Sponsors Link

6 Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Epilepsi Sehat Dan Bergizi

Sponsors Link

Makanan yang sehat tentu akan bermanfaat baik bagi tubuh. Demikian pula makanan yang boleh dikonsumsi penderita epilepsi. Tentunya akan berupa makanan yang kaya nutrisi bagi pertumbuhan otak. Sehingga penderita dapat terhindar dari resiko kambuhnya penyakit.

ads

Namun tentu banyak yang kurang paham apa saja makanan yang sebaiknya disajikan untuk membantu cara mengobati penyakit epilepsi. Sehingga penderita tidak sering kambuh serta tumbuh lebih sehat. Adapun berikut ini beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi penderita epilepsi.

1. Buah

Buah-buahan tentu kaya akan berbagai macam vitamin. Oleh sebab itu konsumsi berbagai macam buah setiap hari baik untuk memaksimalkan asupan vitamin bagi penderita epilepsi. Sehingga memaksimalkan nutrisi bagi otak dan menghindari macam-macam penyakit saraf pada penderita. Berikan buah-buahan seperti jeruk, pepaya, pisang dan alpukat yang membantu asupan vitamin bagi fungsi motorik dan kognitif saraf penderita.

2. Sayuran

Umumnya sayuran merupakan sumber mineral bagi tubuh. Karena itu sajikan sayur-sayuran seperti bayam, brokoli maupun wortel yang memaksimalkan tumbuh kembang otak serta asupan oksigen dalam darah. Bila peredaran darah lancar maka dapat menghindari terjadinya pendarahan otak akibat darah tinggi yang dapat memicu serangan kejang. Selain itu jumlah kalsium yang tinggi juga baik untuk pertumbuhan otak dan menjaga fungsi saraf tetap maksimal serta terkoordinasi dengan baik.

3. Ikan

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi penderita epilepsi berikutnya yaitu ikan-ikanan seperti ikan air laut maupun ikan air tawar. Karena itu memberikan menu makanan seperti ikan salmon maupun ikan gurami akan baik sebagai sumber protein tinggi bagi penderita. Dengan kandungan protein yang tinggi maka gejala gegar otak ringan pemicu serangan epilepsi dapat dihindari. Pastikan bahwa penderita tidak mengalami alergi supaya tidak timbul efek samping yang tidak diinginkan.

4. Kedelai

Jenis makanan lain yang tinggi protein yaitu yang mengandung atau terbuat dari kacang kedelai. Oleh sebab itu makanan seperti tahu dan tempe baik diberikan setiap hari. Untuk menghindari batuk dapat dengan mengukus makanan. Atau bisa juga direbus dan dicampur dengan sayur-sayuran. Selain itu dapat pula dengan memberikan susu kedelai sebagai alternatif pengganti susu sapi.

5. Daging

Makanan lain yang baik untuk diberikan yaitu segala macam daging. Baik daging ayam maupun daging sapi. Lebih baik lagi jika memilih daging yang rendah lemak seperti dada ayam atau daging has. Sehingga asupan protein bagi otak lebih maksimal namun tidak diiringi konsumsi lemak yang tinggi. Olah daging menjadi aneka masakan lezat supaya penderita selalu tertarik untuk memakannya. Misalnya ditumis, diberi kuah maupun diolah bersama jenis makanan yang lainnya.

Sponsors Link

6. Susu

Makanan lain yang baik untuk dikonsumsi yaitu segala produk olahan susu seperti keju maupun yoghurt. Susu sapi murni juga baik untuk diberikan setiap hari sebagai sumber kalsium yang tinggi. Dengan rajin mengkonsumsi susu dan produk turunannya, maka asupan kalsium tubuh menjadi lebih maksimal.

Sehingga pertumbuhan otak serta saraf dan tulang juga ikut lebih optimal. Pastikan kembali penderita tidak mengalami alergi, supaya tidak terjadi efek samping bagi tubuh yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi penderita epilepsi. Sehingga nutrisi yang diterima otak dan tubuh penderita akan lebih maksimal. Selain itu tubuh penderita dapat bertumbuh dengan baik serta kesehatan dan proses pemulihan gegar otak ringan pada penderita ayan dapat terjaga secara maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman