Sponsors Link

10 Pencegahan Migrain Paling Efektif Yang Bisa Kita Lakukan

Sponsors Link

Pencegahan migrain sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Migrain yang merupakan kondisi saat seseorang mengalami sakit kepala pada salah satu bagian atau sisi kepala memang akan menyebabkan timbulnya ketidaknyamanan pada penderitanya.

ads

Bahkan migrain bisa menimbulkan nyeri sehingga penderita migrain tidak dapat beraktivitas dengan normal. Oleh karena itu sebaiknya penyakit migrain ini dicegah sebisa mungkin. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan migrain yang cukup efektif.

1. Menghindari suara bising.

Sakit kepala yang dirasakan saat Anda sedang menderita migrain tentu saja akan semakin parah jika Anda mendengarkan suara yang terlalu bising atau keras. Oleh karena itu untuk menghindari migrain kambuh maka sebaiknya Anda selalu menghindari suara yang terlalu bising dan keras.

Anda juga bisa menggunakan pelindung telinga saat terpaksa berada di lingkungan yang bising dan mengeluarkan suara keras. Sakit kepala pada dasarnya memang akan menjadi lebih parah jika Anda berada pada situasi yang tidak nyaman. Misalnya saja di tempat yang penuh dengan keramaian yang biasanya akan menimbulkan kebisingan.

2. Menghindari lampu terang.

Selain suara yang bising tampaknya ada banyak hal pula yang dapat membuat penyakit migrain menjadi kambuh. Misalnya saja seperti lampu yang terlalu terang. Seseorang yang sedang menderita sakit kepala jenis apapun termasuk jenis migrain sebaiknya tidak menatap langsung lampu.

Sebaiknya pula hindarilah ruangan dengan kondisi penerangan yang sangat terang. Sebab lampu yang terang justru akan membuat kepala menjadi pusing dan pening. Tentu saja sakit kepala yang dialami oleh penderita migrain bisa semakin parah dalam kondisi yang seperti ini.

3. Mengonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sebaiknya sesuai dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh. Dengan kata lain nutrisi yang masuk ke dalam tubuh haruslah seimbang. Untuk mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang cukup maka Anda haruslah mengonsumsi makanan sehat untuk penderita stroke seperti misalnya sayuran dan berbagai macam buah.

Dengan mengonsumsi makanan sehat maka tentunya Anda akan terhindar dari segala bentuk penyakit. termasuk pula penyakit migrain yang tidak akan terjadi pada Anda jika makanan yang Anda konsumsi bernutrisi seimbang dan sehat.

4. Membiasakan diri berolahraga.

Olahraga secara rutin dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Olahraga diketahui dapat memperlancar peredaran darah sehingga aliran darah di dalam pembuluh darah dapat berjalan lancar. Tentu saja kondisi ini akan membuat saraf dapat bekerja dengan baik sehingga Anda akan terhindar dari segala bentuk sakit kepala termasuk migrain.

Oleh karena itu untuk mencegah penyakit migrain maka salah satu hal yang sebaiknya dilakukan adalah berolahraga secara rutin atau teratur. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berupa olahraga berat. Anda dapat melakukan olahraga ringan saja namun olahraga tersebut bisa berguna bagi kesehatan tubuh.

Sponsors Link

5. Memiliki kualitas tidur yang baik.

Istirahat dan tidur merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga stamina tubuh. Seseorang yang memiliki waktu istirahat dan waktu tidur yang cukup tentu akan selalu sehat dan terhindar dari penyakit gejala migrain. Istirahat atau tidur siang sebenarnya cukup penting dan dapat dilakukan dalam kurun waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 10 hingga 15 menit saja.

Sedangkan tidur malam sudah seharusnya dilakukan dalam waktu yang cukup antara 6 hingga 8 jam di setiap harinya. Tidur juga harus berkualitas. Artinya saat Anda tidur sebaiknya dalam keadaan lelap sehingga stamina Anda di esok hari benar-benar pulih kembali.

6. Mengelola stres dengan baik.

Stres pada dasarnya dapat memicu timbulnya sakit kepala pada seseorang. Sakit kepala bisa hadir dalam berbagai bentuk dan salah satunya adalah migrain. Stres yang berkepanjangan dan tidak segera ditangani atau diredakan bisa saja berkembang menjadi depresi.

Tentu saja hal ini akan memicu terjadinya migrain bahkan memperparah kondisi migrain yang sudah dialami oleh seseorang. Untuk mencegah timbul dan kambuhnya migrain maka sebaiknya Anda dapat mengelola emosi dengan baik. Stres dapat dimanajemen agar jangan sampai terjadi dan bersifat merugikan bagi kesehatan Anda.

ads

7. Mencari penyebab penyakit migrain.

Anda juga bisa mencari beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda menderita penyakit migrain. Dengan mengetahui faktor penyebabnya maka Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit migrain. Anda bisa menghindari berbagai hal yang memungkinkan Anda untuk menderita gejala migrain. Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya migrain.

Misalnya saja karena adanya faktor keturunan. Atau bisa juga migrain terjadi karena adanya pola makan yang tidak sehat dan memicu timbulnya gaya hidup yang juga tidak sehat. Migrain juga bisa saja muncul saat Anda alergi terhadap suatu jenis obat. Jika memang migrain terjadi karena obat yang dikonsumsi maka sebaiknya segera hentikan penggunaan obat tersebut.

8. Mengendalikan diri saat terjadi perubahan hormon.

Penyebab migrain diketahui lebih banyak terjadi pada orang berjenis kelamin perempuan daripada laki-laki. Hal ini dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon yang sering kali dialami oleh wanita misalnya pada saat sedang menstruasi. Perubahan hormon memang bisa menyebabkan seorang wanita mengalami terserang gejala migrain.

Karena itu wanita sering kali diperingatkan untuk selalu berhati-hati saat sedang mengalami peristiwa menstruasi dan lain sebagainya yang sekiranya dapat mengakibatkan terjadinya perubahan hormon. Perubahan hormon bisa mengakibatkan naiknya emosi pada seorang wanita dan semakin memperparah kondisi migrain yang menyerangnya.

9. Mengonsumsi suplemen.

Suplemen biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena khasiatnya yang sangat berguna bagi kesehatan Anda. Suplemen merupakan pelengkap nutrisi bagi siapapun yang mengonsumsinya. Banyak orang yang kini beralih dengan mengonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatannya. Suplemen rupanya juga bisa bermanfaat untuk mencegah timbulnya migrain pada seseorang.

Tentu saja konsumsi suplemen ini harus dilakukan secara rutin bahkan hampir setiap hari. Penggunaan suplemen secara rutin setiap hari tentu akan membuahkan hasil berupa munculnya kesehatan pada seseorang. Dengan konsumsi suplemen secara rutin ditambah dengan adanya pola hidup sehat maka Anda bisa terhindar dari gejala migrain.

10. Menjaga diri saat terjadi perubahan cuaca.

Perubahan cuaca bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya suatu jenis penyakit pada seseorang. Termasuk pula penyakit migrain yang bisa saja terjadi karena pasien mengalami perubahan cuaca secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya maka Anda harus selalu berjaga-jaga dan berhati-hati dalam menghadapi perubahan cuaca.

Sebisa mungkin berikan perlindungan pada diri Anda saat harus menghadapi terjadinya perubahan cuaca di suatu tempat. Sebab perubahan cuaca tersebut bisa saja memicu terjadinya migrain pada Anda.

Pencegahan migrain seperti yang telah dibahas di atas sebaiknya dilakukan dengan rutin. Akan lebih baik lagi jika beberapa upaya pencegahan tersebut dilakukan dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Sehingga dapat bekerja efektif dan dapat menjadi salah satu solusi pengobatan migrain bagi penderita akut penyakit tersebut.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Migrain