnya kondisi tubuh penderitanya pun menjadi terganggu. Dalam hal ini keseimbangan tubuh penderita tumor akan mengalami gangguan disertai dengan berbagai gejala lain.

8. Usia

Usia sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Semakin bertambahnya usia maka biasanya kekebalan tubuh seseorang akan semakin menurun sehingga orang tersebut menjadi lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit. Dengan kata lain orang yang mulai masuk ke dalam golongan lanjut usia akan lebih rentan mengalami berbagai jenis penyakit yang dapat menyebabkan dirinya terserang neuralgia.

Orang lanjut usia juga rentan mengalami cedera yang bisa mengakibatkan timbulnya neuralgia pada dirinya. Oleh karena itu sebaiknya orang dengan usia lanjut selalu memelihara kesehatannya dengan menjalani pola hidup sehat. Dengan demikian maka kekebalan tubuh akan tetap ada dan hal ini akan membuatnya terhindar dari berbagai jenis penyakit. Maka tak heran apabila orang lanjut usia seringkali mengalami rasa nyeri yang tidak lain disebabkan oleh timbulnya kerusakan saraf.

Penyebab neuralgia umumnya terdiri dari berbagai macam misalnya seperti apa yang telah dipaparkan di atas. Tentu saja beberapa cara menyembuhkan penyakit trigeminal neuralgia tersebut dapat dilakukan agar tidak sampai terjadi. Pencegahan yang terutama bisa dilakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Selain itu hendaknya Anda selalu berhati-hati agar tidak sampai mengalami kecelakaan atau cedera yang dapat menimbulkan terjadinya kerusakan pada saraf.

, , , , ,
Oleh :