Sponsors Link

Huntington – Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahannya

Sponsors Link

Banyak orang masih belum cukup familiar dengan penyakit huntington. Hal ini karena penyakit ini tidak banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan bisa dikatakan macam-macam penyakit saraf yang satu ini jarang terjadi pada masyarakat. Inilah yang menjadi salah satu penyebab tidak banyak penduduk di Indonesia yang merasa familiar dengan adanya penyakit tersebut.

ads

Walaupun demikian, beberapa penderita huntington tetap terjangkit oleh kondisi tersebut. Oleh sebab itu, cukup penting untuk memahami apa sebenarnya definisi, gejala, penyebab, pengobatan, maupun cara mencegah kondisi tersebut yang paling efektif. Untuk lebih jelasnya, simak informasi yang diberikan di bawah ini.

Definisi

Bagi yang belum paham apa sebenarnya penyakit ini, berikut secara detail definisi penyakit Huntington. Penyakit ini sebenarnya merupakan penyakit yang membuat kemampuan sel saraf makin menurun dari waktu ke waktu. Sehingga pada suatu saat nanti seluruh sel saraf tidak dapat digunakan secara normal hampir menyerupai kondisi dari penyakit gejala awal stroke.

Namun tidak terbatas pada masalah fisik saja, penyakit ini rupanya juga menyerang kemampuan kognitif seseorang dalam berpikir sehingga bisa menyebabkan terjadinya gangguan jiwa serta mental. Sehingga dalam hal ini penyakit tersebut mempengaruhi semua kondisi manusia baik jasmani maupun rohani. Inilah mengapa penyakit ini cukup berbahaya dan jarang terjadi. Terutama karena faktor penyebab maupun kondisi yang sangat kompleks.

Gejala

Adapun penyakit huntington ini memang memiliki beberapa gejala yang hampir mirip dengan penyakit saraf lainnya. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang tidak menyadari kondisi tersebut hingga situasinya sudah cukup parah dan bisa jadi terlambat.

Oleh sebab itu sebaiknya pahami beberapa gejala awal yang muncul dan mungkin terjadi pada orang dengan kondisi tersebut. Berikut ini beberapa gejala yang umum terjadi dan menyertai kondisi penderita penyakit huntington.

  • Gejala hampir menyerupai penyakit parkinson dan umumnya akan muncul saat seseorang berusia kurang lebih 30 hingga 50 tahun. Ini merupakan usia yang paling banyak terserang awal penyakit tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya berhati-hati jika mulai mendapatkan ciri-ciri degeneratif seperti tanda dan gejala parkinson pada tubuh di saat usia memasuki usia tersebut.
  • Gejala berikutnya yaitu berupa sering kali kehilangan koordinasi anggota tubuhnya. Sehingga penderita bisa jadi tidak sinkron satu dengan yang lain saat menggerakkan tubuh. Oleh sebab itu biasanya penderita bisa jadi tiba-tiba jatuh atau tidak terkontrol gerakannya.
  • Gejala selanjutnya yaitu berupa gangguan gerak, dimana tubuhnya merasakan penurunan kemampuan untuk menggerakkan sarafnya secara fisik. Seperti misalnya mulai merasa kesulitan untuk bergerak dan berjalan. Atau merasakan kelemahan dan tiba-tiba lumpuh sesaat tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Inilah gangguan fisik yang umum dirasakan oleh para penderita penyakit huntington.
  • Gejala yang terjadi juga termasuk gejala emosional yang dirasakan oleh penderita. Dimana umumnya penderita lebih mudah untuk merasa marah atau berganti suasana hati. Oleh sebab itu sangat penting bagi orang yang ada di sekitarnya untuk memahami kondisi tersebut dan berusaha menenangkan kondisi pasien supaya dapat berpikir lebih jernih dan tidak berlarut dalam emosinya.
  • Gejala lain juga bisa mengalami kondisi berupa gangguan jiwa. Dimana dalam hal ini pasien sudah tidak sadar batas antara imajinasi dan kenyataan yang sedang dihadapi. Jika berada di tahapan ini maka penderita membutuhkan perawatan yang lebih intensif supaya tidak cenderung menyakiti diri sendiri maupun orang lain.
  • Gejala berikutnya yang juga umum terjadi yaitu berupa kejang serta gejala tremor pada anggota tubuh. Sehingga bisa mengalami gejala awal seperti hal tersebut sebaiknya segera konsultasi pada dokter lebih lanjut mengenai penyebab dan cara untuk mengatasi hal tersebut.
    Sponsors Link

Penyebab

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat terjadinya penyakit ini. Oleh sebab itu ada baiknya jika mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kondisi penyakit tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab dari penyakit Huntington yang sering kali dialami oleh orang di usia lanjut.

  • Keturunan dan genetik, ini merupakan salah satu penyebab yang paling utama terjadi pada kebanyakan penderita penyakit tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan apabila ada salah satu anggota keluarga yang mengalami kondisi tersebut. Bisa jadi hal ini menyebabkan anggota keluarga yang lain mengalami hal yang serupa di kemudian harinya.
  • Pola hidup, sama halnya penyakit degeneratif lainnya, walau memiliki genetik berupa penyakit ini namun belum tentu dapat mengalami kondisi penyakit yang parah. Namun dengan pola hidup yang kurang baik maka seseorang bisa rentan mengalami penyakit tersebut. Oleh sebab itu sangat perlu melakukan olah raga atau mengonsumsi makanan yang sehat untuk menghindari kondisi tersebut.

Pengobatan

Pada dasarnya mengobati penyakit ini bukan hal yang mudah. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah untuk mengobati penyakit tersebut. Salah satu di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan terapi pengobatan, dimana pengobatan tersebut bermanfaat untuk mencegah kondisi pasien yang lebih menurun. Sehingga sebenarnya obat-obatan tersebut hanya bersifat membantu menenangkan dan menghindari komplikasi pada tubuh yang lebih parah.
  • Melakukan terapi emosional, dimana penderita diajak berkomunikasi untuk bisa membantu mengatasi kondisi emosional dan mentalnya supaya tidak bertambah parah seiring berjalannya waktu.
  • Melakukan terapi fisik yang bisa membantu supaya kondisi sarafnya dapat tetap prima. Seperti misalnya cara terapi stroke ringan yang akan membantu untuk mengoptimalkan saraf gerak penderita supaya lebih maksimal. 
    Sponsors Link

Cara Mencegah

Jika tidak ingin terserang penyakit tersebut, maka sebaiknya lakukan beberapa hal yang bisa membantu mencegah kondisi yang makin parah. Walau secara genetika penyakit ini tidak dapat dihindari, sama halnya dengan penyakit faktor resiko epilepsi yang lebih sering terjadi akibat faktor keturunan. Akan tetapi melakukan beberapa hal berikut dapat membantu mencegahnya:

  • Perbanyak olah raga agar kondisi syaraf selalu sehat dan prima. Olahraga membantu memaksimalkan kondisi badan supaya tetap aktif bergerak dan menghindari kondisi gangguan pada saraf tubuh.
  • Hindari kebiasaan yang buruk seperti merokok atau minuman keras yang bisa merusak sel syaraf dan memudahkan penyakit Huntington menyerang. Ganti dengan kebiasaan yang lebih baik dan isi waktu dengan perbuatan yang lebih positif.
  • Atur pola makan dengan makanan yang sehat dan bergizi sehingga dapat menghindari resiko serangan penyakit ini di usia yang masih tergolong muda. Sebaiknya hindari makanan yang berlemak tinggi dan mengandung banyak garam untuk menjaga supaya fungsi tubuh tetap maksimal.

Itulah beberapa informasi penting yang berkaitan dengan penyakit huntington. Tentunya setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab dan gejalanya, maka lebih banyak orang yang bisa berhati-hati sejak dini supaya tidak terjangkit oleh penyakit tersebut. Tentunya setiap orang mengharapkan kondisi badan yang sehat. Oleh sebab itu sebaiknya selalu waspadai sumber penyakit yang mengancam dan pastikan kesehatan selalu dijaga semaksimal mungkin. Sehingga resiko terserang penyakit huntington bisa dihindari sejak awal dan badan selalu dalam kondisi yang terbaik.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Huntington