Sponsors Link

Penyebab Gegar Otak Kenali Gejala dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gegar otak adalah suatu kondisi cedera pada kepala yang bersifat sementara. Akibat cedera ini akan menghambat pada kinerja otak secara langsung. Umumnya gegar otak akan membuat kepala penderita mengalami memar, pembuluh dara pecah dan juga kerusakan pada saraf. Karena bersifat sementara artinya gegar otak bisa disembuhkan dengan beberapa pengobatan dan juga istirahat. Namun kondisinya bisa lebih parah jika tidak diatasi. Menurut jangka waktunya gegar otak dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu gegar otak ringan, sedang dan juga berat.

ads

Berikut adalah penyebab seseorang bisa terkena gegar otak:

  • Benturan keras akibat olahraga berbahaya

Pada dasarnya gegar otak akan melibatkan adanya benturan di kepala karena beberapa hal salah satunya karena aktivitas fisik seperti berolahraga yang cukup beresiko. Olahraga yang biasa saja beresiko seperti main bola, hoki , rugby, tinju dan banyak lagi. Kecelakaan saat berolahraga dan menyerang pada bagian kepala apalagi dalam benturan yang sangat keras akan membuat seseorang mengalami gegar otak.

  • Kecelakaan berkendara

Banyak sekali orang yang mengalami gegar otak karena berkendara. Ini disebabkan karena benturan keras saat berkendara. Benturan akan menyebabkan rusak pada otak sehingga akan mengakibatkan adanya perubahan fungsi otak untuk sementara waktu.

Otak adalah sebuah organ yang sangat lunak dan juga mempunyai tingkat kepadatan hampir mirip dengan gelatin. Sebenarnya otak terlindungi oleh cairan yang dinamakan serebrospinal yang akan mengelilingi tengkorak. Namun karena ada pukulan keras secara tiba-tiba maka kepala dan juga leher akan melukai otak walaupun terdapat pelindung yang sangat kuat. Otak akan terguncang dan bagian dinding tengkorak akan mencederai otak sehingga menurunkan fungsi otak untuk sementara waktu.

Gejala

Anda bisa melihat seseorang mendapatkan gegar otak berdasarkan beberapa gejala, seperti:

  1. Tidak sadarkan diri untuk sementara waktu

Saat orang mengalami kecelakaan baik karena olahraga atau saat berkendara dan mereka mendapatkan benturan cukup keras pada kepalanya maka itu akan mempengaruhi pada otaknya dan mereka akan tidak sadarkan diri karena otak merasa terkejut akibat benturan.

  1. Hilang memori jangka pendek

Mereka juga akan mengalami kehilangan memori jangka pendeknya. Biasanya memori yang akan hilang adalah kejadian sebelum kecelakaan terjadi. Sehingga akan sangat sulit untuk mendapatkan informasi saat mereka dalam keadaan tidak bisa mengingat apapun.

  1. Nyeri pada kepala

Selanjutnya karena benturan pada kepala mereka juga akan merasakan nyeri pada kepala baik dalam waktu lama atau dalam waktu sebentar. Namun biasanya gejala ini akan terus muncul hingga gegar otak benar-benar dinyatakan sembuh. Biasanya dokter akan memberikan obat khusus untuk mengurangi rasa nyeri pada kepala.\

Sponsors Link

  1. Merasa bingung

Karena akan berhubungan langsung dengan otak dan juga ingatan jangka pendeknya, pasca mengalami kecelakaan mereka akan mulai kebingungan. Bingung bisa diakibatkan mereka tidak tahu apa yang sedang terjadi sebenarnya.

  1. Gangguan keseimbangan

Pasca kecelakaan tubuh mereka akan mulai melemas, ini akibat dari guncangan kecelakaan yang berpengaruh pada seluruh anggota tubuh. Mereka tidak dapat mengontrol dirinya sendiri hingga tidak bisa berdiri dan juga hilang keseimbangan.

  1. Sangat sulit untuk berkonsentrasi

Tentu saja ini adalah hal yang sangat pasti. Karena benturan akan mempengaruhi pada fungsi otak, sehingga penderita tidak dapat berkonsentrasi untuk sementara waktu. Sebaiknya juga mereka yang sedang mengalami gegar otak memang dilarang untuk berkonsentrasi dulu sebelum mengalami kondisi otak yang sudah pulih kembali.

  1. Merasa mual dan ingin muntah

Penderita juga akan merasakan nyeri pada perut dan mual serta ingin muntah. Ini juga secara langsung dipengaruhi oleh kerja otak.

Lalu kapan penderita gegar otak benar-benar harus memeriksakan dirinya ke dokter? Ada beberapa kondisi yang memang dinilai sudah semakin parah dan juga tidak bisa diatasi kecuali dengan penangan medis, berapa kondisi tersebut adalah:

  1. Penderita gegar otak tidak sadarkan diri

Pingsan adalah hal yang biasa pasca terjadi kecelakaan. Namun biasanya pingsan ini akan berlangsung dalam waktu sebentar. Tapi jika ternyata penderita mengalami kondisi tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama bahkan misalnya dalam waktu 1-2 jam masih tidak sadar, orang disekitar nya harus membawanya ke UGD karena bisa saja ini adalah kondisi sangat parah dan benturan sudah membahayakan otak.

  1. Epilepsi

Ada beberapa orang pasca gegar otak ternyata mengalami kondisi kejang atau epilepsy. Hal ini tentu saja akan cukup membahayakan dan medis harus ikut campur agar bisa segera mengetahui apa sebenarnya penyebab dan bagaimana mengatasi agar tidak semakin parah.

  1. Gerakan mata tak normal

Anda juga harus sangat berhati-hati jika tiba-tiba orang yang menderita gegar otak disekitar Anda mengalami gerakan mata yang tidak normal atau seperti ada perbedaan ukuran pupil. Ini bisa menandakan kerusakan otak sudah menyerang pada hal-hal vital dalam tubuh dan sudah sangat membahayakan sekali.

  1. Muntah berkelanjutan

Muntah memanglah gejala yang biasa dialami oleh penderita gegar otak. Namun jika muntah berkelanjutan dan tidak kunjung berhenti sebaiknya penderita segera berkonsultasi pada dokter. Karena bisa saja, ada organ pada bagian perut ternyata mengalami gangguan akibat benturan keras karena kecelakaan sebelumnya.

  1. Keluar darah pada hidung dan telinga

Tentu saja ini adalah kondisi yang sangat tidak wajar. Karena biasanya keluar darah pada hidung dan telinga akan diikuti dengan rasa sakit pada kepala. Ini juga adalah kondisi yang benar-benar harus mendapatkan pertolongan medis dengan segera.

ads

Pemulihan Gegar Otak Di Rumah

Gegar otak sangat mungkin untuk sembuh karena masuk dalam kategori cedera yang sangat ringan. Untuk itu hal yang mesti dilakukan oleh penderita agar segera pulih adalah dengan beristirahan dan juga menghindari segala aktivitas mental dan juga fisik. Otak tentu saja akan membutuhkan banyak sekali istirahat pasca mengalami trauma, sehingga harus mendapatkan pemulihan dengan baik. Untuk waktu istirahatnya tentu akan bergantu pada seberapa parah kondisi cedera tersebut. Jika memang ringan, dalam waktu seminggu juga penderita sudah bisa beraktivitas kembali. Namun jika memang kondisinya cuku parah mereka bisa saja harus beristirahat dalam waktu lama. Penderita juga sebaiknya dilarang dulu untuk menggunakan gadget atau menonton tv.

Tentu saja proses pemulihan akan semakin cepat jika penderita benar-benar beristirahat pasca gegar otak. Tidur adalah salah satu cara ampuh agar otak segera sembuh sehingga Anda harus mendorong penderita untuk tidur dalam waktu lama, namun jangan lupa untuk membangunkan 3 jam sekali agar bisa memastikan apakah kondisinya baik-baik saja atau tidak. Anda bisa memastikan apakah ada perubahan perilaku yang cukup parah atau tidak.

Obat Herbal Untuk Gegar Otak

Untuk membantu penyembuhan penderita gegar otak bisa menggunakan ramuan herbal yang diracik sendiri. Anda tinggal menyiapkan ubi binahong, daun binahong, daun binahong dan juga temulawak. Anda bisa membuat rambuan dari kombinasi obat-obatan ini. Caranya adalah dengan menyiapkan masing-masing bahan dengan takaran yang sama. Kemudian Anda bisa cuci semua bahan sampai bersih lalu rebus menjadi satu dengan 3 gelas air. Jika sudah mendidih tunggulah beberapa menit hingga air menjadi dingin, lalu menyaring ampasnya, kemudian Anda bisa meminum airnya sehari minimal 1-2 gelas.

Anjuran Makan Untuk Penderita Gegar Otak

Karena penderita gegar otak sedang mengalami kondisi otak yang tidak sehat. Sehingga mereka juga harus mengkonsumsi makanan yang akan memberikan nutrisi tambahan pada otak. Bebarapa makanan tersebut seperti.

  1. Susu

Susu adalah minuman yang cukup banyak memiliki kandungan kalsium, potassium, magnesium dan juga vitamin B6 dan B 12 yang merupakan nutrisi sangat dibutuhkan untuk otak. Penderita gegar otak bisa mengkonsumsi susu selama ia sedang masa pengobatan dan juga pemulihan pasca gegar otak.

  1. Bayam

Untuk meningkatkan kemampuan otak Anda juga coba konsumsi bayam yang memiliki kandungan magnesium serta kalsium yang bisa meningkatkan kemampuan otak apalagi yang berhubungan dengan memori dan juga daya ingat.

  1. Labu

Selanjutnya makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita gegar otak dan bisa menjadi obat adalah buah labuh. Buah ini sangatlah terkenal karena manfaatnya yang bisa mengontrol kadar gula darah yang rendah pada tubuh dan meningkatkan kesehatan otak karena kandungan B12 yang bisa mengatasi kerusakan saraf pada otak.

  1. Kentang

Kentang adalah makanan yang baik juga untuk mengembalikan lagi fungsi otak menjadi baik. Kandungan serat dan juga kandungan lain didalamnya bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak.

Sponsors Link

Apakah boleh menggunakan obat penghilang rasa sakit?

Pada umumnya pasca gegar otak dokter tidak akan memberikan obat khusus namun akan memberikan banyak pantangan untuk memperbaiki keadaan otak menjadi sedia kala. Namun biasanya jika penderita masih merasakan sakit kepala, ia akan diberikan beberapa obat analgesic yang bisa meringankan rasa nyeri pada bagian kepala. Namun tentu saja ini tidak boleh dikonsumsi terlalu sering, hanya pada kepala benar-benar terasa sakit saja

Penangan Gegar Otak Secara Medis

Pengobatan gegar otak biasanya akan bergantung pada seberapa parah gejala yang akan muncul pada penderita. Mungkin saja harus melakukan pembedahan berdasarkan prosuder medis jika memang sudah terbukti adanya pendarahan, pembengkakan dan juga cedera yang sangat serius. Namun biasanya pada sebagian besar kasus tidak harus sampai melakukan prosedur medis dan hanya harus mendapatkan perawatan khusus saja. Pada 24 jam pertama pasca mengalami cedera kemungkinan dokter akan meminta penderita untuk membangunkan pasien tiap 2-3 jam. Dokter juga tentu saja akan meminta pasien untuk istirahat banyak serta menghindari aktivitas yang sangat berat dan beresiko seperti mengemudi, bersepeda untuk beberapa waktu tergantung pada seberapa parah keadaan nya. Selain itu sebaiknya Anda juga tidak mengkonsumsi alkohol, karena alkohol akan memperlambat proses pemulihan nya.

Itulah penyebab gegar otak dan juga informasi tambahan mengenai cedera otak ringan atau gegar otak. Ada beberapa penanganan khusus yang bisa penderita bisa lakukan dirumah dan juga sudah disampaikan dalam artikel ini. Selalu lindungan kepala Anda dengan menggunakan pelindung seperti helm saat sedang berkendara atau melakukan aktivitas yang memang cukup berbahaya. Hal ini akan membantu untuk mengurangi resiko benturan pada kepala yang menyebabkan kerusakan parah.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gegar Otak