Sponsors Link

8 Makanan Untuk Penderita Stroke Berat Kaya Protein Dan Vitamin

Sponsors Link

Jika menderita suatu penyakit umumnya kita harus menjaga asupan makanan. Demikian pula pada penderita stroke. Makanan untuk penderita stroke berat sebaiknya harus diatur dengan baik supaya tidak memperburuk kondisi pasien. Sebaiknya untuk memaksimalkan kesembuhan penderita, hindari makanan penyebab stroke. Oleh sebab itu menu makanan sehari-hari sebaiknya disesuaikan dengan angka kecukupan gizi maupun kebutuhan vitamin dan mineral penderita. Adapun berikut ini beberapa makanan untuk penderita stroke berat yang berguna dalam menjaga keseimbangan lemak dalam darah:

ads

1. Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung atau brokoli bermanfaat mengandung serat yang tinggi. Selain itu kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Sehingga sistem pencernaan menjadi lancar serta timbunan lemak dapat dihindari. Dengan konsumsi sayuran hijau setiap hari dapat memperlancar proses penyembuhan stroke.

2. Buah-Buahan

Buah merupakan sumber vitamin bagi tubuh. Mengkonsumsi buah setiap hari seperti apel, strawberry dan anggur dapat mengurangi resiko terjadinya macam-macam stroke dan penyebabnya. Dengan nutrisi yang cukup maka tubuh akan mempunyai daya tahan yang prima dalam menghadapi serangan penyakit.

3. Sop Ayam

Konsumsi sop ayam selain sedap juga menyehatkan. Pastikan hanya menyajikan daging ayam di bagian dadanya saja. Sehingga tinggi protein dan tidak tinggi lemak. Hal ini menghindarkan kemungkinan meningkatnya kandungan lemak dalam darah dapat dihindari. Selain itu sayuran yang terdapat pada sop seperti wortel dan seledri baik untuk meningkatkan fungsi penglihatan pasien stroke. Hal ini memudahkan proses penyembuhan berjalan dengan lancar.

4. Daging Tanpa Lemak

Masukkan daging tanpa lemak dalam menu penderita stroke. Fungsinya untuk mencegah penyerapan lemak dari daging yang dikonsumsi. Daging mengandung protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan otak. Namun biasanya kandungan lemaknya dapat merupakan sumber penyakit. Karena itu sajikan daging tanpa lemak supaya penyebab penyakit stroke dapat dihindari.

5. Lalapan

Konsumsi lalapan baik untuk kesehatan tubuh. Karena lalapan mengandung banyak buah dan sayuran. Ketimun pada lalapan berfungsi mencegah darah tinggi yang biasanya dialami penderita stroke berat. Selain itu sayuran yang lain merupakan sumber asupan vitamin dan mineral yang tinggi bagi tubuh. Dengan kadar vitamin yang cukup, fungsi tubuh dapat berjalan optimal dan terhindar dari penyakit stroke.

6. Ikan-ikanan

Ikan mengandung omega tiga yang baik bagi kesehatan otak. Oleh sebab itu konsumsi ikan laut sangat dianjurkan pada penderita stroke berat. Kandungan omega tiganya akan membantu memperbaiki sel-sel saraf yang rusak dan merupakan cara menyembuhkan stroke yang cukup cepat dan optimal.

Sponsors Link

7. Kukusan

Makan makanan yang dikukus baik untuk kesehatan. Karena makanan yang dikukus tidak mengandung lemak yang umumnya terdapat pada makanan yang digoreng. Sehingga konsumsi kentang kukus ataupun tahu yang dikukus sebaiknya dijadikan salah satu menu bagi penderita stroke berat.

8. Kedelai

Kedelai tinggi protein yang baik untuk kesehatan otak. Oleh sebab itu makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe baik untuk menunjang pemulihan penyakit saraf. Termasuk penyakit stroke. Selain tahu dan tempe dapat juga diberikan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Karena susu sapi tinggi lemak sehingga dapat meningkatkan resiko terserang stroke yang kedua kalinya.

Demikian beberapa makanan untuk penderita stroke berat. Dengan asupan makanan yang baik , sehat dan seimbang maka gejala stroke dapat diatasi dengan benar. Kesembuhan penderita dapat lebih cepat serta serangan stroke kecil kemungkinannya untuk terjadi kembali.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman