Sponsors Link

10 Gejala Stroke Ringan Pada Wanita yang Sering Di Abaikan

Sponsors Link

Gejala stroke ringan pada wanita tentunya harus diperhatikan agar dapat ditangani dengan cepat dan segera. Stroke tidak bisa bicara walaupun ringan jika dibiarkan akan semakin berkembang menjadi stroke biasa atau bahkan mungkin berkembang lagi menjadi stroke yang parah.

ads

Stroke ringan pada umumnya terjadi dalam kurun waktu kurang dari satu jam. Stroke ringan ini juga akan mereda pada hari itu juga. Namun stroke ringan ini tentunya dapat disembuhkan apabila anda melakukan penanganan dengan baik.

Stroke ringan umumnya disebut juga dengan istilah Transient Ischaemic Attack (TIA). Hal ini dapat terjadi karena adanya penyumbatan sementara yang terjadi pada pembuluh nadi otak. Penyumbatan ini dapat terjadi karena adanya darah yang menggumpal sehingga menghambat kelancaran peredaran darah dan merusak sistem organ tubuh.

Di sinilah awal dari terjadinya resiko serangan stroke. Di saat pembuluh darah terhambat oleh lemak, maka koordinasi bagian tubuh lainnya menjadi terganggu. Karena saraf otak juga tidak dapat merespon dan melakukan gerakan dengan optimal.

Wanita umumnya lebih rentan mengalami gejala stroke ringan bila dibandingkan dengan pria. Ciri-ciri orang terkena stroke ringan umumnya diawali dengan munculnya beberapa gejala pada tubuh wanita. Oleh karena itu sangat penting bagi para wanita untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya.

Misalnya dengan rajin olah raga dan berusaha untuk menghindari konsumsi makanan cepat saji. Beberapa hal yang menunjukkan adanya gejala stroke ringan pada wanita antara lain sebagai berikut.

1. Mati rasa pada salah satu sisi tubuh.

Gejala paling umum dari suatu penyakit stroke umumnya adalah adanya mati rasa pada salah satu sisi tubuh. Hal ini terutama terjadi pada lengan dan kaki. Saat mati rasa umumnya Anda akan merasa kehilangan kekuatan secara tiba-tiba atau mendadak.

Kemudian bagian tubuh Anda yang mengalami mati rasa tidak lagi mampu merasakan apa-apa. Saat menyentuh sesuatu pun Anda tidak akan merasakan apa-apa bila Anda mengalami mati rasa. Di samping itu wajah Anda juga akan tampak menurun. Jika gejala ini tiba-tiba muncul maka Anda harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

2. Gangguan saat berbicara.

Gangguan atau kesulitan saat berbicara bisa saja terjadi sebagai gejala stroke ringan. Ada beberapa bentuk gangguan bicara yang mungkin terjadi pada saat Anda mengalami gejala stroke ringan pada wajah. Diantaranya adalah berbicara cadel atau sulit dalam mengeluarkan kata-kata. Sebaiknya Anda pun segera mencari penanganan medis pada saat Anda sedang mengalami kesulitan berbicara entah cadel ataupun tidak dapat berbicara sama sekali.

Sponsors Link

3. Masalah dalam hal penglihatan.

Salah satu gejala stroke yang bisa saja terjadi adalah penglihatan yang mulai kabur. Proses terjadinya peristiwa ini sebenarnya sama dengan peristiwa mati rasa pada bagian tubuh. Masalah dalam hal penglihatan ini umumnya terjadi pada salah satu sisi saja.

Namun bisa juga Anda mengalami penglihatan kabur pada kedua mata Anda. Atau bisa juga masalah yang terjadi pada mata Anda adalah tidak bisa melihat ke sebelah kanan atau kiri. Gangguan penglihatan yang terjadi sebenarnya bukan disebabkan oleh adanya bola mata atau saraf optik.

Artinya bola mata dan saraf optik Anda berada dalam keadaan baik-baik saja. Hanya saja informasi yang Anda peroleh tidak dapat diproses karena adanya suatu kerusakan. Kerusakan inipun tidak lain disebabkan oleh stroke.

4. Nyeri pada wajah dan tungkai.

Nyeri merupakan cirri dari gejala stroke. Termasuk pula nyeri pada wajah dan tungkai. Beberapa orang menandakan nyeri pada tungkai sebagai akibat dari naiknya tekanan darah yang disebabkan oleh adanya pola hidup tidak sehat. Tekanan darah yang tinggi ini bila dibiarkan lama-kelamaan akan menyebabkan stroke.

Nyeri ini pun juga dapat menjalar ke wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan agar gejala stroke yang terjadi ini dapat segera ditangani. Sebab bila tidak segera ditangani maka gejala awal stroke akan mengakibatkan munculnya penyakit stroke lanjutan yang lebih parah.

ads

5. Sulit menelan.

Pada umumnya wanita cenderung mengalami gejala stroke yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan pria. Umumnya Anda sebagai wanita bisa saja mengalami gejala sulit menelan yang menandakan adanya indikasi stroke. Hal ini pun bisa saja membuat Anda menjadi sering mual dan mengalami muntah secara mendadak.

6. Sesak nafas.

Pada umumnya kesulitan menelan yang Anda alami juga disertai dengan adanya kondisi sesak nafas. Sesak nafas inipun terjadi secara tiba-tiba. Lain halnya dengan sesak nafas karena alergi. Jika sesak nafas karena mengalami gejala stroke ringan pada wanita, biasanya terjadi seketika tanpa pencetus alergi apapun.

7. Cegukan mendadak.

Cegukan yang terjadi secara mendadak bisa saja merupakan gejala dari stroke. Cegukan yang normal akan selesai dengan sendirinya dalam waktu yang cukup singkat. Namun beda halnya dengan cegukan penanda serangan stroke. Umumnya cegukan akan berlangsung secara terus-menerus. Cegukan ini juga akan terus terjadi selama beberapa hari. Bila Anda mengalami cegukan seperti ini maka Anda perlu segera mencari perawatan medis terdekat.

8. Nyeri dada.

Beberapa orang beranggapan bahwa nyeri dada yang dialami dapat terjadi karena adanya serangan jantung. Namun nyeri dada pun dapat mengindikasikan adanya gejala stroke ringan yang Anda alami. Nyeri ini dapat berlangsung selamabeberapa menit saja.

Namun bila nyeri pada dada ini sering kambuh sebaiknya Anda segera mengatasinya. Karena bisa jadi ini merupakan tanda awal adanya pembuluh darah di jantung yang tersumbat sehingga tidak bekerja optimal. Akibatnya timbul rasa nyeri yang tidak biasanya dari gejala sumbatan tersebut.

9. Penurunan kesadaran.

Penurunan kesadaran atau derilium merupakan keadaan yang dapat terjadi secara mendadak dan bersifat sementara. Jika Anda mengalami penurunan kesadaran maka Anda akan mengalami penurunan kemampuan dalam memusatkan perhatian. Anda juga akan menjadi linglung serta mengalami disorientasi. Selain itu Anda juga tidak akan mampu berpikir secara fokus dan jernih. Jadi dalam hal ini Anda akan sulit berkonsentrasi.

10. Kehilangan keseimbangan.

Macam-macam penyakit stroke terutama yang umum menyerang kaum wanita bisa saja terjadi dengan gejala pusing yang datang secara tiba-tiba. Pusing ini pada akhirnya dapat menyebabkan Anda menjadi kehilangan keseimbangan. Jika Anda mengalaminya sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter sebelum gejala stroke ini menjadi lebih parah dan berkelanjutan.

Gejala stroke ringan pada wanita dapat dilihat melalui gejala-gejala yang telah kami berikan tersebut. Adapun apabila Anda mengalami salah satu atau lebih dari gejala-gejala stroke tersebut maka lebih baik Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Hal ini agar dokter dapat membantu Anda untuk menangani beberapa gejala yang Anda alami tersebut. Dengan pengobatan yang tepat, maka niscaya Anda akan dapat terbebas dari penyakit stroke. Sehingga penyakit pulih dengan segera dan aktivitas dapat lancar kembali.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Stroke