Sponsors Link

9 Penyebab Mata Kedutan Sebelah Kanan Yang Tidak Terduga Wajib Dihindari

Sponsors Link

Penyebab mata kedutan sebelah kanan sebenarnya ada berbagai macam. Mata kedutan bisa saja terjadi karena adanya gangguan pada saraf misalnya seperti saraf yang menegang dan sebagainya. Tentu saja kondisi ini akan membuat orang yang mengalaminya menjadi khawatir.

ads

Sebab mata kedutan bisa saja menjadi gejala adanya penyakit bagi beberapa orang. Berikut ini kami berikan beberapa faktor penyebab mata kedutan di sebelah kanan yaitu sebagai berikut.

1. Tekanan Psikologis

Saat seseorang mengalami tekanan psikologis bisa saja saraf otot menjadi tegang. Tekanan psikologis yang dialami oleh seseorang bisa saja dalam berbagai macam bentuk. Misalnya saja seperti mengalami rasa cemas atau takut yang berlebihan. Pada akhirnya rasa khawatir tersebut bisa membuat seseorang menjadi stres dan bahkan depresi.

Stres dan depresi tentu mengganggu kondisi mental dan psikologis seseorang. Kondisi stres dan depresi ini bisa menimbulkan ketegangan sehingga mata di sebelah kanan akhirnya berkedut.

Hal ini bisa saja terjadi sebab saat saraf otot menjadi tegang maka akan terjadi gerakan di luar kendali atau kontrol. Termasuk pula terjadi mata yang berkedut yang terjadi di luar kendali orang yang mengalami tekanan psikologis. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan yoga atau meditasi untuk menjaga kondisi psikologis.

2. Terlalu Lelah

Berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukan mulai dari bangun pagi hingga tidur malam kembali tentunya akan membuat Anda merasa lelah. Rasa lelah bisa saja muncul terlalu berlebih saat Anda melakukan aktivitas secara berlebihan dan bahkan tanpa istirahat.

Terlebih lagi jika aktivitas tersebut membutuhkan tenaga yang besar. Rasa lelah juga bisa saja muncul dengan disertai timbulnya stres sehingga menyebabkan Anda menjadi tertekan secara fisik dan psikologis.

Kondisi inilah yang akan membuat Anda mengalami mata berkedut di sebelah kanan karena gerakan akibat kerusakan saraf motorik tidak terkendali lagi. Untuk itu Anda perlu beristirahat siang sekalipun hanya selama 10 hingga 15 menit saja. Anda juga seharusnya memiliki waktu tidur malam yang berkualitas.

3. Gangguan Refraksi Mata

Ada beberapa macam gangguan atau kelainan refraksi mata. Di antaranya adalah rabun jauh atau miopi dan rabun dekat atau hipermetropi. Ada pula mata silinder yang secara medis disebut juga astigmatisme. Selain itu ada juga mata tua yang disebut presbiopia yaitu saat mata sudah tidak mampu lagi menyesuaikan perubahan jarak penglihatan secara maksimal.

Gangguan penyebab stroke mata ini sebenarnya cukup sulit untuk dicegah dan bisa berakibat pada munculnya kedutan di bagian mata. Untuk gangguan refraksi mata yang ringan maka bisa diatasi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Sedangkan gangguan refraksi mata dengan tingkat keparahan yang cukup serius bisa diatasi dengan menjalani bedah refraksi.

Sponsors Link

4. Mata Lelah

Mata lelah pada umumnya sering kali terjadi. Hampir setiap orang pernah mengalaminya terutama jika Anda bekerja di depan layar komputer dan sejenisnya. Kondisi ini bahkan bisa terjadi pada tingkat usia berapapun. Kondisi mata lelah jika dibiarkan akan menyebabkan mata menjadi berkedut.

Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu orang yang mengalaminya. Sering kali pula kondisi mata lelah ini diikuti pula dengan timbulnya perih dan gatal.

Bahkan bisa juga mata yang lelah menjadi berair. Oleh karena itu kondisi ini sebaiknya segera ditangani agar tidak membuat mata menjadi sakit. Misalnya dengan cara mengistirahatkan mata dan memberi air mata buatan atau obat tetes mata.

5. Mata Kering

Kondisi mata bisa saja menjadi lelah karena terlalu banyak aktivitas. Umumnya mata yang digunakan untuk menatap layar komputer lebih dari 4 jam tanpa istirahat bisa menyebabkan kondisi mata menjadi kering. Selain itu jika Anda tinggal di tempat dengan iklim yang kering maka mata juga bisa saja menjadi kering.

Kondisi mata kering akan menyebabkan mata menjadi perih dan hal ini sebaiknya jangan dibiarkan sebab bisa membuat Anda merasa tidak nyaman misalnya dengan menimbulkan kedutan pada mata.

Oleh karena itu jika Anda merasa ciri-ciri stroke mata mulai terjadi dan mata mulai kering maka sebaiknya segera istirahatkan mata dan berhenti beraktivitas sejenak. Anda juga bisa menggunakan obat tetes untuk membuat mata agar tidak sampai kering.

ads

6. Memiliki Alergi

Banyak kondisi yang akan terjadi pada seseorang jika mengalami alergi. Salah satunya adalah terjadinya gangguan pada mata. Misalnya saja seperti mata memerah dan bengkak atau mata menjadi berair. Selain itu seseorang yang mengalami alergi juga bisa saja mengalami gejala mata kedutan di salah satu bagian mata.

Tentunya gejala mata kedutan karena alergi ini bisa berakhir jika efek dari alergi telah berakhir. Sebaiknya Anda mencari tahu penyebab alergi supaya Anda bisa menghindarinya. Dengan menghindari penyebab alergi maka kondisi Anda akan tetap terjaga.

7. Kekurangan Magnesium

Berbagai gejala dari adanya kekurangan magnesium sebenarnya bisa dirasakan. Misalnya saja timbul rasa lelah yang berlebihan serta mengalami stres. Ada pula gejala lainnya seperti timbulnya gangguan pada otot. Berbagai gejala tersebut ternyata juga bisa menimbulkan dampak lainnya seperti munculnya kedutan pada mata.

Jika mata kedutan terjadi karena adanya Anda kekurangan magnesium maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter agar gejala yang dialami tidak membuat kondisi Anda semakin buruk. Anda bisa saja diberi suplemen penambah magnesium. Selain itu sebaiknya Anda juga memperbanyak istirahat agar stamina tetap terjaga.

8. Konsumsi Kafein

Kandungan kafein bisa Anda dapatkan di beberapa jenis minuman atau makanan. Terutama pada minuman teh dan kopi. Konsumsi kafein yang berlebihan sebenarnya tidaklah baik karena dapat mengganggu kinerja organ saraf Anda. Ada pula beberapa orang yang alergi kafein sehingga walaupun konsumsi dalam jumlah sedikit saja bisa mengalami efek samping.

Kafein sebenarnya bisa membuat Anda menjadi gugup sehingga saraf otot mengalami ketegangan dan menimbulkan terjadinya kedutan di bagian mata. Jika mata kedutan terjadi karena adanya asupan kafein maka sebaiknya Anda segera mengurangi konsumsi makanan yang dilarang untuk penderita syaraf kejepit di area mata. Sebaiknya hindarilah makanan dan minuman yang mengandung kafein terutama dalam jumlah banyak.

9. Konsumsi Alkohol

Di dalam alkohol terkandung beberapa zat yang dinilai cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. Beberapa zat tersebut bahkan bisa menimbulkan iritasi pada beberapa bagian tubuh dan wajah termasuk pada mata. Iritasi pada saraf ini bisa berakibat timbulnya kedutan pada beberapa bagian tubuh dan wajah seperti pada mata.

Oleh karena itu sebaiknya hindarilah konsumsi alkohol sebab alkohol mengandung zat yang merusak kesehatan organ tubuh. Jika Anda sering kali mengonsumsi alkohol maka sebaiknya segera kurangi konsumsi alkohol tersebut. bahkan sebaiknya konsumsi alkohol segera dihentikan.

Penyebab mata kedutan sebelah kanan tampaknya perlu diwaspadai. Sebisa mungkin sebaiknya berbagai faktor penyebab mata kedutan ini dihindari sebagai upaya pencegahan.

Dengan menghindari penyebab dari mata kedutan maka Anda akan merasa lebih nyaman dalam menjalani aktivitas. Sehingga tidak perlu juga mencari cara untuk pengobatan saraf mata lemah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf