Sponsors Link

8 Pencegahan Neuropati Paling Efektif Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Pencegahan neuropati sudah seharusnya dilakukan agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut. Neuropati sendiri seringkali disebut juga dengan istilah kerusakan saraf. Tentu saja kerusakan saraf yang dibiarkan ini bisa menyebabkan akibat yang fatal bagi penderitanya seperti misalnya kelumpuhan.

ads

Oleh karena itu diperlukan tindakan pencegahan agar Anda bisa terbebas dari neuropati. Berikut ini beberapa cara mencegah neuropati yang bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun.

1. Olahraga Rutin

Olahraga memang dikenal sebagai suatu aktivitas yang menyehatkan. Olahraga syaraf kejepit dapat membuat tubuh menjadi bugar dan pikiran selalu segar. Oleh karena itu olahraga dapat membuat Anda menjadi sehat selalu. Olahraga membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga seluruh sistem organ di dalam tubuh dapat bekerja secara efektif serta maksimal.

Dalam melakukan pencegahan penyakit saraf salah satu hal yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Tentunya olahraga harus dilakukan setiap hari secara rutin. Olahraga sudah seharusnya dilakukan minimal 30 menit sehari sehingga olahraga yang dilakukan dapat memberikan hasil maksimal.

Dengan berolahraga secara rutin setiap hari maka Anda tentu dapat menjaga kesehatan dan bisa terhindar dari segala macam gangguan dan kerusakan saraf seperti neuropati.

2. Melatih Saraf

Pada dasarnya kegiatan melatih saraf dapat dilakukan dengan cara berolahraga. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas saat berolahraga. Namun sebaiknya olahraga yang dilakukan cukup ringan saja namun rutin dilakukan. Aktivitas olahraga pada dasarnya dapat berguna untuk melatih saraf sehingga saraf semakin terbiasa untuk bergerak dan bekerja. Anda dapat melatih saraf misalnya dengan berjalan jauh atau lari kecil.

Lari santai bisa membuat tubuh Anda bugar dan organ saraf dapat bekerja dengan baik. Selain itu Anda mungkin juga bisa berenang atau melakukan aktivitas olahraga lainnya yang sekiranya dapat melatih saraf Anda.

Yoga dan senam pun juga bisa Anda lakukan untuk melatih saraf. Sebaiknya hindari olahraga berat yang justru dapat mengakibatkan cedera akibat kerusakan saraf tepi.

3. Hindari Rokok

Bukan rahasia lagi bahwa rokok bukanlah merupakan benda yang layak untuk dikonsumsi. Sebatang rokok mengandung banyak zat kimia yang dianggap beracun dan tidak memberikan dampak baik bagi tubuh. Sebut saja ada zat nikotin dan tar yang kesemuanya itu justru akan menambah jumlah penyakit pada tubuh Anda.

Bahkan tidak hanya perokok aktif saja melainkan juga perokok pasif sangat berpeluang untuk menderita penyakit. Kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang cukup panjang memang dapat menyebabkan seseorang menderita neuropati dan kondisi ini tentu akan sangat merugikan kesehatan Anda.

Oleh karena itu segera berhentilah merokok. Sebisa mungkin hindari pula kegiatan merokok dan asap rokok yang tentu saja sangat berbahaya bagi Anda.

4. Hindari Alkohol

Sama halnya dengan rokok ternyata alkohol juga tidak memberikan dampak baik bagi kesehatan Anda. Di dalam alkohol terkandung banyak zat yang tentunya dapat merugikan kesehatan orang yang mengonsumsinya. Bahkan konsumsi alkohol dapat membuat seseorang menjadi sakit.

Sponsors Link

Penggunaan alkohol dalam jangka waktu panjang juga dapat menyebabkan penyakit pada orang yang terbiasa mengonsumsinya. Kasus neuropati atau kerusakan saraf juga bisa terjadi pada orang yang sering kali mengonsumsi alkohol.

Oleh karena itu berhentilah mengonsumsi alkohol karena alkohol tidak akan mendukung kesehatan kita. Sebaliknya alkohol justru akan menggiring kita kepada berbagai macam jenis penyakit termasuk pula penyakit saraf atau neuropati yang akan berdampak pada timbulnya penyakit lain atau komplikasi.

