Sponsors Link

20 Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke yang Aman di Konsumsi

Sponsors Link

Merasa tertekan dengan pantangan makanan bagi penderita stroke? Bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja? Hem, tentunya sangat memusingkan ketika harus menyusun menu makanan enak dan sehat bagi penderita stroke karena tidak semua makanan bebas dinikmati seperti sedia kala.

ads

Apalagi mengingat definisi penyakit stroke dan beberapa penyebabnya yang juga sangat erat dengan pola makan yang tidak sehat, membuat orang jadi ragu-ragu memilih makanan enak karena stigma makanan enak pasti tidak sehat yang telanjur melekat di masyarakat. Hal ini membuat penderita stroke tidak memiliki referensi menu yang beragam. Padahal, ada banyak lho, makanan sehat yang enak dan mampu mencukupi nutrisi penderita stroke.

Faktor Resiko Stroke

Sebelum membahas ragam makanan sehat untuk penderita stroke, perlu diperhatikan juga standar makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita stroke agar kita bisa menghindari jenis-jenis makanan penyebab stroke atau yang malah memperberat penyakit stroke itu sendiri. Faktor-faktor yang harus diperhatikan sebelum memberi makanan untuk penderita stroke adalah sebagai berikut:

1. Resiko Akut

Untuk penderita stroke yang sedang berada dalam fase akut, pemberian nutrisi rendah kalori sangat dianjurkan. Karena menghindari resiko pendarahan otak lebih banyak lagi.

2. Resiko Disfagia

Untuk penderita stroke yang sedang dalam fase ini, pemberian nutrisi harus dalam bentuk cair dulu, kemudian meningkat kekentalannya, seperti bubur cair, bubur kental dan jika sudah memungkinkan baru diberi makanan dengan tekstur padat.

3. Resiko Diabetes Melitus

Untuk penderita stroke dengan resiko diabetes melitus ini, perlu diperhatikan jadwal, jenis dan jumlah makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita stroke. Selain itu, harus mempertimbangkan indeks glikemik yang terkandung dalam makanan yang diberikan.

4. Resiko Hipertensi

Untuk mencegah resiko hipertensi akibat kesalahan menu dalam makanan penderita stroke, maka jenis makanan yang dapat diberikan dapat berupa buah, sayur , susu rendah lemak, protein hewani rendah lemak dan tentunya membatasi jumlah garam.

5. Resiko Dislipidema

Dislipidema adalah gangguan lemak di dalam tubuh, sehingga sangat rentan untuk mengakibatkan pecahnya dinding pembuluh darah.  Untuk jumlah makanan yang diberikan harus bisa mempertahankan berat badan ideal.

6. Resiko Obesitas

Untuk penderita stroke dengan resiko obesitas, pemberian makanan yang rendah kalori sangat dianjurkan. Karena penderita stroke harus menurunkan berat badannya maksimal 0,5kg  hingga 1 kg perminggunya.

7. Resiko hiperurisemia

Hiperurisemia adalah kondisi tubuh yang kelebihan purin sehingga terdeteksi dalam urin. Kondisi ini dapat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat. Sehingga, untuk penderita stroke dengan resiko hiperurisemia ini tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Seperti, petai, jengkol, jerohan, bayam, melinjo dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Jika sudah paham mengenai batasan dan faktor resiko, mulailah menyusun menu yang enak dan sehat bagi penderita stroke agar cepat membaik. Adapun contoh jenis pilihan menu makanan yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:

1. Bubur Beras Merah

Kandungan selenium yang bagus untuk kesehatan otak pada beras merah sangat tinggi. Ditambah dengan kandungan mangan, serat dan antioksidan dalam beras merah  dapat digunakan untuk pilihan menu makanan enak dan sehat bagi penderita stroke.

2. Oatmeal Susu Almond

Kebaikan oatmeal yang baik untuk menyerap kolesterol dalam darah akan terasa sangat lezat ketika ditenggelamkan dalam susu almond yang gurih. Kandungan vitamin dan protein serta lemak baik yang ada dalam oatmeal dan susu almond, menjadikannya sebagai menu pilihan  makanan enak dan sehat bagi penderita stroke. Selain itu, oatmeal juga bagus dikonsumsi oleh orang sehat karena termasuk ke dalam jenis makanan pencegah stroke ringan.

3. Pepes Ikan Gabus (Ikan Kutuk)

Seperti yang dipaparkan dalam penelitian Jurnal Gizi Klinik Indonesia (2016), albumin yang terkandung dalam ikan gabus memiliki fungsi sebagai antioksidan , mempertahankan  kondisi integritas mikrovaskular, memodulasi inflamasi, dan sebagai antikoagulan ternyata memiliki hubungan bermakna dengan peningkatan gizi pasien stroke.

4. Gurami asam manis stevia

Saat memasak gurami asam manis ini, sebaiknya jangan menggunakan pemanis dari gula tebu. Pilih pemanis dari stevia. Selain aman untuk penderita Diabetes Melitus, gurami asam manis stevia dengan kandungan protein yang tinggi menjadi pilihan lezat. Konsumsi ikan juga dapat mencegah pendarahan otak akibat darah tinggi.

5. Nila Asam-Asam

Ikan nila sangat rendah kolesterol dan belimbing wuluh yang rendah kalori sangat bagus untuk menjadi salah satu menu andalan dalam pilihan makanan enak dan sehat bagi penderita stroke.

ads

6. Tumis Brokoli

Selain kaya akan antioksidan, brokoli juga sangat bagus untuk mencegah koagulasi darah dan anti inflamasi. Sehingga, menu brokoli tumis menjadi menu yang enak dan sehat untuk penderita stroke. Anda juga bisa menambahkan irisan bawang putih yang banyak pada tumisan karena bumbu masakan satu ini dapat menghindarkan kita dari macam-macam penyakit saraf.

7. Tumis Terong Ungu

Terong merupakan makanan yang tinggi antosianin, sehingga sangat bagus untuk kesehatan penderita stroke. Karena kandungan antosianin dalam terong membantu mengusir sumbatan dalam pembuluh darah serta sangat rendah natrium, sehingga aman untuk penderita hipertensi dan berfungsi untuk pengobatan penderita stroke.

8. Tumis Selada Air

Uniknya rasa menu satu ini adalah kriuk dan ada manis-manisnya. Selada air yang kaya vitamin C, lutein, zeaxanthin dan antioksidan sangat baik dikosumsi untuk mencegah hipertensi, daya tahan tubuh, dan memelihara kesehatan mata. Selain itu, sayuran hijau seperti selada air ini juga membantu proses penyembuhan stroke.

9. Salad Kubis Ungu

Kandungan vitamin E, vitamin C, vitamin K, betakaroten, folat, magnesium dan kalsium dalam kubis ungu sangat bagus untuk menjaga kadar kolesterol seimbang, menjaga kesehatan aliran darah dan mencegah kerusakan sel.

10. Sop Wortel

Kandungan betakaroten pada wortel sangat bagus untuk kesehatan penderita stroke. Karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh lebih lama lagi. Kita juga dapat menambahkan bagian dada ayam tanpa lemak dalam sop ini, karena sop ayam merupakan makanan untuk penderita stroke berat yang dapat mempercepat proses penyembuhan pasien.

11. Papaya

Kandungan kaparina dalam pepaya sangat bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, rasanya yang segar sangat cocok untuk dijadikan camilan dalam menu makanan sehat untuk penderita stroke. Bagi orang yang bukan penderita stroke, konsumsi buah secara teratur juga sangat disarankan, karena buah-buahan merupakan makanan pencegah stroke ringan yang sangat mudah ditemui.

12. Pisang

Pisang sangat lezat untuk dinikmati saat sarapan, makan siang atau makan malam. Kandungan kalium dan potasium pada pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan homeostasis sel tubuh. Jadi, memasukkan pisang dalam menu pilihan makanan enak dan sehat bagi penderita kolsterol sangat tepat dan meminimalisir gejala stroke

13. Apel

Kandungan flavonoid, polifenol, kalium, kalsium dan fosfor sangat bagus untuk kesehatan jantung dan memelihara keseimbangan tekanan darah. Sehingga apel menjadi makanan enak dan sehat bagi penderita stroke.

14. Kacang Almond Oven Pedas

Pedas, gurih dan lezat. Menjadikan menu makanan enak dan sehat untuk penderita kolesterol ini sangat istimewa. Bagus untuk kesehatan tubuh karena banyak mengandung lemak baik, menjadikannya pantas untuk masuk dalam daftar camilan sehat yang membuat penderita stroke cepat sembuh.

15. Wedang Tomat

Hancurkan tomat dan beri stevia cair satu tetes kemudian tambahkan air dingin. Rasanya, sangat segar dan enak. Selain itu, kandungan licopene dalam tomat bermanfaat untuk mengatasi pembekuan darah.

16. Pudding Susu Rendah Lemak

Serat yang baik dalam agar-agar, berpadu dengan lezatnya susu rendah lemak yang kaya akan lemak baik tentu sangat menyenangkan untuk dimasukkan dalam daftar makanan enak dan lezat bagi penderita stroke.

17. Jus Strawbery

Buah merah yang menggoda ini sangat tinggi kandungan vitamin C, sehingga  bagus untuk daya tahan tubuh, kemudian kandungan antioksidannya yang tinggi sangat cocok untuk kesehatan jantung dan penderita stroke. Selain itu, mengonsumsi jus buah-buahan secara teratur juga merupakan cara menyembuhkan stroke dengan cepat.

Sponsors Link

18. Jus Anggur

Rasa asam dan manis yang dominan dari anggur ternyata sangat bagus untuk kesehatan. Karena di dalam anggur terdapat resveratrol yang mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

19. Rujak Timun

Campuran stevia cair, cuka apel, Himalayan salt dan sedikit bubuk cabe serta air dingin sangat cocok untuk menikmati timun yang sudah diserut.Terlebih, kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, magnesium, kalsium, sodium dan kalium sangat baik untuk mempertahankan kestabilan peredaran darah, keseimbangan kolesterol dan menjaga daya tahan tubuh.

20. Es Strup Selasih

Sedikit pewarna merah makanan, stevia cair dan rendaman biji selasih dalam air dingin, mampu memuaskan dahaga dan menjadi hidangan penutup yang sempurna. Karena dalam biji selasih kaya akan antioksidan, tymol, eugenol dan vitamin menjadikan biji selasih sebagai antibiotik alami, menyehatkan dan tentu saja sangat baik untuk penderita stroke.

Demikian penjelasan tentang Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke yang selama ini sangat ditakuti oleh banyak orang sehingga banyak yang malnutrisi karena terlalu menjaga makanan dan mengabaikan kebutuhan nutrisi tubuh. Diharapkan dengan 20 menu makanan enak dan sehat bagi penderita stroke di atas, kebutuhan makanan untuk penderita stroke berat maupun ringan dapat tercapai lewat menu-menu yang lebih menggugah selera dan variatif.

, , , , ,