Sponsors Link

Pendarahan Otak Akibat Darah Tinggi Kenali Gejala dan Pencegahannya

Sponsors Link

Otak adalah sebuah orang vital yang ada pada tubuh manusia karena di dalam otak terdapat banyak sekali pembuluh darah dan juga syaraf yang akan menaungi saraf indera yang terhung pada manusi. Otak juga tersusun dari berjuta neuron sehingga apabila neuron saja tidak bisa berfungsi maka otak tidak dapat menjalankan kemampuannya dengan baik.

ads

Sedangkan pembuluh darah pada otak memiliki manfaat untuk bisa mengirimkan pasokan oksigen menuju oksigen dan juga nutrisi yang akan menuju otak. Yang sangat mengejutkan adalah apabilah ternyata pembuluh darah yang ada pada tubuh manusia kemudian ditarik makan panjangnya bisa hingga 96.000 km. Ada beberapa kondisi permasalahan yang pada akhirnya akan menyebabkan pendarahan otak. Berikut adalah ulasan mengenai pendarahan otak akibat darah tinggi.

Darah Tinggi Mempengaruhi Pendarahan Otak

Pendarahan otak, apa membahayakan? Tentu saja! Anda tidak boleh menyepelekan masalah yang terjadi pada pembuluh darah yang ada pada tubuh. Karena pembuluh darah mempunyai tugas cukup berat yaitu harus mampu untuk mengangkat sebanyak 6800 liter darah setiap hari selama manusia masih dalam keadaan hidup. Pembeluh darah sangat mampu untuk mengangkut pembeluh darah bahkan hingga bermiliar-miliar liter. Namun sangat disayangkan aka nada beberapa hal yang menyebabkan keruskan pada pembuluh darah sehingga fungsinya mulai terganggu dan juga pasokan darah yang akan menuju tubuh menjadi sangat tidak lancar. Salah satunya penyebabnya adalah darah tinggi.

Bagi orang yang mempunyai riwayat tekanan darah yang tinggi ada bainya jangan pernah menyepelekan sebuah penyakit apalagi hipertensi atau darah tinggi. Karena hipertensi diduga akan mengakibatkan banyak sekali masalah kronis yaitu slah satunya stroke. Oleh sebab itu sangat penting untuk Anda bisa yang sering mengalami hipertensi pada tubuh untuk menurunkannya dan mengobatinya dengan cepat. Karena jika tidak diatasi dengan segera maka akan sangat berpotensi pada pecahnya pembuluh darah.

Mengapa pembuluh dipetensi menyebabkan stroke yang mengakibtkan pecahnya pada pembuluh darah pada seseorang. Resiko ini akan menjadi sangat besar jika penderita sudah memiliki usia yang tua apalagi jika diikuti dengan gaya hidup tak sehat seperti merokok, diabetes dan juga mengkonsumsi alkohol.

Tekanan darah yang terlalu tinggi akan mengakibatkan adanya pendarahan secara intraserebral yang bisa menimbulkan adanya kerusakan pada pembuluh arteri yang ada pada otak. Sehingga pembuluh ini nantinya jika terserang stroke lakukan yang ada pada lapisan putih. Namun biasanya bagian yang akan mengalami kerusakan parah adalah ganglia basal yaitu bagian otak lain yang akan dipengaruhi oleh pendarahan akibat adanya tekanan darah tinggi yaitu pada thalamus dan juga otak kecil.

Pada beberpa kasus penderita yang mengalami pendarahan diakibatkan karena tekanan darah tinggi yang sangat besar maka akan membuat aliran darah masuk atau tumpah pada bagian ventrikel otak dan juga menyebabkan pendarahan intraventrikel yaitu kondisi yang akan memicu hidrosefalus dan juga meningkatkan kematian.

Bagaimana pendarahan pada otak bisa didiagnosa?

