Sponsors Link

15 Makanan Untuk Penderita Bell’s Palsy Yang Bergizi Tinggi

Sponsors Link

Ada beberapa macam makanan untuk penderita bells palsy yang sebaiknya diketahui oleh para penderita penyakit tersebut. Hal ini karena sangat penting menjaga asupan makanan supaya tidak sembarangan namun memperhatikan nilai gizi dan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

ads

Sangat penting bagi penderita penyakit ini untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin dan mineral penting untuk mempercepat pemulihan.

Apalagi yang kaya akan protein tinggi supaya dapat meningkatkan kerja otak untuk jauh lebih berkembang. Jika ingin tahu lebih lanjut apa saja jenis makanan tersebut, maka berikut ini beberapa makanan untuk penderita bells palsy untuk dikonsumsi sehari-hari.

1. Ayam

Daging ayam kaya akan kandungan protein tinggi yang bisa membantu memulihkan kondisi saraf pada penderita penyakit bells palsy. Sebaiknya pilih bagian dada ayam yang tinggi protein tapi rendah kandungan lemak. Sehingga resiko penyakit lainnya bisa dihindari dan kondisi tubuh penderita juga bisa semakin membaik.

2. Daging

Ada berbagai macam daging yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit tersebut seperlunya. Pastikan untuk memberikan olahan daging secara teratur dengan jenis menu yang berbeda-beda setiap harinya. Misalnya saja bisa dengan olahan daging sapi serta olahan daging kambing. Hanya saja sebaiknya hindari daging yang mengandung lemak tinggi supaya terhindar dari resiko penyakit berbahaya yang tidak diinginkan contohnya faktor penyebab stroke.

3. Tahu

Segala jenis bahan makanan dengan dasar protein bisa menjadi pilihan tepat bagi penderita penyakit bells palsy. Salah satunya yaitu hasil olahan berupa tahu yang bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Mulai dari digoreng, direbus ataupun dikukus.

Oleh sebab itu memberikan variasi menu pada penderita penyakit bells palsy berupa olahan tahu bisa menjadi salah satu alternative yang baik dan sehat. Selain mengandung protein juga mengandung lemak yang rendah. Maka dari itu tidak menimbulkan resiko penyakit lainnya.

4. Telur

Konsumsi telur juga termasuk pilihan yang baik untuk para penderita penyakit bells palsy. Hal ini karena telur mengandung cukup banyak protein juga yang membantu memulihkan kondisi otak serta saraf para penderita penyakit tersebut. Hanya saja telur juga mengandung kolesterol, sehingga sebaiknya berikan dalam jumlah yang cukup dan diselingi oleh menu yang lain setiap harinya.

5. Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran hijau bisa dikatakan baik untuk para penderita penyakit apapun, termasuk juga bila diberikan setiap hari untuk menu makanan pada penderita penyakit bells palsy. Mulai dari sayuran seperti bayam dan daun singkong, atau berbagai macam jenis sayur lalapan merupakan alternatif yang sangat sehat.

Selain kaya akan serat, sayuran hijau umumnya juga kaya akan kandungan berbagai vitamin serta mineral yang diperlukan untuk membantu mempercepat pemulihan para penderita penyakit ini. Oleh karena itu sebaiknya berikan aneka macam olahan sayur setiap harinya untuk membantu kesehatan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. 

Sponsors Link

6. Buah

Sama halnya dengan sayuran, konsumsi buah juga termasuk merupakan jenis makanan yang baik untuk penderita aneka macam penyakit saraf. Oleh sebab itu selalu sediakan berbagai jenis buah-buahan untuk dikonsumsi setiap hari. Sebaiknya pilih buah seperti papaya, jeruk, apel maupun pisang. Tetapi usahakan untuk menghindari buah yang berbahaya seperti durian karena bisa mendatangkan penyakit yang berbahaya.

7. Ikan Laut

Makanan untuk penderita bells palsy berikutnya yaitu berbagai macam jenis ikan laut yang kaya protein dan rendah lemak. Oleh karena itu sebaiknya sediakan olahan ikan laut seperti misalnya baronang, ikan bawal laut maupun jenis ikan laut lainnya. Bisa digoreng, dikukus maupun dimasak dengan berbagai cara yang lain.

8. Kacang-kacangan

Aneka macam kacang-kacangan juga mengandung protein yang tinggi untuk bisa membantu memperbaiki daya kerja otak dan saraf penderita penyakit penyebab bells palsy. Oleh sebab itu bisa diberikan untuk alternative menu sehari-hari. Misalnya saja olahan kacang panjang maupun kacang kedelai.

9. Keju

Makanan dengan tambahan keju bisa memberikan asupan kalsium yang lebih tinggi pada para penderita bells palsy. Sehingga membantu meningkatkan kondisi tulang dan meningkatkan fungsi kerja otot tubuh. Oleh sebab itu menu sarapan roti dan keju bisa menjadi menu yang baik untuk diberikan pada penderita penyakit bells palsy. 

ads

10. Gandum

Konsumsi gandum adalah salah satu jenis menu yang baik untuk setiap orang, termasuk penderita penyakit bells palsy. Hal ini karena gandum mengandung banyak serta tetapi rendah lemak. Selain itu gandum yang baik dapat melawan resiko penyakit kardiovaskular. Oleh sebab itu berbagai macam olahan gandum cocok dijadikan pilihan menu setiap harinya.

11. Beras merah

Untuk menggantikan nasi, bisa dipilih jenis beras merah yang lebih kaya serta tetapi rendah resiko glukosa pada gula darah. Oleh sebab itu menu makanan penderita bells palsy bisa digantikan dengan konsumsi beras merah yang sehat dan kaya akan nutrisi.

12. Udang

Konsumsi udang bisa diberikan pada penderita bells palsy sebagai salah satu lauk pauk pengganti menu sehari-hari. Udang mengandung protein yang tinggi, tetapi di sisi lain udang juga mengandung kolesterol yang juga tinggi.

Udang juga mengandung purin yang bisa menyebabkan macam-macam penyakit saraf. Karena itu batasi pemberian makanan ini, tetapi tetap masukkan sebagai menu untuk membantu asupan protein harian bagi penderita bells palsy.

13. Ketela

Berbagai macam ubi seperti misalnya ketela bisa dijadikan alternatif camilan dan makanan ringan bagi penderita bells palsy. Tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga mengandung karbohidrat untuk cukup energy sehari-hari. Karena itu memberikan ketela untuk cemilan pagi atau sore bisa dijadikan pilihan yang baik untuk tambahan menu sehari-hari.

14. Susu

Susu mengandung kalsium yang tinggi, selain itu juga mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang serta mendukung proses metabolism tubuh penderita penyakit bells palsy. Karena itu usahakan untuk memberikan menu susu rendah lemak pada para penderita penyakit tersebut supaya memiliki tulang dengan masa yang penuh serta mencegah resiko osteoporosis yang berbahaya.

15. Air putih

Walaupun bukan jenis makanan, namun konsumsi air putih sebanyak kurang lebih 2 liter sehari sangat penting bagi para penderita penyakit saraf manapun. Dengan konsumsi air putih yang cukup, maka peredaran darah akan menjadi cukup lancar. Bila peredaran darah maksimal, maka resiko serangan penyakit bisa dihindari dan bisa cepat disembuhkan.

Itulah beberapa makanan untuk penderita bells palsy yang sebaiknya diberikan secara bergantian setiap harinya. Melalui asupan makanan untuk penderita stroke berat yang baik pula untuk penderita penyakit bells palsy, maka tentunya kondisi kesehatan syaraf akan jauh lebih meningkat. Sehingga potensi kesembuhan penderita juga dapat makin meningkat pula.

Dengan konsumsi makanan yang sehat juga membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita bells palsy, sehingga resiko untuk mengalami pelemahan saraf dapat diminimalkan dan penderita dapat beraktifitas normal kembali seperti sebelumnya.

, , ,
Oleh :