Sponsors Link

9 Macam Macam Amnesia yang Perlu Kita Ketahui

Sponsors Link

Amnesia merupakan sebuah kondisi seseorang kehilangan memori ingatannya. Amnesia bisa disebabkan karena usia atau pun karena pernah mengalami kecelakaan yang mendapatkan benturan keras pada bagian kepala. Saat orang sudah tidak mampu lagi menyimpan berbagai macan informasi artinya mereka sedang mengalami kondisi amnesia. Karena amnesia bisa digambarkan sebagai kondisi hilang ingatan dan tidak bisa mengingat apapun baik peristiwa, nama seseorang, dan tempat yang pernah mereka kunjungi. Penyakit amnesia juga dibedakan menjadi beberapa macam. Berikut adalah macam-macam  amnesia yang dapat Anda ketahui:

ads

1. Transient Global Amnesia

Amnesia jenis transient global amnesia merupakan jenis amnesia yang lebih serius jika dibandingkan dengan anterograde. Penderita biasanya akan mengalami hilang ingatan pada kejadian tertentu secara total walaupun kejadian tersebut baru saja beberapa menit berlalu. Apa yang menjadi penyebabnya? Biasanya amnesia jenis ini disebabkan karena mereka terlalu sering melakukan aktivitas yang berat sehingga menyebabkan adanya cedera yang berhubungan dengan kepala. Atau mereka juga bisa saja mengalami gangguan secara emosional dan sudah masuk tahap yang sangat akut. Proses kehilangan memori penderita akan berjalan secara alami, kenangan lama akan ssedikit demi sedikit menghilang. Untuk mengatasinya sebaiknya Anda menghindari melakukan aktivitas yang sangat berat. Anda juga sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk diatasi lebih cepat secara medis.

2. Amnesia Anterograde

Banyak orang yang hanya mengetahui penyakit amnesia tanpa tahu jenis jenisnya. Kemungkinan memang amnesia jenis antrograde belum diketahui banyak orang namun sudah sangat familiar dalam dunia medis. Jenis amnesia inu merupakan gangguan pada daya ingat dimana peristiwa masa lalu masih melekat pada memori seseorang. Namun ia hanya dapat mengingat peristiwa yang sudah berlalu sedangkan peristiwa yang baru saja terjadi tidak bisa mereka ingat sama sekali. Penyebab amnesia anterograde bisa saja disebabkan karena penderita memiliki sebuah penyakit yang menyebabkan adanya peradangan pada bagian jaringan otaknya. Atau penderita juga mengalami keracunan alkohol yang menyerang otaknya. Proses terjadinya amnesia anterograde akan membuat penderita hanya bisa mengingat beberapa peristiwa atau kejadian yang sudah lalu sebelum penderita mengalami amnesia. Semua memori yang pernah dialaminya sebelum mengalami kecelakaan akan tetap ada namun untuk ingatan yang baru saja terjadi justru akan hilang dan sulit untuk mengembalikan nya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja penderita harus melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi pada dokter. Biasanya tindakan medis yang akan dilakukan adalah melakukan reorganisasi memori dan juga menjalani rehabilitas.

3. Amnesia Retrograde

Macam macam amnesia selanjutnya adalah amnesia retrograde. Amnesia retrograde adalah istilah amnesia yang biasanya ditunjukkan pada penderita yang mengalami kesulitan untuk memperoleh kembali ingatan atau kejadian dimasa lalu. Pada dasarnya jika orang sehat mengalami kehilangan ingatan masa lalu memang tidak berbahaya. Namun untuk penderita amnesia retrograde kehilangan ingatannya akan lebih parah.

Apa yang menjadi penyebabnya? Yang bisa menyebabkan seseorang terkena amnesia retrograge adalah bisa saja karena mereka pernah mengalami cedera pada otaknya atau mereka pernah mengalami operasi dibagian kepala sehingga memberikan efek kehilangan sebagian memori ingatan. Atau bisa juga karena mereka memiliki kerusakan pada otak, dan kekurangan nutrisi dalam tubuh.

Sponsors Link

Bagaimana proses terjadinya amnesia retrograde? Amnesia retrograde mempunyai 2 jenis, yaitu kehilangan ingatannya dimasa lalu dan sifatnya adalah permanen atau pun sementara akan di ketahui melalui pemeriksaan oleh medis. Jenis informasi yang dilupakan pun akan sangat spesifik seperti tempat, tanggal, nama dan yang lainnya. Sehingga kondisinya akan berbeda dengan mereka yang memiliki amnesia anterograde yang justru akan sangat kesulitan untuk mengingat memori baru karena ada cedera pada kepalanya.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa kesembuhan amnesia retrograde biasanya akan terjadi secara tiba-tiba atau spontan dan tanpa ada unsur paksaan sama sekali. Karena jika dilakukan secara paksa justru mereka tidak bisa mengingat apapun sama sekali. Sehingga akan lebih baik ingatan mereka dikembalikan secara alami dan spontan, namun masih dalam arahan medis.

4. Amnesia Lakunar

Selanjutnya adalah jenis amnesia lakunar. Amnesia jenis ini adalah amnesia yang kemungkinan pernah Anda temui. Penderita yang mengalami lakurna akan mengalami hilang ingatan  mengenai suatu peristiwa namun dengan acak. Mereka tidak akan merusak peristiwa nya di masa lalu. Namun mereka akan benar benar menghilangkan sebagian memori ingatan baik dimasa lalu atau yang baru saja terjadi.

Apa yang menjadi penyebab amnesia lakunar? Amnesia ini bisa terjadi karena seseorang mengalami kerusakan pada bagian otak nya yang terjadi pada bagian limbik. Atau bisa juga disebabkan karena mereka mengalami kekurangan oksigen pada otak nya.

Selanjutnya proses kehilangan ingatan amnesia lakunar juga akan terjadi dengan adanya gap antara ingatan yang satu dengan lainnya padahal mereka saling terhubung. Sehingga inilah yang mengakibatkan penderita bahkan mengalami kesulitan saat akan belajar hal baru karena merek mudah lupa dengan ingatan jangka pendeknya.

Untuk pengobatannya biasanya mereka akan mendapatkan perawatan psikologi dan melakukan analisa fisik. Mereka juga akan di cek bagaimana kemampuan ingatan jangka pendek nya untuk kemudian ditentukan terapi apa yang paling cocok dan sesuai.

5. Amnesia Disosiatif

Selanjutnya adalah amnesia jenis disosiatif yang merupakan kondisi dimana penderita tidak mampu untuk mengingat berbagai informasi pribadinya sendiri yang bahkan dinilai sangat penting. Mereka bisa saja melupakan namanya, melupakan suaminya dan segala hal yang erat kaitannya dengan ingatan pribadi. Apa yang menyebabkan amnesia disosiatif? Biasanya penderita yang mengalami amnesia ini karena mereka pernah mengalami kecelakaan sehingga membuat trauma pada kepalanya, atau bisa juga karena mereka mengalami kondisi stress.

Amnesia jenis ini terjadi dengan menujukan penderita memiliki gejala seperti lupa biasa saja seperti kelupaan seperti orang normal. Namun nyatanya kelupaan itu akan berlangsung secara terus menerus dan konsisten. Apakah Anda tahu apa itu fugure amnesia? Jika ita maka itu adalah bagian dari jenis amnesia disosiatif yang dianggap tidak wajar. Disosiatif fugure merupakan istilah yang biasa digunakan pada manifestasi yang tidak terduga.

Seseorang yang meninggalkan lingkungan pekerjaan dan keluarganya akan kehilangan identitas dirinya sendiri. Penderita juga akan mengalami kondisi tersebut selama beberapa jam bahkan hingga berbulan-bulan. Jika hanya terjadi dalam hitungan jam tentu saja penderita bisa pulang kerumah namun dengan terlambat atau tidak masuk kantor hanya beberapa waktu saja. Namun jika kondisinya bahkan bertahan sampai hitungan bulan maka kemungkinan besar mereka akan benar benar tidak tahu arah tujuan dan apa pekerjaannya. Mereka benar benar tidak menyadari segala hal yang sedang terjadi pada dirinya sendiri. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Secara medis biasanya mereka akan melakukan psikoterapi atau hipnosis yang akan di kombinasi kan langsung dengan psikoterapi.

ads

6. Amnesia Pasca-Trauma

Pernahkah Anda mengalami cedera otak? Jika pernah kemungkinan Anda juga pernah mengalami amnesia pasca trauma. Biasanya pada kondisi ini penderita akan kehilangan kemampuannya untuk mengingat suatu peristiwa yang terjadi pasca mereka mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cedera pada otak. Penyebab dadi amnesia ini bisa saja karena mereka pernah mengalami peristiwa atau kecelakaan yang traumatis sehingga mengalami cedera yang cukup serius. Proses terjadinya penyakit ini adalah penderita benar-benar tidak bisa mengingat berbagai peristiwa yang pernah terjadi setelah mereka mengalami cedera. Mereka bahkan akan melupakan namanya sendiri, dimana ia berada dan kapan hal tersebut terjadi. Namun ingatan biasa akan kembali secara alami dan masih dalam pantauan medis. Untuk pengobatan nya biasanya mereka akan melakukan rehabilitasi. Bahkan untuk lawan bicara nya pun jika ingin berbicara harus secara perlahan dan singkat. Sebaiknya juga pengobatan atau pemulih berada dalam lingkungan yang baik dan terhindar dari paparan sinar matahari agar tidak mengalami sakit kepala.

7. Amnesia Infantil

Selanjutnya adalah jenis amnesia infantil. Istilah dari amnesia infantil merupakan istilah lain dari chilhood amnesia. Amnesia ini akan mengakibatkan orang dewasa tidak bisa mengingat ingatan atau peristiwa dengan spesifik sebelum ia berusia 2 sampai 4 tahun dan juga saat ini menginjak usia 10 tahun. Penyebab dari amnesia ini adalah bisa saja mereka mengalami reorganisasi otak dengan masuknya berbagai macam hal yang baru ke otak untuk mereka pelajari. Pada sebagian orang dewa tentu saja mereka akan kehilangan ingatan saat masih kecil sampai benar-benar ingatannya hilang. Sehingga intinya jika Anda coba menanyakan bagaimana penderita saat kecil mereka tidak akan ingat sama sekali. Penderita tidak akan ingat mengenai waktu, tempat bahkan emosi nya.

8. Sindrom Korsakoff

Selanjutnya adalah jenis amnesia korsakofff. Jenis amnesia ini merupakan sebuah sindrom yang biasanya dikenal dengan istilah psikologi Wernicke-Korsakoff yang dapat terjadi saat seseorang sangat amat kekurangan gizi dalam tubuhnya. Sehingga penyebabnya adalah mereka karena kurang asupan vitamin B1, mereka mangalami kondisi malnutrisi dan juga mereka terlalu berlebihan saat mengkonsumsi alkohol. Sindrom korsakoff mempunyai 6 gejala yang sama dengan amnesia retrograde, amnesia anterograde dan ditambah dengan dengan beberapa gejala yang berhubungan dengan wawasan, konfabulasi, apati serta isinya yang sangat tidak lengkap saat mereka diajak mengobrol. Penderita bisa saja mengalami kondisi yang lebih buruk seperti mengalami mati rasa pada jari jarinya dan juga memiliki masalah neurologis. Untuk mengatasi masalah sindrom ini sebaiknya penderita bisa memenuhi kebutuhan nurtisi pada otaknya dan juga menghindari konsumsi alkohol.

9. Blackout Amnesia

Selanjutnya adalah blackout amnesia. Apakah Anda pernah mendengar amnesia jenis ini? Beberapa orang mungkin hanya mengenal fenomena blackout, namun akan lebih mudah jika Anda menyebutnya dengan nama blackout amnesia yang mengalami hilang ingatan karena pengaruh dari alkohol. Apa yang menjadi penyebabnya? Tentu saja konsumsi alkohol dengan berlebihan dan juga mengkonsumsi obat obatan terlarang. Bagaimana proses terjadi nya blackout amnesia? Mereka yang mengalami kondisi blackout amnesia akan kehilangan memori ingatannya saat sedang dalam keadaan mabuk. Pengaruh dan efek alkohol yang akan membuat ingatan mereka benar benar hilang dan tidak bisa dikendalikan oleh penderita karena berada dalam kondisi yang tidak sadar.

Untuk bisa mengatasinya tentu saja penderita harus benar-benar menghentikan kebiasaan nya mengkonsumsi alkohol. Jika memang sulit sebaiknya berkonsultasi pada dokter dan melakukan terapi sesuai dengan anjuran medis.

Itulah macam macam amnesia yang dapat Anda ketahui. Beberapa amnesia ada yang disebabkan karena kecelakaan ada juga karena pola hidup yang tak sehat. Sehingga jika memang disebabkan karena pola hidup yang buruk sebaiknya Anda benar benar harus segera merubah nya.

, ,
Oleh :
Kategori : Amnesia