Sponsors Link

6 Penyebab HNP Paling Umum Terjadi Pada Manusia

Sponsors Link

Penyebab HNP yang dialami oleh seseorang tentunya ada berbagai macam. Namun apapun penyebabnya tetap saja HNP ini merupakan suatu macam-macam penyakit saraf yang dapat menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan. Rasa nyeri yang timbul ini pun dapat berlangsung dalam waktu yang cepat ataupun dalam waktu yang cukup lama. Selain itu rasanya pun tentunya akan sangat menyiksa Anda.

ads

Untuk itu sebaiknya Anda harus selalu waspada agar HNP tidak menyerang. Anda pun seharusnya memahami benar bagaimana suatu gangguan atau cedera HNP itu bisa terjadi. HNP pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut akan diberikan beberapa faktor penyebab HNP yang perlu Anda ketahui.

1. Usia

Usia merupakan salah satu faktor penyebab HNP. Semakin Anda bertambah usia maka semakin Anda beresiko terserang HNP. Sebab semakin tua seseorang maka semakin melemah daya tahan tubuh orang tersebut. Selain itu kinerja sistem organ pada tubuh juga akan semakin menurun dan melemah. Anda yang semakin bertambah usia dan masuk ke usia lanjut tentunya akan semakin kurang bergerak.

Hal ini disebabkan oleh adanya kekuatan fisik yang semakin melemah. Otot dan sendi Anda pun lama-kelamaan akan menjadi kaku sehinggaakan terasa sakit apabila Anda melakukan gerakan yang berlebihan. Kekakuan gerakan Anda itu bukan tidak mungkin dapat menyebabkan terjadinya gejala saraf terjepit di pinggang. Rasa nyeri pun dapat timbul dan kambuh sewaktu-waktu.

Anda pun tentunya harus merubah pola hidup Anda agar tidak terserang HNP. Mulailah berolahraga secara ringan. Olahraga yang dapat dilakukan misalnya jogging, bersepeda santai, senam ringan, dan lain sebagainya. Olahraga yang dilakukan secara rutin ini akan menambah kelenturan persendian Anda sehingga kemungkinan terjadinya HNP semakin kecil.

2. Obesitas

Pola hidup yang tidak sehat pada dasarnya merupakan pemicu terjadinya obesitas. Pola hidup yang tidak sehat meliputi konsumsi makanan tinggi lemak dan kurangnya berolahraga. Makanan yang tidak sehat misalnya junk food. Makanan junk food pada dasarnya mengandung lemak dan kolestrol yang berlebihan sehingga makanan ini tidak seharusnya Anda konsumsi.

Apalagi jika Anda tidak pernah berolahraga. Jika Anda jarang berolahraga maka lemak dari makanan yang Anda makan pun tidak dapat dibakar dan hilang. Oleh karena itu disarankan agar Anda selalu menjaga pola hidup sehat Anda dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Anda seharusnya mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan tidak mengandung lemak secara berlebihan.

Anda juga seharusnya lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Di samping itu Anda juga perlu berolahraga secara rutin untuk membakar kalori pada tubuh Anda. Olahraga juga dapat membuat tubuh Anda tetap terjaga kebugarannya. Dengan demikian Anda pun dapat terhindar dari serangan HNP.

Sponsors Link

3. Pekerjaan

Jenis pekerjaan Anda sebenarnya turut berpengaruh pada kesehatan Anda. Bila jenis pekerjaan Anda terlalu banyak menuntut kekuatan fisik maka Anda akan cenderung lebih mudah terserang HNP. Sebab pekerjaan yang menuntut kekuatan fisik umumnya beresiko pada tulang punggung Anda.

Tak heran apabila tulang punggung Anda bisa mengalami cedera dan berakhir pada munculnya gangguanHNP. Pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk sering mengangkat beban berat atau membungkukkan badan secaraterus-menerus secara lama-kelamaan akan menyebabkan Anda terserang ciri-ciri penyempitan saraf tulang belakang.

Jika Anda banyak dituntut untuk mendorong dan menarik benda berbeban berat pun bisa jadi lama-kelamaan Anda akan mengalami HNP. Untuk itu Anda perlu berhati-hati dalam bekerja. Jangan sampai Anda melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan membahayakan bagi kesehatan.

Anda juga sebaiknya lebih banyak meluangkan waktu untuk beristirahat agar stamina tubuh Anda tetap terjaga. Setidaknya beristirahatlah pada siang hari dan milikilah kualitas tidur yang baik pada malam hari.

4. Aktivitas

Aktivitas yang terlalu berlebihan dan berhubungan dengan benda berbeban berat juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya HNP pada Anda. Aktivitas ini misalnya seperti olahraga yang berlebihan dan kegiatan fisik yang terlalu membutuhkan banyak gerakan.

ads

Anda pun sebaiknya melakukan pemanasan sebelum masuk ke dalam olahraga inti. Hal ini bertujuan agar otot-otot pada tubuh Anda tidak kaku sehingga mengurangi resiko terjadinya bahaya syaraf terjepit. Anda juga sebaiknya melakukan olahraga yang ringan-ringan saja.

Sebab pada dasarnya olahraga berat itu cenderung dilakukan oleh para atlet yang telah terlatih dan memiliki kekuatan fisik yang baik serta tubuh yang prima. Selain itu sebaiknya Anda tidakmelakukan kegiatan yang terlalu membutuhkan kekuatan fisik Anda misalnya seperti mengangkat benda berbeban berat.

Anda pun dapat menggunakan peralatan bantuan untuk mengangkat benda berat agar Anda tidak terserang HNP. Anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering membungkuk sambil membawa benda berbeban berat sebab hal ini dapat beresiko pada tulang punggung Anda.

5. Terluka

Jika Anda pernah jatuh atau kecelakaan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda pada dokter. Sebab peristiwa jatuh atau kecelakaan dapat menimbulkan trauma fisik. Hal ini juga cenderung membuat organ tubuh Anda menjadi terluka. Luka dalam organ tubuh Anda ini pun tentunya hanya dapat dilihat dengan bantuan perlatan medis.

Peristiwa jatuh atau kecelakaan berat bisa saja membuat saraf Anda menjadi tertekan dengan beberapa jaringan tubuh yang ada disekitarnya. Tekanan yang terjadi pada saraf Anda ini pun akhirnya akan membuat Anda mengalami gangguan HNP. Untuk itu Anda tentunya memerlukan bantuan dokter dalam mengatasi gangguan HNP yang Anda alami.

Dokter pun akan memberikan resep obat pada Anda agar rasa nyeri yang ditimbulkan HNP tidak kambuh lagi dan tidak mengganggu Anda. Dokter juga akan menyarankan untuk melakukanbeberapa tes medis untuk mengetahui seberapa parah luka yang terjadi. Dan juga bukan tidak mungkin bahwa dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan terapi fisik apabila terapi itu diperlukan dalam proses penyembuhan luka.

6. Genetika

Genetika berhubungan dengan faktor keturunan. HNP bisa saja terjadi karena faktor keturunan atau genetika. Sebab faktor keturunan bisa saja memunculkan kecenderungan untuk menimbulkan HNP pada Anda. Jika orang tua atau nenek kakek Anda pernah mengalami ganggun HNP maka bisa saja Anda akan mengalami gangguan HNP juga.

Riwayat HNP ini bisa terjadi secara turun-menurun dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga lainnya. Anda pun boleh saja berharap untuk tidak mengalami HNP. Salah satunya adalah dengan cara memiliki pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dimaksud disini antara lain mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta olahraga syaraf kejepit secara rutin.

Penyebab HNP yang telah dijabarkan di atas tentunya diharapkan dapat membuat Anda menjadi semakin waspada dan selalu berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Anda pun diharapkan dapat selalu menjaga pola hidup sehat agar Anda dapat terhindar dari gangguan atau cedera HNP. Jika terlanjur mengalami HNP maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter spesialis saraf.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf