Sponsors Link

6 Langkah Pencegahan HNP Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Pencegahan HNP perlu dilakukan mengingat bahwa HNP merupakan suatu gangguan atau penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada Anda. Rasa nyeri yang disebabkan oleh HNP ini umumnya sering muncul dan kambuh sewaktu-waktu. Rasa nyeri ini pun terkadang terasa sangat luar biasa sehingga dapat mengganggu pekerjaan atau aktivitas Anda.

ads

Saat terserang HNP umumnya Anda akan merasakan perasaan nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Bisa juga perasaan nyeri itu muncul secara hebat hingga bagian tubuh Anda yang mengalami HNP itu terasa sangat panas dan seperti terbakar. Beberapa orang bahkan merasa tak tahan dengan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh HNP. Kondisi ini akhirnya membuat penderita macam-macam penyakit saraf melakukan berbagai pengobatan baik secara medis maupun tradisional demi memperoleh kesembuhan.

Serangan HNP juga dapat menimbulkan beberapa gejala lain pada Anda seperti misalnya kesemutan dan mati rasa. Walaupun kondisi ini tak menyakitkan bagi Anda namun tetap saja kondisi kebas dan mati rasa ini akan sangat mengganggu Anda. Aktivitas Anda pun terpaksa harus segera dihentikan bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Anda pun harus segera memeriksakan diri ke dokter agar Anda memperoleh pengobatan yang tepat dari dokter. Namun sebenarnya HNP bisa dicegah agar tidak sampai menyerang Anda. Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai pencegahan HNP antara lain sebagai berikut.

1. Melakukan olahraga secara rutin.

Berolahraga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga juga merupakan hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya HNP. Jalan dan lari merupakan contoh olahraga ringan yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan Anda sekaligus untuk mencegah serangan ciri-ciri penyempitan saraf tulang belakang.

Selain itu ada pula olahraga air berupa renang yang tentunya dapat membuat tubuh menjadi selalu sehat. Sebab renang cenderung memiliki gerakan-gerakan yang membutuhkan gerakan dari semua otot tubuh. Anda bisa berolahraga renang untuk mencegah munculnya HNP.

Semua jenis gaya dalam renang tentunya dapat melatih kekuatan otot Anda sehingga jaringan tubuh Anda tetap fleksibel. Selain itu Anda juga bisa melakukan senam untuk mencegah HNP. Senam umumnya dapat memperkuat otot belakang. Ada pula gerakan-gerakan senam yang memang difokuskan untuk memperkuat otot punggung dan menghindarkan Anda dari HNP.

Namun dalam melakukan senam tentunya ada beberapa hal yang harus pula diperhatikan. Misalnya hindari gerakan yang cenderung membutuhkan gerakan memutar tubuh secara maksimal. Sebab gerakan ini justru dapat menimbulkan dan bahkan memperparah HNP.

2. Mempertahankan berat badan ideal.

Berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya HNP. Sebab berat badan berlebih umumnya membuat tulang punggung mengalami penekanan. Adanya penekanan pada tulang punggung ini cenderung membuat kanal tulang belakang mengalami penyempitan.

Sponsors Link

Oleh karena itu Anda disarankan untuk selalu mempertahankan berat badan ideal Anda agar tidak mengalami HNP. Anda tentunya dapat mempertahankan berat badan ideal Anda dengan cara memiliki pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan melalui konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi seperti junk food agar Anda tidak mengalami berat badan berlebih.

Selain itu Anda juga bisa berolahraga secara teratur agar Anda bisa membakar lemak dan kalori yang berada dalam tubuh Anda. Dengan berolahraga secara teratur maka Anda akan terhindar dari kegemukan dan gejala saraf terjepit di pinggang.

3. Memiliki postur tubuh yang baik dalam segala keadaan.

Terkadang Anda tidak memperhatikan postur tubuh Anda saat berdiri ataupun duduk. Anda secara tanpa sadar seringkali berdiri dan duduk dengan sikap yang salah yaitu membungkuk dalam kurun waktu yang cukup lama. Posisi badan membungkuk ini sebenarnya merupakan posisi yang salah dan dapat merugikan Anda.

Apalagi jika posisi ini dilakukan selama berjam-jam. Sebab posisi membungkuk dapat membuat panggul menjadi terkunci dan diikuti dengan pelengkungan tulang belakang yang berlebihan. Keadaan ini pada akhirnya dapat menimbulkan tekanan pada cakram punggung bawah. Posisi membungkuk ini juga dapat mengakibatkan otot dan ligamen menjadi kaku sehingga dapat menekan saraf yang ada di sekitarnya.

Keadaan ini akhirnya memicu terjadinya HNP. Namun sebenarnya HNP dapat dicegah bila Anda dapat selalu berdiri dan duduk dengan posisi yang tegak dan benar. Posisi tegak pada dasarnya dapat membuat tulang punggung menjadi rileks sehingga sistem organ tubuh pun dapat berjalan dengan lancar.

ads

4. Menggunakan teknik pengangkatan yang benar.

Mengangkat benda berbeban berat sebaiknya dilakukan dengan teknik yang benar agar tidak membuat Anda menjadi cedera. Seperti misalnya mengangkat benda pada saat posisi sedang bertekuk lutut. Dalam posisi yang seperti ini sebaiknya mengangkat benda dilakukan dengan bertumpu pada lutut dan bukan pada pinggang.

Mengangkat benda dengan teknik yang salah dapat mengakibatkan saraf mengalami tekanan oleh jaringan di sekitarnya. Keadaan inilah yang dapat memicu terjadinya penyebab penyempitan saraf. Mengangkat benda baik pada saat duduk maupun berdiri hendaknya dilakukan dengan hati-hati dan dengan posisi yang benar.

5. Melakukan peregangan secara berkala.

Jika Anda telah banyak menghabiskan waktu dengan posisi duduk maka sebaiknya Anda sesekali melakukan peregangan. Duduk selama berjam-jam dan tanpa henti dapat membuat bantalan pada ruas tulang belakang menjadi kaku. Hal ini pada akhirnya menyebabkan bagian dalam bantalan menjadi keluar sehingga dapat menekan saraf yang ada di sekitarnya.

Selain itu duduk selama berjam-jam dapat membuat tulang punggung menjadi kaku. Terlebih lagi jika Anda duduk dengan posisi yang salah. HNP pun kemungkinan besar akan menyerang Anda. Untuk mengatasinya maka Anda haruslah melakukan peregangan secara berkala. Peregangan dapat dilakukan dengan berdiri dan sedikit menggerak-gerakkan tubuh. Atau bisa juga Anda melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan ringan lalu duduk kembali.

6. Menguatkan otot punggung, kaki, dan perut.

Anda juga perlu menguatkan otot punggung, kaki, dan perut untuk menjaga fleksibilitas otot serta jaringan-jaringan yang ada di sekitar otot. Sebab jika otot-otot tersebut kaku maka HNP bisa menyerang Anda sewaktu-waktu. Untuk menguatkan otot-otot ini Anda bisa melakukan beberapa latihan kecil atau olahraga ringan. Misalnya dengan senam atau lari kecil. Kekuatan otot pada dasarnya hanya dapat terjaga melalui aktivitas olahraga.

Namun Anda perlu mengingat pula bahwa aktivitas olahraga yang terlalu berat dan berlebihan justru dapat membuat cedera dan menyebabkan timbulnya HNP. Oleh karena itu pilihlah olahraga yang ringan namun tetap dapat menyehatkan organ-organ tubuh Anda termasuk otot.

Pencegahan HNP memang seharusnya dilakukan sebelum Anda terserang HNP. Sebab bila Anda sampai terserang penyebab syaraf kejepit di leher maka Anda harus melakukan pengobatan dan terapi. Hal ini pun akan membuat waktu, tenaga, dan uang Anda menjadi terkuras. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera melakukan berbagai hal untuk dapat mencegah serangan HNP.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf