Sponsors Link

11 Macam Macam Penyakit Saraf Pada Sistem Saraf Manusia

Sponsors Link

Sistem saraf adalah sistem terpusat yang bisa mengatur serta mengkordinasi semua anggota tubuh. Sehingga semua bagian indera seperti perasaan, penderngaran dan lainnya juga diatur oleh saraf. Oleh sebab itu jika ada penyakit yang menggganggu pada sistem saraf, maka akibatnya bisa merusak otak dan seluruh tubuh. Cukup banyak penyakit yang disebabkan karena rusaknya sistem saraf.

ads

Jenis Jenis Penyakit pada Saraf

Berikut adalah macam macam penyakit saraf yang bisa sangat berbahaya:

  1. Radang Otak Ensefalitis

Bagi mereka yang memiliki penyakit ensefaltis atau adanya infeksi pada bagian otak, biasanya akan mendapatkan demam dan rasa sakit kepa yang sangat hebat. Mereka juga mudah lelah dan merasa ngantuk, kerap kali mereka kebingungan dengan apa yang ada disekitarnya. Pemicu lahirnya penyakit ini karena virus. Pada saat terinfeksi virus, sistem imum akan melakukan percobaan untuk melawannya, namun tidak berhasil. Karena kerap kali jika sistem imun melawan malah akan mendapatkan keadaan yang makin parah dan bisa saja berakhir menjadi pembekakan pada otak. Ini disebabkan karena virus yang dilawan semakin berkembangn dan kekurangan ruang sehingga otak akan terus mendorong pada tulang tengkorak. Kondisi ini sangatlah berbahaya dan bisa menyebabkan terjadinya kematian.

  1. Adanya Infeksi pada Saraf Pusat

Bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh akan terus berkembang bahan menjalar sampai kebagian otak dan juga sum-sum tulang belakang. Walaupun tidak banyak orang yang mendapatkan penyakit diakibatkan adanya infeksi pada sistem saraf namun resiko untuk mendapatkan penyakit ini sangatlah besar. Karena jika sudah mendapatkan penyakit ini, mereka yang berhasil sembuh tidak bisa kembali pada keadaan semula saat dia sehat.

  1. Terkena Radang Selaput atau Meningitis

Meningitis adalah penyakit yang diakibatkan adanya infeksi bakteri atau virus pada bagian selaput otak dan sumsum tulang belakang. Bagi penderita yang mengalami meningitis, biasanya mereka akan mendapatkan gejala demam tinggi dan diserang sakit kepala sangat parah. Leher mereka juga akan terasa sangat kaku. Jika penderita terserang meningitis karena virus, ini tidak terlalu berbahaya sebab masih bisa dibersihkan dengan penangan dokter. Namun jika disebabkan oleh bakteri, bisa menjadi sangat serius dan berbahaya, sebab penderita akan mengalami kerusakan pada bagian otak dan bisa saja tidak bisa bertahan hidup. Bagi mereka yang terserang meningitis karena bakteri, harus segera mendapatkan perawatan medis yang tepat. Di Indonesia, pencegahan penyakit meningitis sudah dilakukan dengan cara menyebarkan vaksin yang mampu melindungi tubuh. Diberikan pada anak-anak usia 2 tahun dan 13 tahun.

  1. Sindrom Raye

Sindrom Raye adalah penyakit yang sangat jarang, bahkan dinilai sangatlah langka. Mereka yang menderita penyakit ini biasanya ada dikalangan orang tua yang mempunyai infeksi virus pada otak disebabkan karena konsumsi aspirin berlebihan. Sindrom Raye bisa mengakibatkan adanya bengkak pada bagian otak dan lama kelamaan bisa menjadi sangat fatal. Mereka yang mendapatakan penyakit ini bisanya yang mempunyai sistem imun sangat lemah. Sebaiknya jika Anda masih muda, jangan mengkonsumsi aspirin. Sebab kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi nantinya.

Sponsors Link

  1. Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit saraf yang bisa menyebabkan kejang dan sangat sering didengar ditelinga banyak orang. Ada 3 jenis penyakit epilepsy diantaranya: Epilepsi kriptogenik, simptomatik dan juga idiopatik. Pada epilepsy simptomatik biasanya akan mengakibatkan terjadi kejang-kejang yang disebabkan gangguan pada kerusakan otak. Begitu juga pada idiopatik. Sedangkan pada mereka yang mengalami epilepsy kriptogenik bisa mengakibatkan penderita kejang tanpa tahu alasannya karena dalam struktur otak mereka tidak ada kesehalahan. Mereka yang menderita epilepsy kriptogenik juga akan mendapatkan masalah saat belajar.

  1. Hidrosefalus

Hidrosefalus adalah penyekait yang menyerang pada bagian otak sehingga kepala penderita menjadi sangatlah besar hingga tidak mampu untuk mengangkat tubuh sendiri. Bagi mereka yang mengalami hidrosefalus biasanya akan mengalami adanya penumpukan cairan di dalam otaknya. Sehingga terjadinya peningkatan pada tekanan otak. Jika hal ini tidak segera ditangani, akibatnya bisa sangatlah fatal. Karena penekanan yang terjadi bisa merusak bagian otak didalamnya. Bahkan bisa membuat mereka mempiliki fungsi otak yang sangat lemah. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun seringnya menyerang bayi dan orang tua.

  1. Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang mengakibatkan lemahnya daya ingat seseorang hingga mereka bisa melupakan semua kejadian, orang skitar bahkan rumahnya sendiri. Tingkat keparahan dari penderita penyakit ini adalah bisa mendapatkan ganggu pada otak saat melakukan penalaran, perencanaa, persepsi bahan cara dia berbicara. Mereka juga akan mendapatkan disorientasi dan perubahan perilaku dirinya sendiri. Bisa saja menjadi lebih penuntur, agresif dan sering curiga pada orang lain. Jika suda masuk pada tahap kronis biasanya penderita akan berhalusinasi dan melakukan kesalahan untuk mengartikan sesuatu. Sampai akhirnya mereka tidak bisa melakukan pekerjaan tanpa bantuan orang lain.

  1. Vertigo

Apabila Anda sering mengalami sakit pada kepala sampai merasa bahwa sekelilingnya ikut berputar, ada kemungkinan Anda terserang vertigo. Mereka yang mengalami vertigo juga biasanya akan mengalami hilang keseimbangan untuk beberapa waktu. Ini yang akan menyebabkan mereka sulit berdiri, sampai sulit berjalan. Mereka juga biasanya mengalami rasa mual sampai muntah. Ada macam-macam vertigo dari mulai vertigo ringat hingga vertigo berat. Apabila masih ada dalam tahap yang ringan, biasanya vertigo tidak akan terlalu sakt. Namun jika sudah sangat parah, rasa sakitnya bisa sangat parah dan mengganggu pada aktivitas penderita. Rasa sakitnya biasa berlangsung dalam waktu yang berbeda-beda, ada yang hanya beberapa detik saja, atauh bahkan berhari-hari. Hal ini bisa sangat mengganggu bagi penderita.

Sponsors Link

  1. Parkinson

Penyakit yang menyerang saraf lainnya adalah parkonson. Penyakit ini disebabka karena adanya degenerasi sel saraf pada bagia otak, sehingga tidak bisa mengatur tubuh dengan baik. Akibatnya bisa mengganggu pada sistem gerak tubuh dan motoriknya. Gejala yang timbul biasanya penderita akan mengalam rasa gemetar. Namun, mereka yang mendapatkan penyakit ini awalnya tidak akan menunjukan gejala sama sekali. Hanya saja mereka akan merasa sanga lemah. Bagi yang sudah parah, seluruh bagian tubuhnya akan bergertar bahkan akan terjadi saat penderita sedang beristirahat.

  1. Mengalami Amnesia

Amnesia adalah gangguan pada otak yang diakibatkan adanya kecelakaan atau terjadi cidera sehingga mengakibatkan penderita mengalami traula dibagian kepalanya atau disebut juga geger otak. Biasanya menderita akan mengalami rasa bingung karena kehilangan ingatannya. Amnesia biasanya hanya bersifat sementara. Kesembuhannya tergantung sebera parah dia mendapatkan cedera pada bagian otaknya.

  1. Stroke

Adalah penyakit yang disebabkan karena adanya peyumbatan dan pecah pembuluh darah dalam otak sehingga mengganggu pada saraf dan membuat otak menjadi rusak. Penyumbatan yang terjadi adalah karena adanya penyempitan pada pembuluh darah, bisa juga karena penyumbatan akibat emboli. Pada penderita stroke biasanya wajaj mereka menjadi tidak simetris, ada juga yang tidak bisa menggerakan tubuhnya sama sekali.

Itulah macam-macam penyakit syarah yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit tersebut bisa saja awalnya disebabkan karena penularan bakteri dari lingkungan dan makanan, sehingga ada baiknya Anda meminimaliris resiko kerusakan saraf dengan menjaga lingkungan dan asupan makanan pada tubuh.

, , ,
Oleh :