Sponsors Link

5 Penyebab Alzheimer Pada Usia Muda Kenali Juga Ciri Cirinya

Sponsors Link

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang identic dengan orang usia muda, karena penyakit ini berhubungan dengan kemampuan otak dan kondisi otak yang semakin menyusut. Sehingga akibatnya banyak sekali hal yang tidak bisa dilakukan dan diingat karena kondisi kemampuan otaknya semakin menurun. Namun, saat ini Alzheimer tidak hanya didetia oleh orang tua saja. Mereka yang berusia mudah juga cenderung bisa mendapatkan Alzheimer.

ads

Penyebab Alzheimer

Berikut adalah beberapa penyebab alzheimer pada usia muda yang perlu kalian ketahui:

  1. Adanya plak dibagian otak

Penyakit Alzheimer pada usia mudah bisa diakibatkan karena adanya gumpalan protein bernama beta amployid. Gumpalan protein ini dapat menjadi penghambat sel-sel dalam otak melakukan komunikasi dengan baik. Sehingga otak akan mulai mengalami adanya ganggua sampai kehilangan ingatannya sedikit demi sedikit.

  1. Disebabkan karena faktor keturunan

Walaupun belum banyak sekali penelitian yang dpat membuktikan bahwa penyakit Alzheimer adalah karena faktor keturunan. Namun tidak sedikit juga ereka yang mendapatkan Alzheimer diusia muda disebabkan karena adanya faktor keturunan dari orang tuanya sendiri.

  1. Mempunyai gangguan kognitif

Bagi mereka yang memiliki gangguan kognitif ringan juga bisa beresiko untuk terkena Alzheimer. Bagi mereka yang sejak muda memang mempunyai gangguan pada ingatannya dengan ringan atau gangguan kognitif yang ringan juga akan mengakami Alzheimer disebabkan karena hilang sebagian memori dengan cara bertahap seiring berjalannya waktu.

  1. Memiki gaya hidup yang sangat buruk

Resiko terserang Alzheimer diusia muda juga dapat disebabkan karena mempunyai gaya hidup yang sangat buruk yang menyebabkan semakin berkurangnya tingka kesehartan pada seseorang. Hal ini sangat berkaitan juga dengan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Semakin baik asupan maka akan semakin baik juga kondisi tubuhnya. Namun, semakin buruk asupan maka akan semakin buruk kondisi tubuh yang akan berpengaruh pada kemampuan otak.

  1. Terjadi cedera pada bagian kepala

Bagi seseorang pernah mengalami kecerlakaan sehingga menyebabkan adanya cedera pada bagian kepala bisa saja menjadi faktor resiko terkena Alzheimer yang cukup parah. Sebab cerera parah pada bagian kepala akan mengakibatkan adanya resiko kerusakan pada bagian struktur otak sampai terserang penyakit Alzheimer.

Ciri-ciri Azheimer pada Usia Muda

Berikut adalah ciri ciri yang mudah diketahui ketika mengidap alzheimer sejak usia muda:

Sponsors Link

  1. Mengalami penurunan daya ingat dengan bertahap

Untuk gejala awal yang sering terjadi pada penderita Alzheimer adalah adanya penurunan daya ingat. Penurunan daya ingat ini akan berlangsung secara bertahap sampai ingatannya benar-benar menghilang. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menandai Anda sedang mengalami penuran ingatan.

  • Penderita akan mudah melupakan janji yang pernah ia buat. Penderita juga akan sering mupakan apa yang telah ia katakana atau ucapkan sebelumnya.
  • Penderita akan mulai meletakan beberapa benda di tempat yang tidak seharusnya. Biasanya juga para penderita Alzheimer dapat mengalami lupa dimana seharusnya ia meletakan suatu benda. Kadang-kadang ia dapat meletakan ditempat yang tidak seharusnya
  • Jika kondisi penderita sudah semakin parah, mereka bisa juga melupakan orang-orang yang ada disekitarnya. Baik teman dekat, adik, kaka bahkan orang tuanya sendiri. Bahkan mereka juga dapat melupakan nama-nama benda yang biasa digunakan.
  1. Mereka akan mulai mengalami permasalahan saat sedang memikirkan sesuatu yang abstrak

Penderita Alzheimer pada usia muda juga akan mulai mengalami kesulitan untuk berpikir mengneaik hal-hal yang tidak bisa dipahami. Penderita akan mulai kebingungan sampai kepala mereka akan mudah merasa sakit apabila dipaksa memikirkan hal-hal yang bersifat abstrak tersebut.

  1. Mulai tidak bisa melakukan hal yang biasa atau rutin dilakukan

Selanjutnya adalah enderita alzheimer dengan usia muda juga lambat laun akan mulai kesulitan untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang sebelumnya menjadi rutinitas yang ia lakukan. Kebiasaan-kebiasaan seperti melakukan aktivitas memasak atau mencuci baju juga akan terlupakan oleh mereka. Bahkan pada kondisi yang semakin parah, penderita alzheimer bisa saja melupakan hal-hal yang biasanya dan bersifat sangat mendasar seperti makan, minum, mandi, dan yang lainnya

  1. Mulai kesulitan dalam berbicara

Penderita alzheimer pada tahapan yang lebih parah juga akan mengalami kesulitan mengungkapkan beberapa kata-kata saat akan berbicara. Secara konsep mereka biasanya mengetahui apa yang akan mereka katakan namun mereka kerap kali lupa kata apa yang sebenarnya harus mereka ucapkan. Hingga pada akhirnya, mereka benar-benar mengalami kesulitan. Hal yang dialami penderita alzheimer ini akan mempengaruhi pada kemampuannya membaca serta menulis. Kemampuan membaca dan menulisnya juga akan semakinberkurang bahkan akan semakin dilupakan.

  1. Mulai mengalami gejala disorientasi

Kemudian merekan juga akan mengalami masalah disorientasi. Biasanya dapat terjadi ketika mereka melupakan tanggal, hari dan jam. Mereka juga akan mulai merasa seperti terasingkan dan hilang di lingkungan sosialnya yang sebenarnya itu merupakan lingkungan mereka sendiri.

  1. Mulai tidak bisa melakukan penilaian pada sesuatu

Penderita alzheimer juga akan mengalami tingkat kesulitan saat akan menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Beberapa hal yang dilakukan oleh seseorang tentunya harus dilakukan atas dasar berbagai pertimbangan juga penilaian. Sehingga Akan diperoleh suatu keputusan. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh mereka yang menderita alzheimer. Penderita alzheimer akan mengalami kesulitan saat akan beraktifitas, apalagi saat akan melakukan kegiatan yang mengharuskan mereka untuk pengambilan keputusan, pertimbangan, dan juga penilaian.

Sponsors Link

  1. Kepribadian dan emosinya mulai tidak bisa dikontrol

Secara perlahan kepribadian mereka juga mulai mengalami perbuhan dan emosi mereka mulai tidak dapat diatasi, seperti:

  • Tiba-tiba mengalami perubahan suasana hati
  • Mudah memberikan kesan buruk pada orang lain bahkan orang terdekat
  • Mereka akan mulai menjadi seseorang yang sangat sangat keras kepala
  • Mereka akan muda merasa deresi, agresifa dan gelisah. Rasa emosional yang dialami oleh penderita Alzheimer juga akan semakin sensitive namun bisa tiba-tiba berubah tanpa adanya penyebab yang jelas.

Cara Mencegah Alzheimer

Berikut adalah cara agar terhindar dari resiko terkenan Alzheimer diusia muda:

  1. Hindari gaya hidur yang buruk seperti mengkonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan, mengkonsumsi alkohol, bahkan mengkonsumsi obat-obatan terlarang
  2. Rajin-rajinlah membaca buku agar kemampuan otak bisa terus terjaga dengan baik
  3. Kembangkan cara berpikir dengan melakukan hal yang dapat membuat otak bekerja
  4. Melakukan permainan strategi dengan rutin juga dapat membuat kemampuan berpikir semakin baik
  5. Kurangilah asupan gula
  6. Jagalah kebersihan gigi, sebab mulut adalah awal kemunculan sebuah penyakit
  7. Rajin-rajinlah berolahraga fisik dan olahraga otak agar kondisi kesehatan semakin terjaga
  8. Minimalisir kecelakaan yang akan menyebabkan otak cedera atau terluka

Penyebab Alzheimer pada usia mudah bisa Anda atasi jika beberapa hal diatas dapat dijalani dengan baik. Tingkatkat kemampuan otak Anda sedini mungkin agar dikemudian hari Anda dapat terhindari dari resiko terserang penyakit Alzheimer. Jangan lupa untuk terus melakukan pola hidup yang sehat hingga tua agar tidak ada penyakit lainnya yang menimpa.

, , ,
Oleh :
Kategori : Alzheimer