Saat seseorang datang ker rumah sakit dengan mengalami sebuah gejala misalnya stroke, maka dokter akan melakukan serangkaian tes secara berkala untuk bisa mencari tahu apa yang menyebabkan adanya pendarahan pada otak. Biasanya ters pertama kali yang akan dilakukan adalah untuk memindai kepala menggunakan CT Scan sehingga hal tersebut adalah cara yang tepat untuk bisa mengetahui pemicunya. Saat pendarahan sudah diketahui namun belum diketahui jelas darimana sumber pendarahannya maka akan dilakukan tes lain yaitu angogram selebral atau MRI otak. Tes ini akan membantu untuk bisa mendiagnosis suatu penyebab lain dari pendarahan seperti AVM, angiopati amiloid, hingga tumor otak.

Sponsors Link

Gejala

Sangat penting sekali untuk Anda bisa mengetahui apa saja yang menyebabkan adanya gejala pecahnya pembuluh darah pada otak agar dapat segera mengantisipasi nya:

1. Mengalami rasa nyeri yang sangat hebat pada bagian kepala

Gejala pertama yang pasti dialami oleh mereka yang mengalami pecah pembuluh darah pada otak adalah dengan mengalami atau merasakan rasa nyeri yang mendadak bahkan sangat hebat dan berkelanjutan pada bagian kepala. Yang dimaksud pada kondisi ini adalah dengan pembuluh darah yang pecah maka awalnya hanya akan merasakan rasa nyeri saja namun rasa nyeri tidak akan segera reda dan hilang bahkan lama kelamaan rasa nyeri malah akan menjadi semakin hebat sehingga hal ini perlu mendapatkan penanganan secepat mungkin.

2. Pendarahan karena stroke akan mengalami kelumpuhan secara tiba-tiba

Gejala lain yang harus sangat Anda waspadai adalah Anda merasakan kesemutan namun tidak kunjung berhenti. Kemudian rasa kesemutan lama kelamaan akan membuat wajah Anda menjad lumpuh, bahkan menjalar hingga bagian tangan dan kaki. Kelumpuhan tersebut disebabkan karena adanya kerusakan pada pembuluh darah yang ada pada otak sehingga bagian syaraf motorik nya akan sangat terganggu.

3. Panca indera juga mengalami permasalahan

Seseorang yang tiba-tiba mengalami pecah pada pembuluh darah pada otak juga akan mengalami gangguan pada panca indera nya. Gangguan yang biasanya bermasalah biasanya akan terjadi pada bagian mata karena terhubung langsung dengan syaraf otak dan juga pembuluh darah yang ada pada otak. Oleh karena itu matalah yang pertama kali bisa mendapatkan imbas saat pembuluh darah pada otak mulai pecah.

4. Mulai hilang keseimbangan

Orang yang mengalami hilang keseimbangan bisa jadi orang tersebut mempunyai masalah pada bagian otaknya. Contohnya saja pada orang penderita vertigo. Sat memiliki masalah pada bagian syaraf otak maka orang tersebut akan mulai mengalami kondisi hilang keseimbangan terutama saat sedang berjalan. Penderita akan merasakan seperti bumi sedang tergoncang padahal dirinya sendiri yang mengalami goncangan. Begitu juga dengan orang yang mengalami pecah pembuluh darah pada otak ia tidak akan bisa menyeimbangkan dirinya karena syaraf pada otak akan sangat terganggu akibat pembuluh darah yang pecah tersebut.

5. Mulai mengalami kondisi hilang kesadaran

Pada orang yang mengalami pecah pembuluh darah mereka juga akan mulai mengalami kondisi hilang kesadaran. Karena otak adalah pusat dari sistem kesadaran manusia, pusat dari sebuah konsentrasi yang akan tercipta serta pusat dari daya ingat. Jika ternyata otak mengalami permasalahan makan orang yang akan mengalami hal tersebut akan mengalami hilang kesadaran juga.

ads

6. Mengalami mual dan muntah

Mual dan muntah adalah salah satu sinyal yang telah diberikan oleh otak saat otak sedang mengalami sebuah masalah. Mual dan muntah juga akan sangat sering terjadi jika mereka mengalami masalah pecah pembuluh darah karena stroke atau geger otak. Muntah juga biasanya akan diikuti dengan rasa sakit pada bagian kepala yang sangat hebat.

Pengobatan

Pengobatan yang diakibatkan karena pendarahan otak oleh darah tinggi biasanya akan dimulai dengan membawa penderita pada unit perawatan intensif sehingga akan mendapatkan diagnosis yang sangat tepat dan juga stabil yang akan dilakukan oleh ahlilnya. Biasanya tekanan darah akan dipantau untuk mencegah adanya pendarahan lebih lanjut lagi. Kemungkinan besar juga pengobatan lain akan dibuar berdasarkan seberapa besar pendarahan yang sudah terjadi, seberapa parah gejala yang dialami dan yang ditunjukan serta pengobatan apa yang bisa dilakukan pada pasien.

Pada beberapa kasus tentu saja pendarahan harus segera mendapatkan penanganan secara medis karena akan sangat membahayakan otak. Sedangkan pada kasus lain melakukan tindakan operasi akan sangat beresiko dibandingkan dengan manfaat potensialnya. Selain itu pada kasus yang sudah parah maka pendarahan akan mengakibatkan banyak sekali kerusakan pada bagian otak yang membuah pembedahan menjadi sangat sia-sia. Kemudian bagi sebagian orang juga biasanya akan membutuhkan sebuah perawatan yang sangat tepat dengan menggunakan ventilasi mekalin, monitor IC atau seperti pemasangan selang untuk makanan baik sementara atau secara permanen.

Pencegahan

Tentu saja pecah pembuluh darah adalah hal yang membahayakan seperti sudah dijelaskan diatas apalagi jika dipicu oleh hipertensi hal tersebut akan sangat beresiko sekali bahkan akan mengarah pada kematia. Berikut adalah cara pencegahan yang dapat Anda lakukan:

  1. Berolahrga

Mengapa harus melakukan olahrga? Karena olahraga dinilai sangat bisa menyehatkan kondisi jantung. Saat kondisi jantung semakin sehat maka aliran darah akan berjalan dengan baik begitupun untuk menuju otak. Tidak aka nada penyumbatan yang akan memicu terjadi pecah pembuluh darah pada otak. Sehingga Anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga paling tidak 15 menit dalam sehari.

  1. Aturlah tekanan darah Anda

Hal selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan mencegah pembuluh darah pecah dengan cara mengatur tekanan darah yang ada pada tubuh Anda. Karena jika tidak Anda akan mengalami kondisi hipertensi. Untuk menghindarinya Anda bisa menghindari kondisi stress.

  1. Hindari makanan pemicu hipertensi

Anda juga sangat disarankan untuk menghindari makanan yang nantinya akan memicu hipertensi dan malah akan menyebabkan pendarahan pada otak. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah:

  • Lemak dan kolesterol

Lemak yang ada pada makanan adalah penyumbang kolesterol yang sangat besar. Kolesterol yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan adanya penempelan pada permukaan dinding khususnya pada pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan bagian pembuluh darah mengalami luka karena ada gesekan pada darah dan juga penumpukan. Kondisi ini biasanya akan disebut dengan naman ateroklerosis.

Sponsors Link

  • Makanan terlalu banyak garam

Anda juga sebaik mengurangi konsumsi garam karenan bersifat bisa menahan air. Konsumsi makanan mengandung garam dengan terlalu berlebihan akan menaikan tekanan darah dengan sendirinya sehingga cara mengobati hal tersebut jika terjadi adalah dengan membatasi makanan terlalu banyak mengandung garam

  • Alkohol, kambing, durian

Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan tersebut karena makanan tersebut bisa mengakibatkan pada kenaikan darah tinggi.

  • Berhenti merokok dan batasi konsumsi kopi

Anda sering merokok? Sebaiknya segera dihentikan saat ini juga karena roko juga bisa menyebabkan terjadinya hipertensi dan kerusakan pada organ tubuh lainnya. Anda juga sebaiknya membatasi asupan kopi, jangan terlalu berlebihan.

Itulah pembahasan mengenai pendarahan otak akibat darah tinggi yang dapat Anda ketahui dan Anda hindari. Jangan pernah menyepelekan suatu penyakit, jangan juga mengkonsumsi obat yang tidak dokter resepkan karena bukannya membuat sembuh malah akan menjadi boomerang untuk Anda dan menyebabkan penyakit yang Anda derita semakin parah.

, ,
Oleh :
Kategori : Pendarahan Otak