5. Makanan Sehat

Makanan sehat diperlukan untuk menjaga nutrisi tubuh dan menjaga sistem organ tubuh agar dapat selalu bekerja dengan baik. Untuk mencegah neuropati maka sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B misalnya saja seperti kacang-kacangan.

Selain itu Anda juga harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar nutrisi tubuh dapat tercukupi. Perbanyak pula makanan sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain itu sebaiknya hindarilah makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebab lemak dan kolestrol dapat menimbulkan gejala stroke ringan serta berbagai jenis penyakit lainnya termasuk pula neuropati.

Dengan mengonsumsi makanan sehat maka secara tidak langsung Anda telah menjaga kesehatan tubuh. Makan harus dilakukan secara teratur dan usahakan dilakukan dengan teratur di jam yang sama setiap hari.

6. Istirahat Cukup

Istirahat juga berpengaruh terhadap kesehatan orang termasuk pula untuk kesehatan saraf. Sebaiknya milikilah waktu istirahat yang cukup dan berkualitas agar Anda tidak sampai terserang penyakit termasuk penyakit gangguan saraf atau neuropati.

ads

Istirahat terpenting yaitu saat tidur malam maka sebaiknya Anda memiliki waktu tidur malam yang berkualitas. Kualitas tidur tentu akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan jiwa Anda. Demikian pula saat tengah beraktivitas lalu Anda merasakan lelah maka sebaiknya Anda segera meluangkan sejenak waktu untuk beristirahat.

Jangan sampai melakukan suatu aktivitas yang berlebihan hingga tubuh menjadi sangat lelah. Anda bisa menggunakan jam istirahat siang untuk tidur sejenak atau untuk mengistirahatkan tubuh sejenak.

7. Lakukan Peregangan

Tubuh yang terus-menerus melakukan aktivitas tentu akan memaksa saraf dan otot untuk terus bekerja. Jika tubuh bekerja terlalu berat dan tidak ada waktu untuk istirahat maka resiko neuropatik akan mengancam Anda. Saraf yang bekerja secara terus-menerus tanpa berhenti bisa saja mengalami kerusakan dan gangguan sehingga timbullah penyakit neuropati.

Untuk itu di sela-sela kesibukan Anda tidak ada salahnya jika Anda melakukan sedikit peregangan otot dan konsumsi pula vitamin untuk sakit urat saraf sehingga tubuh bisa kembali rileks. Dengan adanya peregangan maka otot dan saraf bisa beristirahat sejenak.

Peregangan dapat dilakukan dengan meregangkan tangan atau kaki atau punggung dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama sehingga sangat mudah untuk dilakukan.

8. Vitamin Neurotropik

Menjaga pola hidup sehat dan menjaga saraf agar tidak sampai mengalami gangguan dan kerusakan juga bisa dilakukan salah satunya dengan cara konsumsi vitamin atau suplemen. Untuk mencegah dan menghindari penyakit saraf seperti misalnya neuropati maka Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B.

Konsumsi vitamin B dapat membantu Anda untuk menutrisi saraf sehingga Anda bisa terhindar dari gangguan atau penyakit saraf.

Tentu saja konsumsi suplemen vitamin ini harus disertai pula dengan beberapa aktivitas yang menyehatkan tubuh seperti misalnya konsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga secara teratur serta memiliki waktu istirahat yang cukup. Upaya inilah yang akan membantu Anda untuk mencegah timbulnya neuropati.

Pencegahan neuropati pada dasarnya dapat dilakukan dengan memiliki pola atau gaya hidup sehat. Dengan menjaga kesehatan maka Anda akan selalu terhindar dari segala jenis penyakit termasuk pula penyebab penyempitan saraf atau neuropati.

Pola atau gaya hidup sehat sudah seharusnya dimiliki dan dilakukan secara rutin dan setiap hari sehingga saraf Anda akan selalu berfungsi dengan baik dan maksimal. Mulailah gaya hidup sehat dari sekarang agar tubuh Anda senantiasa bugar dan sistem organ tubuh selalu dapat bekerja secara sempurna.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf