Sponsors Link

Operasi Hidrosefalus Pada Bayi – Jenis, Prosedur dan Biaya

Sponsors Link

Ketika bayi yang dilahirkan mengalami ciri-ciri hidrosefalus pada bayi, tentu orang tua akan memberikan pengobatan yang terbaik. Termasuk jika bayi memang terbukti didiagnosa menderita macam-macam penyakit saraf tersebut. Termasuk langkah yang ditempuh harus berupa operasi hidrosefalus pada bayi, tentunya hal tersebut akan segera diusahakan. Namun masih banyak orang yang awam akan hal ini. Oleh sebab itu berikut ini penjelasan sekilas tentang operasi hidrosefalus pada bayi yang diharapkan dapat memberi sedikit informasi pada yang membutuhkan informasi tersebut.

ads

Jenis Operasi

Adapun jenis operasi yang biasanya diterapkan pada kasus hidrosefalus adalah sebagai berikut:

1. Pemasangan Shunt

Shunt merupakan alat khusus yang bentuknya menyerupai selang dan dipasangkan oleh ahli bedah ke dalam kepala untuk mengalirkan cairan penyebab gegar otak ke bagian tubuh lain kemudian akan diserap oleh pembuluh darah. Bagian tubuh untuk rute aliran cairan serebrospinal tersebut yaitu umumnya rongga perut. Shunt dilengkapi katup untuk mengendalikan aliran cairan sehingga cairan serebrospinal nantinya  tidak surut terlalu cepat. Shunt pada bayi biasanya  perlu diganti di kemudian hari. Kurang lebih sebanyak dua kali sebelum mereka menginjak usia 10 tahun.

2. EVT (Endoscopic Third Ventriculostomy)

Jenis operasi lainnya adalah endoscopic third ventriculostomy (ETV). Berbeda dengan shunt, pada operasi ETV, cairan gejala gegar otak ringan dikeluarkan dengan jalan menciptakan lubang penyerapan baru yang dibuat di permukaan otak. Umumnya ini dilakukan pada kasus penyumbatan ventrikel otak.

Persiapan Operasi

Adapun sebelum melakukan operasi ada beberapa hal yang harus dilakukan:

  1. Pastikan persiapan psikologis ibu dan bayi supaya tidak mengalami shock pasca operasi.
  2. Persiapkan dana secukupnya terutama untuk mengatasi dana tidak terduga.
  3. Pilih dokter anak yang sesuai dan mengenal dekat kondisi kesehatan bayi.
  4. Konsultasikan pada dokter mengenai waktu terbaik untuk melakukan operasi.
  5. Pastikan kondisi bayi cukup prima secara fisik untuk menghindari terjadinya penurunan keadaan fisik saat di tengah-tengah proses operasi.

Prosedur Operasi

Prosedur operasi umumnya yaitu sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan bayi untuk puasa 10 jam sebelum operasi agar cairan infus tidak menyebabkan mual muntah;
  2. Memulai proses dengan sterilisasi area yang akan dioperasi;
  3. Proses operasi akan berupa pemasangan shunt ataupun penyedotan cairan dari dalam otak ke luar;
  4. Proses umumnya akan berlangsung beberapa jam hingga seluruh cairan dapat dialihkan dari otak atau dibuang;
  5. Pada tahap akhir bayi akan dibiarkan di ruang pemulihan hingga efek infus telah mereda.
Sponsors Link

Biaya Operasi

Adapun untuk biaya operasi hidrosefalus besarnya bervariasi. Tergantung pada jenis rumah sakit, jenis kamar perawatan maupun tingkat kesulitan penyakit. Sebagai gambaran pada tahun 2012 operasi hidrosefalus termudah dan terminim di kisaran biaya 15 juta. Namun bisa jadi menyentuh angka puluhan juta rupiah.

Bila ingin mendapatkan biaya operasi yang lebih ringan saat ini pemerintah menyediakan program BPJS dan biaya operasi dapat ditanggung gratis. Pastikan memenuhi syarat dengan lengkap dan bersabar menunggu waktu operasi yang ditentukan. Karena bisa jadi harus menunggu giliran dengan pasien BPJS lainnya.

Demikian penjelasan dan gambaran singkat mengenai operasi hidrosefalus pada bayi. Pastikan bahwa kesiapan psikologis ibu dan bayi sudah benar-bensr matang. Demikian juga kesiapan dana bagi operasi gejala awal hidrosefalus pada bayi tersebut. Karena tentunya biaya yang dikeluatkan tidak sedikit dan energi ataupun usaha yang dilakukan juga maksimal. Dengan persiapan yang matang, tentunya operasi akan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hidrosefalus