Sponsors Link

15 Macam Makanan Untuk Penderita Gegar Otak Ringan Bernutrisi Tinggi

Sponsors Link

Saat mengalami gejala gegar otak yang tidak terlalu parah, sebaiknya segera atasi dan pastikan mendapat menu makanan untuk penderita gegar otak ringan. Hal ini cukup penting karena gizi dan nutrisi yang dibutuhkan dalam menunjang kesembuhan kondisi seseorang harus maksimal jika sedang menderita cedera atau sakit. Termasuk jika mengalami gejala gegar otak ringan.

ads

Sehingga sebaiknya pastikan menu makanan yang dikonsumsi penderita cukup baik dan kaya akan kandungan berbagai macam gizi berupa vitamin dan mineral. Ada berbagai macam jenis makanan yang diperlukan bagi penderita gegar otak. Supaya lebih jelasnya, simak berikut ini apa saja makanan untuk penderita gegar otak ringan yang sebaiknya disajikan setiap hari di masa pemulihan.

1. Ikan Laut

Makanan yang paling tinggi nutrisinya untuk sel saraf otak yaitu segala jenis ikan laut. Seperti misalnya ikan salmon, ikan tuna maupun ikan ekor kuning. Semua ikan-ikanan yang berasal dari laut mengandung protein tinggi serta DHA yang bermanfaat memaksimalkan kondisi otak penderita. Sehingga jika mengalami gegar otak akan dapat segera pulih secara alami dan menghindari resiko komplikasi yang lebih fatal.

2. Telur

Selanjutnya macam makanan yang kaya akan protein yaitu telur ayam. Dapat pula memberikan telur burung puyuh. Pada intinya segala jenis masakan telur kaya akan kandungan protein serta DHA juga. Sehingga jika mengkonsumsi telur akan membantu pemulihan gejala gegar otak ringan supaya makin cepat sembuh dan tidak makin parah.

3. Daging Ayam

Makanan lain yang penting bagi pemulihan gejala gegar otak yaitu daging ayam. Selain lezat dan banyak digemari orang, daging ayam juga kaya mineral yang penting untuk kesembuhan sel saraf otak. Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan yang bukan hanya enak namun juga bermanfaat dan berkhasiat maksimal dalam mendukung pemulihan otak yang cedera.

4. Daging Sapi

Bukan hanya daging ayam, namun daging sapi juga tinggi khasiatnya untuk mengatasi gegar otak ringan. Oleh sebab itu berikan selalu menu daging sapi yang diolah menjadi bermacam-macam masakan supaya kondisi sel saraf otak makin membaik dan terhindar dari resiko lupa ingatan atau amnesia yang fatal.

5. Udang

Makanan laut mengandung omega tiga serta DHA yang sangat tinggi. Termasuk juga udang. Segala jenis udang baik untuk membantu mempercepat pemulihan trauma pada otak dan kepala. Hanya saja batasi pemberiannya supaya terhindar dari resiko gejala awal stroke akibat kandungan kolesterol yang tinggi. Jika dikonsumsi secara wajar maka akan membantu memulihkan trauma otak, namun jika berlebihan maka akan dapat berbahaya.

6. Sayur Bayam

Banyak sekali jenis sayuran yang baik bagi tubuh, termasuk juga sayur bayam. Sayur ini mengandung zat besi yang baik bagi pengembangan sel saraf otak sekaligus bekerja mencegah resiko kekurangan darah. Sehingga jika terjadi pendarahan otak akan segera dapat dipulihkan dengan komposisi zat besi dari sayur bayam.

Sponsors Link

7. Brokoli

Sayur brokoli juga baik untuk kesehatan otak. Kandungan magnesium dalam sayur ini sangat baik memulihkan kondisi otak dan mengembalikan fungsi otak seperti semula. Sehingga kemampuan berpikir dan daya ingat penderita dapat kembali normal.

8. Buah Jeruk

Jika mengalami trauma otak sebaiknya konsumsi berbagai jenis buah terutama yang kaya vitamin C dosis tinggi. Seperti misalnya dengan memberikan buah jeruk setiap sore hari. Karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta imunitas penderita. Dengan demikian maka tubuh penderita akan membentuk daya pemulihan dari penyakit yang lebih cepat setiap harinya.

9. Hati Sapi

Makanan untuk penderita gegar otak ringan yang lain yaitu termasuk hati sapi. Selain kaya protein, magnesium dan kalsium, hati sapi juga kaya akan zat besi. Sederetan nutrisi ini akan diperlukan untuk membantu memaksimalkan sel otak dalam bekerja lebih baik dan memulihkan cedera secara alami.

ads

10. Kerang

Salah satu makanan yang tinggi protein yaitu termasuk segala jenis kerang. Dengan konsumsi kerang maka sumber protein dan omega tiga yang dibutuhkan untuk memulihkan gegar otak dapat diperoleh secara maksimal. Sehingga gejala gegar otak dapat segera sembuh tanpa khawatir akan menjadi lebih buruk. Hanya saja sebaiknya jangan berikan makanan ini setiap hari karena akan berpotensi menimbulkan penyakit asam urat yang berbahaya bagi tubuh.

11. Sawi

Selalu berikan manfaat sayur pada penderita supaya dapat membantu memberikan asupan vitamin serta mineral yang sesuai untuk meningkatkan daya ingat otak. Misalnya dengan memberikan tumisan sayur sawi yang dicampur dengan lauk pauk lain yang kaya protein. Sehingga trauma pada otak dapat pulih secara perlahan dan tidak timbul komplikasi lanjutan yang berbahaya atau dapat menyebabkan kelumpuhan pada otak.

12. Pisang

Buah yang baik untuk dimakan penderita gegar otak ringan termasuk yaitu buah pisang. Karena buah ini kaya akan kandungan kalsium yang bermanfaat dalam memberikan nutrisi yang diperlukan oleh otak. Dengan kecukupan kalsium maka proses berpikir dan regenerasi sel-sel saraf otak akan menjadi lebih maksimal. Sehingga trauma otak akan segera sembuh dan resiko mengalami gejala amnesia juga akan lebih kecil.

13. Bawang Putih

Saat mengalami trauma di kepala yang berbahaya sebaiknya berikan makanan yang mengandung bawang putih. Contohnya segala jenis sayuran tumis bawang putih atau menu lain yang kaya akan bawang putih. Karena bahan makanan ini akan bekerja sebagai antibiotik alami yang mengatasi berbagai macam trauma pada kepala dengan resiko pendarahan maupun pembekuan dan sumbatan aliran darah pada otak. Dengan makan bawang putih maka cedera otak dapat lebih minim dan penderita akan segera pulih tanpa efek samping yang berarti.

14. Kacang Merah

Makanan lain yang baik untuk mengatasi cedera pada sel otak yaitu dengan kacang merah. Selain mudah didapat dan lezat juga kaya berbagai nutrisi penting seperti potasium dan zat besi. Sehingga pendarahan dapat dihindari dan sel otak dapat melakukan regenerasi dengan lebih optimal.

15.Kacang Hijau

Berikutnya dapat pula dengan menyajikan kacang hijau sebagai alternatif makanan yang baik untuk membantu memulihkan kondisi otak yang cedera. Dengan kandungan vitamin B yang tinggi, maka sel saraf otak akan mengalami pemulihan dengan lebih maksimal. Sehingga resiko terjadi kelumpuhan serta kematian sel saraf dapat berkurang dengan maksimal. Selain itu daya ingat penderita juga akan tetap stabil dan normal kembali.

Demikian beberapa macam makanan untuk penderita gegar otak ringan. Dengan memberikan menu makanan yang kaya gizi serta vitamin dan mineral, maka diharapkan penyebab gegar otak dapat segera pulih secara alami. Pengobatan medis tentu akan tetap diperlukan. Namun supaya dapat menunjang kondisi kesembuhan penderita yang lebih cepat, sebaiknya selalu sajikan menu makanan di atas secara bergantian setiap hari. Sehingga kondisi penderita cepat membaik dan dapat beraktivitas normal kembali seperti sedia kala.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gegar Otak