Sponsors Link

8 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Syaraf Kejepit Lezat Dan Bergizi

Sponsors Link

Saraf kejepit tentu menimbulkan rasa sakit dan nyeri bagi penderitanya sehingga membutuhkan makanan yang baik untuk penderita syaraf kejepit sebagai salah satu pendukung pemulihan yang cepat. Rasa nyeri dan sakit yang disebabkan oleh cedera saraf kejepit ini tentu akan menyiksa Anda. Hal ini pun akan menghambat aktivitas Anda dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa jadi rasa sakit ini juga akan mengganggu jam istirahat. Sehingga cedera saraf kejepit ini merupkan suatu cedera yang serius dan tidak seharusnya disepelekan.

ads

Syaraf kejepit di pinggang memang sebaiknya harus segera ditangani. Ada beberapa langkah dimana kondisi ini dapat diatasi dan diobati dengan cara tradisional, dengan terapi, dan dengan mendapatkan pengobatan medis. Selain itu bisa pula dengan cara mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan dapat menyembuhkan cedera saraf kejepit. Berikut beberapa contoh makanan yang baik untuk penderita syaraf kejepit.

1. Buah Pisang

Buah pisang seringkali dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit. Buah pisang diketahui mengandung kalium. Kalium merupakan suatu nutrisi yang dibutuhkan manusia untuk metabolisme sel tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan koneksi antar saraf dalam tubuh menjadi lemah. Hal ini menyebabkan buah pisang menjadi makanan yang perlu dikonsumsi oleh penderita saraf kejepit.

Saraf kejepit pun dapat mereda karena kalium yang ada pada buah ini. Dengan adanya kalium maka saraf pun dapat berfungsi dengan baik. Buah pisang juga kaya akan karbohidrat. Karbohidrat yang ada dalam buah ini dibutuhkan manusia sebagai sumber tenaga. Kemudian pisang juga mengandung serat yang dibutuhkan manusia untuk memperlancar proses pencernaan.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat juga bisa dikonsumsi oleh penderita macam-macam penyakit saraf. Buah alpukat ini memang memiliki lemak yang tinggi. Jadi buah ini bisa dikonsumsi dengan tujuan untuk menambah stamina dan tenaga Anda. Namun beberapa wanita berusaha untuk menghindari konsumsi buah alpukat akibat efeknya yang dipercaya dapat menambah berat badan.

Hal ini tentu tidak diinginkan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet dan menurunkan berat badan. Padahal lemak yang terkandung dalam buah alpukat itu tergolong sebagai lemak yang baik. Karena itu buah alpukat sebenarnya merupakan buah yang layak dan baik untuk dikonsumsi. Kalium yang terkandung dalam buah ini sangat dibutuhkan oleh penderita saraf kejepit.

Sebab kalium dapat memperlancar koneksi antar saraf dan dapat membuat saraf berfungsi dengan optimal. Kalium juga dipercaya dapat menghindarkan saraf dari adanya tekanan oleh jaringan disekitarnya. Selain mengandung kalium, buah alpukat juga mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Vitamin E ini diperlukan oleh beberapa orang dalam hal merawat kulit.

3. Kacang-kacangan

Makanan berjenis kacang-kacangan juga mengandung kalium yang tinggi. Jadi, kacang-kacangan ini cocok bila dikonsumsi oleh orang yang sedang berada dalam proses pemulihan dari cedera saraf kejepit. Sebab jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan kalium yang bisa berguna untuk meredakan cedera saraf kejepit. Kacang-kacangan yang mengandung kalium membuat saraf menjadi berfungsi dengan baik seperti semula.

Sponsors Link

Selain itu kandungan dalam jenis kacang-kacangan ini juga dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan fungsi pada saraf. Hal ini pun mendorong saraf menjadi normal kembali. Apalagi kacang-kacangan juga mengandung protein. Protein inilah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempercepat proses pemulihan. Demikian juga dengan penderita saraf kejepit. Dengan asupan protein yang tinggi secara rutin, maka sel tubuh yang telah rusak pun akan segera diganti oleh sel-sel yang baru.

4. Buah Jeruk

Buah jeruk seringkali dijadikan sebagai minuman terutama diolah dalam bentuk jus. Jus jeruk tentunya merupakan jenis minuman yang segar. Jus jeruk juga sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Tidak hanya menyegarkan, jus jeruk ternyata juga berfungsi bagi orang yang sedang sakit. Jus jeruk sangat berguna sebagai salah satu cara menyembuhkan saraf kejepit. Minuman ini membantu tubuh dalam menyerap kalium.

Jadi, secara tidak langsung ini bisa dijadikan sebagai minuman pelengkap setelah Anda mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalium. Oleh sebab itu jus jeruk ini pun dianjurkan sebagai salah satu makanan yang baik untuk penderita saraf kejepit. Jeruk juga kaya akan manfaat vitamin C. Vitamin C ini diperlukan oleh semua orang untuk kesehatan.

Vitamin C terutama memberikan fungsi menambah daya tahan tubuh sehingga Anda tidak akan mudah sakit bila rutin mengonsumsi vitamin C. Di samping itu juga dapat mencegah terjadinya masalah pada mulut, misalnya sariawan dan gusi berdarah.

ads

5. Susu Skim

Susu skim adalah susu yang tidak memiliki lemak. Kandungan lemak pada susu skim hanya sekitar 1% saja. Karena itu minuman ini mengandung semua kandungan yang ada pada susu kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak saja. Susu skim cenderung diperlukan oleh penderita saraf kejepit. Susu skim berfungsi sama dengan jus jeruk yaitu membantu penyerapan kalium dalam tubuh. Selain itu juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Sehingga bisa dikonsumsi untuk mempercepat proses pemulihan. Susu juga diperlukan oleh orang yang berpotensi mengalami osteoporosis atau tulang keropos.

6. Sayur Bayam

Sayuran hijau sebenarnya mengandung kalsium yang tinggi.Dalam hal ini termasuk pula sayur bayam. Kalsium merupakan suatu mineral yang berperan penting dan berfungsi untuk semua sel dalam tubuh Anda. Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan juga untuk jaringan lunak.

Sehingga dibutuhkan manusia untuk membantu transmisi impuls oleh saraf. Saraf pada dasarnya berpengaruh terhadap kinerja otot. Otot-otot dapat berkontraksi karena adanya pelepasan ion kalsium yang dilakukan oleh ujung saraf. Kalsium juga dianjurkan bagi Anda yang sedang menjalani terapi saraf kejepit. Kalsium dapat melindung isel yang sedang terluka dan mencegahnya mengalami kerusakan lebih lanjut.

7. Sayur Brokoli

Sayur brokoli juga mengandung mineral kalsium yang tinggi. Sayur brokoli bisa dijadikan sebagai menu yang rutin dikonsumsi setiap hari agar penyerapan kalsium dapat berlangsung dengan baik. Kalsium dalam tubuh bisa berfungsi untuk membantu saraf dalam menjalankan perannya. Kalsium juga berpengaruh terhadap gerak otot manusia. Selain itu, kalsium juga diperlukan bagi perkembangan sel otak terutama pada pertumbuhan anak.

8. Keju

Keju merupakan prosuk dari susu. Keju adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi. Sehingga diperlukan untuk cara mengobati syaraf kejepit secara alami dalam mempercepat proses pemulihan. Keju juga sering dikonsumsi oleh anak-anak agar mengalami pertumbuhan tulang yang maksimal.

Keju dapat ditemukan dengan mudah dan ada dimana pun. Sehingga Anda bisa menggunakan keju sebagai menu makanan Anda. Keju bila rutin dikonsumsi akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan Anda. Anda juga bisa menjadikan keju sebagai bahan makanan yang dicampurkan dengan menu makanan Anda yang lain.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk penderita syaraf kejepit. Jika mengalami penyakit tersebut sebaiknya atur menu makanan sehari-hari supaya sesuai. Dengan demikian akan membantu mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan syaraf yang optimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman