Sponsors Link

15 Penyebab Amnesia yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Penyebab amnesia atau gangguan berupa hilangnya ingatan perlu diketahui lebih lanjut agar dapat dicegah. Karena jika tidak maka dapat berakibat yang kurang baik. Adapun berikut ini kami beberapa uraian mengenai berbagai faktor penyebab amnesia pada seseorang yang seringkali dialami.

ads

1. Cedera Kepala

Faktor ini merupakan hal yang paling sering menyebabkan terjadinya amnesia pada seseorang. Jika cedera kepala yang terjadi cukup serius maka kepala bisa saja menjadi gegar otak. Gegar otak ringan dapat menyebabkan hilangnya ingatan pada seseorang baik secara sementara maupun secara permanen.

Cedera kepala umumnya terjadi karena adanya kecelakaan yang menyebabkan kepala menjadi terbentur benda keras hingga menyebabkan terjadinya amnesia atau hilang ingatan.

2. Stroke

Pada saat seseorang terserang gejala awal stroke maka pasokan darah yang menuju ke otak menjadi terhambat. Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah pecah atau tersumbat sehingga hal ini bisa berdampak buruk bagi ingatan penderitanya.

Stroke sendiri sebenarnya merupakan suatu gangguan kesehatan yang cukup serius dan berbahaya bahkan bisa menyebabkan cacat serta kematian. Oleh karena itu penyakit stroke perlu ditangani sesegera mungkin agar tidak menimbulkan komplikasi.

3. Perubahan Hormon

Beberapa jenis hormon tertentu yang mengalami perubahan bisa saja menyebabkan hilangnya memori pada seseorang. Misalnya saja hormon kortikosteroid yang cukup tinggi dalam tubuh seseorang akan menyebabkan terjadinya penurunan memori.

Selain itu wanita yang mengalami menopause juga beresiko kehilangan memori sebab hormon estrogen di dalam tubuhnya menjadi lebih rendah. Tentu saja kondisi ini memerlukan penanganan lebih lanjut agar memori daya ingat tidak sampai mengalami penurunan fungsi.

4. Obat

Setiap obat tentu saja mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping masing-masing. Beberapa jenis obat memang diperlukan untuk menyembuhkan suatu penyakit yang bersifat kronis. Namun sayangnya pemakaian obat dalam jangka waktu yang cukup panjang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Dampak buruk tersebut salah satunya terhadap kesehatan otak serta keseluruhan tubuh. Salah satu contoh obat yang berdampak pada kesehatan otak adalah obat penenang.

5. Alkohol

Umumnya alkohol banyak dikonsumsi dalam bentuk minuman keras. Beberapa orang tidak sadar bahwa konsumsi alkohol atau minuman keras berdampak buruk tidak hanya bagi kesehatan saja tetapi juga bagi seluruh aspek kehidupan.

Adapun konsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat memicu terjadinya kerusakan otak yang pada akhirnya akan mengakibatkan timbulnya macam-macam amnesia. Maka sebaiknya hindarilah berbagai macam minuman keras yang dapat merusak Anda.

Sponsors Link

6. Diet Tak Sehat

Saat ini kian banyak orang yang melakukan program diet demi mendapatkan ukuran tubuh yang ideal. Sayangnya beberapa orang cenderung menjalani program diet yang salah sehingga diet tersebut dianggap tidak sehat. Diet yang salah justru akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan vitamin B1.

Kondisi ini tentunya berbahaya baik bagi tubuh maupun bagi otak. Kekurangan asupan vitamin B1 pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya penyebab amnesia.

7. Ensefalitis

Yang dimaksud dengan ensefalitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan otak baik sebagian maupun seluruhnya. Banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab dari timbulnya peradangan tersebut misalnya infeksi meningitis.

Peradangan pada jaringan otak ini tentu saja pada akhirnya akan mengakibatkan kerusakan pada otak hingga penderitanya mengalami amnesia. Ensefalitis sebenarnya merupakan suatu kondisi yang cukup berbahaya dan perlu mendapatkan penanganan sesegera mungkin sebelum seseorang mengalami komplikasi.

8. Trauma 

Ada dua jenis trauma yaitu fisik dan psikis. Trauma fisik terjadi misalnya saja karena adanya benturan keras di kepala. Sedangkan trauma psikis atau psikologis cenderung mengacu kepada kejiwaan dan mental seseorang setelah mengalami suatu kejadian yang membuatnya menjadi sangat terkejut atau sangat takut.

Trauma psikis ini membuat seseorang ingin melupakan kejadian buruk yang telah menimpanya. Hal ini banyak terjadi terutama pada korban kejahatan seksual. 

ads

9. Alzheimer

Pada dasarnya penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang serius dan perlu ditangani. Beberapa gejala yang menunjukkan adanya gejala awal Alzheimer antara lain sulit bicara, daya pikir menjadi semakin lambat, serta daya ingat menurun.

Penderita Alzheimer umumnya juga akan mengalami perubahan perilaku dan hal ini terjadi sebagai dampak dari adanya gangguan pada otak penderita. Penyakit Alzheimer perlu disembuhkan agar penderitanya bebas dari ancaman amnesia.

10. Tindakan Medis

Untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kronis tertentu terkadang dibutuhkan suatu tindakan medis. Namun sayangnya beberapa tindakan medis yang dilakukan secara berulang kali secara lambat laun akan merusak memori sehingga kinerja otak mengalami penurunan.

Beberapa tindakan medis tersebut antara lain kemoterapi, radiasi, operasi otak, serta transplantasi sumsum tulang belakang. Untuk menjalani tindakan medis tersebur Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar efek samping dapat diminimalkan.

11. Infeksi

Penyakit berupa infeksi dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti misalnya bakteri, virus, parasit, dan patogen lainnya. Jika penyebab infeksi itu sampai pada otak maka otak akan mengalami kerusakan sehingga lama-kelamaan memori pada penderita infeksi akan semakin menurun dan bahkan hilang.

Dalam hal ini infeksi yang disebabkan oleh bakteri dianggap paling berbahaya hingga membutuhkan pengobatan berupa antibiotik agar bakteri tidak dapat berkembang dan bahkan mati.

12. Tumor

Penyakit tumor pada dasarnya merupakan penyakit yang berbahaya karena tumor tersebut dapat berubah menjadi kanker. Tumor dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja. Tumor yang jinak tentunya tidak berbahaya namun tetap saja akan mengganggu penderitanya.

Sedangkan tumor ganas yang bisa berubah menjadi kanker harus segera diatasi agar tidak sampai mengancam keselamatan jiwa penderitanya. Tumor yang tumbuh di daerah otak dapat mengakibatkan munculnya amnesia.

13. Anoxia

Kondisi anoxia terjadi saat seseorang mengalami kekurangan oksigen di otaknya. Kondisi ini bisa saja disebabkan oleh berbagai hal misalnya seperti keracunan karbon monoksida atau karena serangan jantung yang cenderung mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan saat bernapas.

Anoxia cenderung menyebabkan otak mengalami penurunan fungsi sehingga otak tidak dapat bekerja secara maksimal. Anoxia pada akhirnya menyebabkan penderitanya mengalami amnesia.

14. Kejang-kejang

Peristiwa kejang yang dialami oleh seseorang dan berlangsung secara terus-menerus akan mengakibatkan munculnya kerusakan otak pada orang tersebut. Salah satu peristiwa kejang yang cukup membahayakan adalah pada kasus penyakit epilepsi yang seringkali kambuh.

Kejang akan membuat saraf menjadi tegang dan lama-kelamaan hal ini akan membuat otak menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik lagi hingga terjadi amnesia.

15. Faktor Keturunan

Gangguan amnesia bisa saja dialami oleh orang yang memiliki riwayat keluarga amnesia. Dalam hal ini amnesia cenderung terjadi karena adanya faktor genetik yang diwariskan secara turun-temurun. Penderita amnesia sebaiknya menjalani terapi agar gangguan yang dialaminya tersebut dapat diminimalkan.

Penyebab amnesia tersebut di atas tentunya dapat dihindari agar tidak sampai terjadi pada Anda. Untuk itu penting  agar selalu berhati-hati dalam menjalankan setiap aktivitas. Sehingga resiko gejala amnesia dapat dihindari dan tidak perlu terjadi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia