Sponsors Link

6 Pantangan Makanan Untuk Neuropati Yang Berbahaya Efeknya

Sponsors Link

Makanan sehat dan makanan enak memang terkadang saling berlawanan, termasuk halnya pantangan makanan untuk neuropati. Semakin tua usia manusia, semakin mudah manusia terserang penyakit. Sistem metabolism tubuh dan ketahanan tubuh akan semakin menurun seiring bertambahnya usia.

ads

Di keadaan normal dan usia muda, mengonsumsi makanan apapaun yang ada di restoran tidak akan menjadi masalah karena system pencernaan dan metabolism tubuh akan memproses segala bentuk makanan dan minuman. Pada usia menginjak 40 tahun, metabolism tubuh dan system ketahanan tubuh semakin menurun secara perlahan-lahan.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh terkadang membuat system pencernaan bekerja ekstra. Dengan menginjak umur-umur tersebut, sangat perlu menyeleksi makanan yang akan dikonsumsi. Salah satu macam-macam penyakit saraf yang susah untuk dicegah adalah neuropati. Gejala neuropati akan terasa jika bagian tubuh atau anggota tubuh merasakan kesemutan atau mati rasa.

Untuk mencegah gejala neuropati semakin terasa, dan semakin sering, ada baiknya menghindari beberapa makanan yang tidak sehat. Makanan tidak sehat biasanya menjadi kesukaan lidah. Memanjakan lidah memang tidak selalu buruk.

Akan tetapi, memanjakan lidah oleh makanan yang memberikan efek tidak baik dalam tubuh sebaiknya dikurangi agar efek buruk tersebut tidak menumpuk dan berubah menjadi penyakit. Beberapa pantangan makanan untuk neuropati yang perlu dikurangi atau dihindari adalah sebagai berikut.

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti lemak hewan memang sangat enak jika dimasak dengan cara dipanggang atau berkuah. Makanan berlemak biasanya berasal dari lemak hewan atau lemak tumbuhan. Yang paling susah untuk dicerna oleh tubuh adalah lemak hewan.

Bahan makanan yang mempunyai kandungan lemak tinggi harus dihidangkan dalam suhu yang panas karena lemak tersebut akan menggumpal jika suhu makanan telah dingin. Jenis makanan yang berlemak biasa ada pada makanan yang dengan bahan baku daging seperti gulai kambing, sate kambing, sate sapi. Lemak berguna bagi tubuh untuk menghangatkan badan.

Lemak yang berlebih sebaiknya dibakar oleh tubuh agar tidak menumpuk di bawah kulit tubuh. Dengan menumpuknya lemak yang tidak terbakar oleh tubuh, lemak berlebih itu akan menjadi sumber penyakit dan salah satu faktor datangnya penyakit dalam tubuh.

2. Makanan berkolesterol tinggi

makanan lain yang tidak kalah jahatnya adalah makanan berkolesterol. Makanan berkolesterol merupakan salah satu makanan yang memberikan efek jahat pada saluran pembuluh darah termasuk penyebab stroke di usia muda. Dengan banyak kolesterol dalam tubuh, kolesterol tersebut akan menumpuk di saluran pembuluh darah hingga menimbulkan penyempitan pada saluran pembuluh darah.

Efek komplikasi dari penyempitan pembuluh darah cukup banyak dan sering tidak disadari oleh masyarakat. Efek-efek negative ini akan terasa di usia 40 tahunan ke atas. Penyumbatan pembuluh darah ini biasanya terjadi bagian-bagian anggota tubuh yang tertekuk atau terlipat seperti bagian belakang siku kaki.

Sponsors Link

3. Makanan berkarbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber penghasil energi tubuh. Karbohidrat yang diubah menjadi glukosa memang diperlukan agar tubuh tetap memiliki energi dalam melakukan kegiatan fisik maupun system metabolism tubuh. Gula yang dihasilkan dari karbohidrat ini disalurkan ke seluruh tubuh melalui saluran darah.

Kelebihan gula dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh mengalami gelaja penyakit gula darah. Semakin banyak gula yang ada di dalam darah, semakin kental struktur darah. Hal ini menyebabkan darah semakin susah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Karbohidrat yang dikonsumsi harus diatur agar karbohidrat tidak terlalu banyak dan menumpuk di dalam darah.

4. Makanan manis

Donat adalah satu makanan manis paling jahat di muka bumi ini. Satu buah donat mengandung seluruh item bahan makanan yang tidak baik oleh tubuh. Kandungan gula dipastikan ada pada donat karena donat adalah makanan yang dilarang untuk penderita syaraf kejepit dengan rasa manis.

Donat juga mengandung karbohidrat karena pembuatannya menggunakan bahan tepung. Minyak dan kolesterol tidak luput dari donat karena donat dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak. Minyak yang panas tersebut sebagian terserap oleh donat dan menjadi satu dengan donat.

Penggunaan susu dan coklat merupakan salah satu penyumbang lemak pada makanan tersebut. Tidak dipungkiri bahwa donat merupakan salah satu makanan favorit anak-anak, namun bagi orang dewasa atau setengah baya, lebih baik menghindari makanan bernama donat ini.

ads

5. Gorengan

Gorengan tidak termasuk ke dalam makanan pokok. Tetapi gorengan ini digemari oleh banyak orang karena rasa gurih yang disajikan. Dari namanya, gorengan ini dimasak dengan cara digoreng hingga matang. Bahan utama gorengan adalah tepung terigu.

Tepung ini merupakan salah karbohidrat tinggi. Gorengan dalam proses masaknya harus dimasukkan ke dalam minyak goreng yang panas.

Dengan harga yang relative murah murah, gorengan ini dapat dibeli dengan jumlah yang cukup banyak atau sedikit. Semakin banyak gorengan yang dibeli, semakin banyak juga minyak yang akan masuk ke dalam tanah kita sehingga dapat menyebabkan gejala lemah syaraf.

6. Minuman berakohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu makanan cair yang digemari oleh orang barat. Minuman beralkohol dapat dijadikan salah satu bahan makanan yang ada di restorant terkenal. Minuman beralkohol yang sudah beredar di pasaran ini dijual dengan kadar yang beragam.

Semakin tinggi kadar minumannya, minuman ini dijual dengan harga yang lebih mahal juga. Mengonsumsi minuman beralkohol secara perlahan-lahan akan menyebabkan datangnya penyakit neuropati. Penyakit neuropati salah satunya diketahui saat tangan merasa kesemutan atau mati rasa.

Jika tangan digunakan untuk menggenggam sesuatu, penderita neuropati terkadang melepaskan genggamannya karena kondisi mati rasa sesaat.

Penderita neuropati selain harus menghindari pantangan makanan untuk neuropati di atas, sebaiknya berolahraga secara ringan dan teratur. Dengan berolahraga secara teratur, lemak-lemak dan kolesterol dalam darah akan dibakar dan dapat berkurang dengan cukup efisien.

Olahraga syaraf kejepit bisa dilakukan di dalam rumah, di luar rumah, maupun di tempat fitness seperti gym. Jika penderita neuropati ingin mencari suasana yang nyaman dan sudah tersedia tempat untuk membersihkan diri setelah berolahraga, tempat gym yang terkenal bisa menjadi salah satu solusinya. Makanan yang ada di atas memang tidak baik bagi tubuh, namun pengonsumsian makanan tersebut secara tidak sengaja terjadi, maka olahraga sebagai penyeimbang dan pembakar energi tubuh dapat dilakukan secara rutin agar tubuh tidak terkuras atau bekerja terlalu berat.

Penderita neuropati dapat mengarah ke penyakit jantung. Lemahnya jantung bisa disebabkan oleh saraf-saraf dalam tubuh sudah mengalami penurunan kemampuan. Bisa disimpulkan bahwa penyakit neuropati merupakan awal dari penyakit komplikasi yang dapat menyerang manusia di usia renta atau 40 tahun ke atas. Makanan sehat didukung dengan dengan olahraga ringan untuk membakar kalori menjadi solusi paling efektif dalam memerangi penyakit neuropati.

Selain makanan sehat, makanan dengan vitamin dan mineral yang seimbang mampu memberikan dukungan kinerja saraf-saraf motoric dan sensorik tubuh. Jaga selalu kesehatan, hidup sehat, dan selalu berpikiran positif agar sel-sel tubuh bekerja dengan positif. Dengan begitu, penyakit dan keadaan tidak sehat dapat terhindari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf