Sponsors Link

5 Pengobatan Saraf Mata Lemah Paling Efektif dan Ampuh

Sponsors Link

Pengobatan saraf mata lemah seharusnya dilakukan sedini mungkin untuk menghindari gangguan yang lebih besar pada mata. Mata merupakan salah satu panca indra kita yang penting. Jika mata mengalami gangguan, maka penglihatan kita akan juga terganggu. Untuk itu penyakit atau sakit di bagian mata lebih baik diperhatikan dan tidak boleh diremehkan.

ads

Gangguan saraf mata merupakan gangguan photoreceptor yang kecil pada bagian retina yang berada di permukaan bagian belakang mata. Gangguan terhadap saraf photoreceptor bisa menyebabkan terganggunya penerimaan gelombang cahaya tertentu sehingga menyebabkan terganggunya sinyal menuju otak.

Baik untuk kita ketahui bahwa saraf merupakan serat-serat yang menghubungkan setiap organ tubuh manusia dengan sistem saraf pusat yang kita kenal sebagai otak dan sumsum tulang belakang. Saraf membawa impuls ke pusat saraf atau otak untuk proses oleh otak yang kemudian direspon kembali dengan cara mengirimkan impuls dari otak ke bagian motorik tubuh.

Sistem kerja ini juga berlaku pada mata dimana retina menerima gelombang cahaya dan dikirimkan ke otak sebagai pusat saraf untuk merespon apa yang telah dialami oleh mata. Terlambatnya atau kurang mampunya saraf mata mengirim impuls ke otak, reaksi akibat kerusakan saraf motorik pada mata atau bagian lain akan terlambat juga. Jika ingin tahu bagaimana pengobatan saraf mata lemah yang efektif, sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

1. Pemenuhan Gizi Saat Mengandung

Faktor keturunan merupakan penyebab saraf mata lemah yang bisa dideteksi dari awal jika salah satu ayah dan ibu atau saudara mempunyai gangguan yang sama. Jika saudara, ayah, dan ibu tidak mempunyai gangguan saraf mata lemah, akan sulit untuk mendeteksi gangguan saraf mata lemah sejak dini. Faktor keturunan dari gangguan saraf mata lemah bisa saja muncul saat keturunan ke 2 atau ketiga.

Faktor penyebab saraf mata lemah bisa berasal dari kelainan mata terjadi saat masih di kandungan ataupun pertumbuhan anak. Perlunya pemenuhan nutrisi yang lengkap dan bagus dari masa kandungan dan masa pertumbuhan dapat menghindari terjadinya kelainan seperti macam-macam penyakit saraf. Saat ibu hamil tidak memperhatikan pemenuhan gizi untuk diri dan janin, maka pertumbuhan janin ke arah kondisi normal bisa jadi terganggu dan satu atau beberapa saraf pada tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Hal ini juga bisa terjadi pada anak pada saat pertumbuhan. Vitamin untuk menjaga perkembangan saraf mata lebih baik dipenuhi dan diperhatikan. Ada kalanya anak membutuhkan vitamin dan zat-zat lain bagi mata, jika tidak terpenuhi, maka kelainan saraf mata lemah akan semakin terus bertambah dan mengakibatkan gangguan tersebut secara permanen.

2. Operasi Mata

Pengobatan saraf mata lemah bisa disembuhkan dengan cara operasi mata atau bisa disebut dengan operasi lasik atau dengan cara terapi dan obat. Operasi mata dikenal cukup mahal dan beresiko. Operasi pada mata harus dilakukan dengan persetujuan dokter spesialis mata.

Untuk melakukan operasi mata, kondisi tubuh diharuskan dalam kondisi fit dan sehat, tidak boleh menderita penyakit flu atau penyakit lain yang mempunyai kemungkinan memicu kondisi lebih buruk di pasca operasi. Operasi mata juga tidak bisa dilakukan di sembarang rumah sakit. Hanya rumah sakit tertentu yang mempunyai peralatan operasi mata lah yang bisa melayani operasi mata.

Harga dari operasi mata sampai saat ini masih di atas 10 juta rupiah untuk satu buah mata, jadi bisa dibayangkan jika operasi dilakukan 2 mata sekaligus. Harga ini diambil dari beberapa rumah sakit terkenal di Jakarta. Jika operasi mata berhasil, maka dimungkinkan mata akan bekerja secara normal kembali.

Sponsors Link

3. Menggunakan Obat-Obatan

Pengobatan dengan obat mata bisa jadi mengurangi lemahnya saraf mata, akan tetapi tidak bisa berlangsung secara instan atau cepat, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan kondisi mata seperti semula. Hal ini harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Adapun sebaiknya hal ini dilakukan sejak awal diketahui gejalanya.

Gejala saraf mata lemah bisa dilihat atau dideteksi dengan memperhatikan gangguan-gangguan yang dialami penderita. Lemahnya otot mata merupakan salah satu gejala akibat kerusakan saraf tepi pada mata. Otot mata yang lemah menyebabkan mata kurang bereaksi dengan datangnya cahaya yang masuk ke dalam retina.

Jika dipaksakan untuk melakukan kegiatan normal di luar ruangan di siang hari, lemahnya otot mata bisa bereaksi secara beruntun berupa pusing kepala. Melalui pemberian obat yang tepat maka ini semua dapat dihindari. Terutama efek yang mungkin timbul jika pengobatan dilakukan terlambat dan tidak dilakukan dengan segera.

4. Pencegahan Dini

Pengobatan saraf mata lemah bisa dilakukan dengan cara pencegahan dini. Gaya hidup sehat seperti makan makanan yang sehat, dan tidak merokok bisa menghindarkan diri dari gangguan saraf mata lemah. Perlu diketahui bahwa penyakit-penyakit yang kerap terjadi pada individu seperti diabetes bisa menyebabkan komplikasi terhadap kondisi mata.

Proses terganggunya saraf mata juga bisa menyebabkan penglihatan penderita saraf mata lemah menjadi kabur jika digunakan untuk melihat objek dari jarak jauh atau membutuhkan kinerja keras dari mata untuk menerima objek tersebut. Mata akan lebih membutuhkan kinerja otot dan saraf dalam menerima obyek bergerak.

Dengan bertambahnya usia, sistem metabolism tubuh semakin menurun dan melalui makanan-makanan, minuman-minuman yang dahulunya bisa dicerna dengan baik bisa menyebabkan penyakit oleh karena kurangnya daya cerna dan daya tahan tubuh. Pemenuhan gizi dan vitamin melalui makanan yang baik untuk penderita syaraf kejepit harus tetap diperhatikan setiap masa. Sehingga mekanisme daya kerja mata dapat dipulihkan.

Sponsors Link

5. Gaya Hidup Sehat

Penyebab eksternal dari saraf mata lemah bisa terpicu dari rokok atau pun makanan yang menyebabkan penyakit komplikasi. Aktifitas yang kurang bagus juga bisa menjadi penyebab saraf mata lemah. Membiasakan diri membaca dengan cara yang buruk, aktivitas yang lama di depan computer, ataupun tidak menyediakan waktu yang cukup terhadap mata seperti begadang membuat mata bekerja dengan porsi yang sangat berat.

Pemaksaan otot mata menyebabkan kinerja saraf mata ke pusat saraf akan berlebihan dan menyebabkan pusing. Penglihatan ganda bisa menjadi gejala dari saraf mata lemah. Penerimaan gelombang cahaya dari photoreceptor yang tidak sempurna menyebabkan retina melakukan kesalahan dalam menerima cahaya dan meneruskan ke saraf pusat, otak.

Dengan demikian, otak sebagai pusat saraf yang mengolah hasil impuls dari retina akan salah juga dalam mengolah impuls yang diberikan oleh mata. Tidak hanya penglihatan ganda, penglihatan kabur juga bisa menjadi gejala dari saraf mata lemah. Oleh sebab itu hindari membaca berlebihan atau menonton televisi terlalu dekat, supaya saraf mata dapat diobati lebih maksimal.

Itulah beberapa cara pengobatan saraf mata lemah yang bisa dilakukan. Pada masa kecil, masa pertumbuhan, gizi dan vitamin dibutuhkan untuk perkembangan tubuh, di masa tua, pemenuhan vitamin dan gizi diperlukan untuk mempertahankan fungsi tubuh, salah satunya fungsi mata untuk melihat dan menangkap cahaya. Dengan gizi yang memadai seperti makanan sehat untuk penderita stroke dan cara pengobatan yang baik, maka penderita kondisi tersebut dapat dipulihkan.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan