Sponsors Link

10 Penanganan Gegar Otak Paling Efektif

Sponsors Link

Penanganan gegar otak perlu dilakukan sesegera mungkin agar kasus gegar otak tersebut tidak sampai menimbulkan komplikasi atau resiko yang lebih berbahaya. Gegar otak sendiri sebenarnya merupakan cedera otak yang pada akhirnya akan mengakibatkan otak tidak dapat berfungsi dengan normal lagi. Gegar otak bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal.

ads

Umumnya benturan merupakan faktor utama yang menyebabkan terjadinya gegar otak pada seseorang. Beberapa gejala yang mengindikasikan adanya gegar otak antara lain sakit kepala, hilang kesadaran, serta kehilangan konsentrasi dan keseimbangan.

Gegar otak sebagai suatu kondisi yang cukup serius dan parah tentunya harus diatasi dengan langkah yang tepat. Berikut ini kami berikan beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan untuk menangani kasus gegar otak pada seseorang.

1. Konsumsi Obat

Penderita gegar otak sudah seharusnya dibawa ke dokter untuk diperiksakan dan didiagnosa oleh dokter. Dengan begitu maka dokter akan menangani kasus gegar otak tersebut dengan tepat dan akurat. Beberapa dokter akan memberikan obat-obatan pada pasien gegar otak untuk menyembuhkan gangguan yang dideritanya tersebut.

Namun konsumsi obat yang dilakukan oleh pasien gegar otak ringan umumnya berlangsung dalam waktu yang cukup panjang. Pengobatan bisa ditempuh selama berbulan-bulan bahkan tahunan. Sebab gangguan gegar otak tidak dapat disembuhkan dengan cara yang cepat melainkan kesembuhan akan datang secara berangsur-angsur.

2. Konsumsi Vitamin

Untuk mendukung proses penyembuhan pasien gegar otak tentu saja Anda bisa memberikannya berbagai vitamin terutama vitamin B1 dan vitamin B12. Beberapa macam suplemen juga bisa diberikan pada penderita gegar otak misalnya suplemen asam lemak omega-3. Konsumsi vitamin dan suplemen tersebut tentunya dapat membantu penderita gegar otak untuk memperbaiki sel otaknya yang mengalami kerusakan sehingga sel otak dapat berfungsi dengan baik kembali.

Namun sebaiknya penggunaan vitamin ataupun suplemen terlebih dahulu dikonsultasikan pada dokter agar pasien gegar otak tidak sampai mengalami efek samping dari segala apa yang dikonsumsinya.

3. Ramuan Tradisional

Banyak orang yang kembali pada alam dan obat-obatan herbal dalam melakukan upaya untuk menyembuhkan penyakitnya. Dalam hal ini juga termasuk menyembuhkan gangguan gegar otak. Obat herbal pada dasarnya berasal dari tanaman biasa yang kemudian diolah dan dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk menyembuhkan suatu jenis penyakit.

Umumnya untuk menangani gangguan gegar otak diberikan suatu ramuan tradisional dari berbagai bahan yang mengandung antioksidan seperti misalnya bawang putih. Beberapa macam buah seperti apel dan jeruk juga sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita gejala gegar otak ringan.

Sponsors Link

4. Istirahat Cukup

Seseorang yang sedang sakit tentu saja membutuhkan waktu istirahat yang lebih panjang. Demikian halnya dengan penderita gegar otak yang juga membutuhkan waktu istirahat lebih panjang daripada biasanya sebagai cara penanganan gegar otak. Penderita gegar otak juga seharusnya tidur malam dengan kualitas yang baik dan dalam waktu yang cukup panjang.

Istirahat dan tidur malam sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh serta otak. Semakin banyak seorang penderita gegar otak beristirahat maka semakin besar pula kemungkinan bagi dirinya untuk segera memperoleh kesembuhan. Tidur dapat membuat sel otak menjadi sehat sekaligus menyegarkan otak.

5. Memenuhi Nutrisi

Bila seseorang sedang menderita sakit tentu saja ia harus mengonsumsi berbagai macam makanan untuk penderita gegar otak ringan yang dapat mencukupi gizi yang diperlukan. Hal ini juga berlaku bagi penderita gegar otak. Penderita gegar otak sudah seharusnya mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung nutrisi seimbang.

Makanan yang terutama harus dikonsumsi adalah sayuran dan buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin dan zat mineral serta antioksidan. Kandungan vitamin serta mineral yang ada dalam sayuran dan buah-buahan diperlukan oleh otak agar otak selalu sehat dan dapat berfungsi secara maksimal.

ads

6. Membatasi Aktivitas

Selain beristirahat tentunya penderita gegar otak harus mengurangi atau membatasi segala aktivitasnya. Terutama jika aktivitas tersebut berat dan membutuhkan banyak tenaga untuk dilakukan. Sebab jika penderita gegar otak memaksakan diri untuk beraktivitas terlalu banyak maka tubuhnya akan mengalami lelah yang berlebihan dan gejala gegar otak akan semakin bertambah parah.

Kondisi ini akan membuat otak semakin melemah sehingga cenderung membuat gegar otak semakin lama sembuhnya. Oleh karena itu seseorang yang menderita gegar otak sebaiknya semakin mengurangi aktivitas dan memperbanyak jam istirahatnya.

7. Kompres Dingin

Umumnya kondisi gegar otak yang dialami oleh seseorang cenderung membuat kepalanya terasa semakin berat. Rasa berat ini terkadang bahkan terlalu berat sehingga penderitanya tidak mampu menahan kondisi tersebut. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang sederhana yaitu memberikan kompres dingin pada bagian kepala.

Kompres tersebut bisa diisi dengan air dingin atau juga bisa diisi dengan es batu. Kompres dingin yang ditempelkan pada kepala akan membuat penderitanya merasakan ringan pada bagian kepalanya. Dengan demikian kepala tidak akan terasa begitu berat dan sakit.

8. Olahraga Rutin

Olahraga memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi tubuh dan otak. Setidaknya olahraga akan membuat tubuh menjadi sehat serta bugar. Selain itu olahraga juga turut berperan dalam menjaga kesehatan otak. Olahraga bisa berfungsi untuk melancarkan aliran darah yang menuju ke otak dan meniadakan plak yang menyumbat aliran darah pada pembuluh darah.

Dengan demikian maka suplai oksigen pada darah yang menuju ke otak akan berjalan dengan lancar. Kondisi inilah yang akan membuat otak dapat berfungsi dengan normal. Jika kondisi otak sehat maka penyebab gegar otak akan berangsur-angsur mereda dan kemudian sembuh.

9. Menghindari Alkohol

Alkohol diketahui mengandung berbagai macam zat kimia yang dapat merusak fungsi organ tubuh. Dalam hal ini fungsi otak juga akan terancam rusak saat penggemar alkohol mengonsumsinya secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Seorang pecandu alkohol dalam keadaan sehat bisa terancam mengalami hilang ingatan jika tidak bisa lepas dari alkohol. Apalagi seorang penderita gegar otak yang tentu saja akan mengalami kerusakan otak secara lebih lagi jika tidak bisa lepas dari kecanduannya terhadap minuman beralkohol.

10. Tindakan Pembedahan

Tindakan ini dilakukan untuk mengatasi kasus gegar otak yang sangat parah dan tampak mustahil untuk disembuhkan dengan menggunakan obat. Tindakan pembedahan atau operasi akan dilakukan oleh dokter bedah otak yang berpengalaman sehingga pasien dapat pulih kembali. Dalam hal ini dokter akan memperbaiki bagian otak yang mengalami kerusakan agar dapat berfungsi kembali seperti sedia kala.

Penanganan gegar otak dengan berbagai cara di atas dapat diterapkan dengan disesuaikan pada kondisi dan kebutuhan penderitanya. Adapun setiap penanganan yang dilakukan hendaknya dijalankan secara rutin agar dapat membuahkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dengan menjalani beberapa tips penanganan gegar otak di atas secara rutin maka gangguan efek jangka panjang gegar otak ringan yang dialami dapat mereda dan disembuhkan hingga kondisi pasien dapat menjadi pulih kembali.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gegar Otak