Sponsors Link

10 Pencegahan Amnesia Yang Cukup Efektif

Sponsors Link

Pencegahan amnesia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Amnesia yang identik dengan hilang ingatan tentunya tidak ingin dialami oleh siapapun sehingga kondisi tersebut perlu dihindari. Berikut beberapa upaya untuk mencegah amnesia.

ads

1. Menggunakan helm saat bersepeda atau bersepeda motor.

Benturan di kepala yang terjadi dengan sangat keras bisa menyebabkan seseorang mengalami amnesia. Benturan dapat dialami jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan pengendara jatuh serta terbentur benda keras. Pada umumnya kecelakaan menjadi faktor penyebab amnesia yang paling sering terjadi di lapangan.

Untuk menghindari kecelakaan maka sebaiknya berhati-hatilah saat berkendara dan taatilah setiap rambu-rambu lalu lintas yang ada. Sedangkan untuk pengendara sepeda dan sepeda motor sudah seharusnya menggunakan pelindung kepala berupa helm.

Helm harus selalu digunakan agar kepala selalu aman meskipun saat sedang terjatuh dari sepeda atau sepeda motor. Helm akan melindungi kepala dari benturan sehingga pengendara akan terhindar dari gegar otak ringan dan amnesia.

2. Selalu berhati-hati saat beraktivitas.

Saat melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sebaiknya selalu berhati-hati. Sebaiknya jangan melakukan sesuatu dalam keadaan tergesa-gesa dan diburu waktu karena hal ini dapat membuat Anda menjadi kurang waspada dengan kondisi sekitar. Setidaknya dalam beraktivitas jangan sampai Anda terjatuh yang akhirnya dapat menyebabkan terjadinya benturan pada kepala.

Berhati-hatilah saat sedang berjalan atau berlari. Hindari pula terpeleset agar kepala terhindar dari benturan keras yang beresiko menyebabkan amnesia. Selain itu sebenarnya masih banyak aktivitas yang beresiko mengakibatkan cedera pada kepala. Oleh karena itu gunakan alat pengaman kerja yang tepat saat Anda bekerja di sektor lapangan.

3. Segera mengobati infeksi.

Jika badan terasa tidak enak dan terasa sakit maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebab yang dikhawatirkan dalam hal ini adalah adanya infeksi otak seperti misalnya bakteri penyebab meningitis yang ternyata dapat beresiko serius terhadap kesehatan. Amnesia juga merupakan gangguan kesehatan yang dianggap serius sehingga perlu untuk dihindari.

Beberapa infeksi jika dibiarkan dan tidak segera diobati lama-kelamaan akan menyebabkan timbulnya kerusakan pada otak. Kerusakan otak yang semakin menyebar dan meluas pada akhirnya akan mengakibatkan timbulnya amnesia pada penderita infeksi. Misalnya saja infeksi meningitis bakteria yang dapat merusak otak dan lambat laun mengakibatkan penurunan daya ingat pada seseorang.

4. Segera memeriksakan diri jika mengalami gejala tertentu.

Selain penyakit atau infeksi ternyata Anda juga perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala tertentu. Seperti misalnya gejala sakit kepala yang terasa sangat parah. Atau misalnya saja pada saat mengalami kejang secara tiba-tiba ataupun saat kepala mengalami mati rasa sebelah dan mengalami kelumpuhan. Selain itu gejala stroke juga perlu segera ditangani.

Kondisi yang demikian bisa saja merupakan gejala dari suatu penyakit serius dan harus segera diobati agar tidak beresiko menimbulkan komplikasi. Dengan memeriksakan diri ke dokter maka dokter akan melakukan penanganan sesegera mungkin sehingga kerusakan otak dan amnesia dapat dicegah.

Sponsors Link

5. Menghindari beberapa pantangan.

Ada banyak hal yang merupakan pantangan dan tidak boleh dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan otak. Misalnya saja minuman beralkohol, minuman berkafein, rokok, dan lain sebagainya yang sekiranya hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Alkohol yang dikonsumsi secara terus-menerus diketahui dapat merusak saraf dan dianggap sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya gejala amnesia.

Begitu pula dengan makanan yang tidak sehat seperti misalnya junk food. Lemak pada junk food dapat menghambat pembuluh darah sehingga aliran darah yang menuju ke otak menjadi tidak lancar. Kesemua hal tersebut tidak memberikan kontribusi bagi kesehatan otak namun justru merusak otak.

6. Rutin berolahraga.

Olahraga merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga dapat melancarkan aliran darah yang menuju ke otak sehingga otak dapat selalu bekerja secara maksimal. Selain itu dengan berolahraga maka otak tidak akan mengalami penurunan fungsi sehingga daya ingat akan tetap terjaga dengan baik.

Olahraga tidak hanya memberikan dampak positif bagi tubuh saja melainkan juga bagi emosi serta mental dan juga bagi kinerja otak. Olahraga juga dapat menjaga jiwa dan emosi sehingga setiap pikiran negatif dapat dihindari. Namun olahraga seharusnya dilakukan secara rutin dan setiap hari.

ads

7. Konsumsi makanan bernutrisi.

Untuk menjaga kesehatan maka sebaiknya konsumsilah berbagai makanan yang mengandung nutrisi secara cukup dan seimbang. Misalnya saja buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan yang mengandung serat tentu saja diperlukan oleh tubuh agar pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Terutama bagi anak kecil yang membutuhkan banyak serat agar pencernaan tidak terganggu sehingga kinerja otak juga tidak akan terganggu.

Beberapa orang juga membutuhkan asupan nutrisi dari vitamin dan suplemen terutama vitamin B1. Vitamin B1 berperan terhadap otak dan daya ingat. Ada pula suplemen minyak ikan dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh anak dalam rangka memaksimalkan daya kerja otaknya.

8. Istirahat cukup.

Jika Anda lelah sebaiknya segeralah beristirahat walaupun hanya sebentar saja. Istirahat memang kelihatan sepele namun sebenarnya hal ini penting dan tidak boleh dilupakan. Dengan beristirahat sejenak di siang hari maka stamina tubuh dan kesehatan otak dapat terjaga. Sebab otak juga perlu diistirahatkan agar tidak terlalu lelah dan dapat bekerja kembali secara maksimal.

Selain itu saat malam hari sebaiknya Anda memiliki jam tidur yang cukup serta berkualitas. Tidur dapat membantu seseorang untuk mengurangi emosi negatif. Dengan kata lain berbagai pikiran yang buruk dan dapat menimbulkan ketegangan tidak akan muncul jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Sehingga hal ini dapat menjadi salah satu cara mengobati amnesia.

9. Menjaga kestabilan emosi.

Emosi negatif tidak baik bagi perkembangan jiwa. Selain itu hal ini juga lambat laun akan berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Jadi sebaiknya lakukan berbagai upaya agar bisa terhindari dari segala pemikiran yang bersifat negatif dan buruk. Emosi yang buruk dapat membuat seseorang menjadi tegang serta mengalami trauma terhadap suatu hal dan kejadian.

Trauma psikologis yang dialami tersebut secara tanpa disadari akan membuat otak mengalami penurunan fungsi. Trauma psikologis juga akan menyebabkan terjadinya amnesia jika dibiarkan terjadi secara terus-menerus. Oleh karena itu jika emosi sudah tidak dapat dikendalikan sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

10. Melatih daya ingat.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi kerja otak dintaranya adalah melatih daya ingat. Melatih daya ingat dapat dilakukan misalnya dengan bermain game yang dapat memaksimalkan kinerja otak. Selain itu kegiatan ringan seperti bermain musik dan membuat hasil karya juga dipercaya dapat melatih kinerja otak sehingga otak tidak akan mengalami penurunan fungsi. Beberapa orang beranggapan bahwa berkreasi dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Pencegahan amnesia sudah seharusnya dilakukan agar  terhindar dari resiko kerusakan otak. Sehingga tidak terjadi penurunan daya ingat. Dengan mencegah tentunya resiko macam-macam amnesia akan lebih kecil untuk terjadi.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Amnesia