Sponsors Link

6 Gejala Stroke Ringan Pada Wajah Yang Mudah Dilihat

Sponsors Link

Ada kalanya serangan stroke menyerang bagian tubuh tertentu. Misalnya saja pada wajah. Gejala stroke ringan pada wajah sampai saat ini termasuk yang paling umum diderita oleh penderita stroke. Karena itu berbagai macam cara dilakukan untuk mengembalikan fungsi wajah dan estetikanya seperti semula. Tanda dan gejala stroke yang timbul di bagian muka memang bisa jadi mengganggu penampilan. Sehingga sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan stroke. Berikut ini gejala stroke ringan pada wajah:

ads

1. Muka terasa kebas

Adakalanya mungkin penderita merasakan kesemutan atau kebas di bagian wajah. Sebaiknya jika hal ini terjadi mulai berhati-hati dan menghindari makanan penyebab stroke. Karena ini bisa jadi merupakan tanda terjadinya penyakit stroke yang menyerang pada wajah. Rasa kebas berarti pembuluh darah ke wajah tidak berjalan lancar. Bisa jadi ini akibat dari sumbatan lemak dalam pembuluh darah.

2. Pandangan kabur

Gejala berikutnya yaitu jika tiba-tiba saat bangun di pagi hari tanpa sebab yang jelas pandangan menjadi kabur. Umumnya gejala awal penyakit stroke ini merupakan pertanda bahwa serangan stroke juga terjadi pada wajah. Oleh sebab itu coba untuk periksakan ke dokter. Apakah gejala yang terjadi merupakan gejala stroke atau gejala penyakit mata lainnya. Selalu konsumsi makanan seperti buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten supaya memaksimalkan kesehatan penglihatan sehari-hari.

3. Mulut terlihat miring

Gejala stroke ringan pada wajah umumnya terlihat jelas pada mulut yang tidak berbentuk seperti pada normalnya. Seperti misalnya mulut agak miring sebelah atau sudut mulut yang sedikit tertarik. Hal ini menandakan fungsi saraf wajah telah berubah akibat penyumbatan pembuluh darah. Jika demikian sebaiknya bawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

4. Mata tertutup sebelah

Jika mendapati salah satu mata tertutup dan tidak dapat dibuka, maka jelas bahwa hal ini merupakan gejala stroke ringan pada wajah. Salah satu mata yang tertutup terjadi akibat fungsi saraf mata tidak bekerja sempurna. Sehingga ketika otak meminta kelopal mata membuka, respon tersebut tidak tersampaikan pada otot akibat pembuluh darah yang tersumbat lemak. Sumbatan pembuluh darah lama-lama menyebabkan kematian saraf permanen. Sebelum hal tersebut terjadi sebaiknya segera mendapatkan penanganan di rumah sakit berupa injeksi penghancur lemak. Jika segera diatasi maka mata dapat bergerak normal kembali.

5. Terasa pusing dan terhuyung-huyung

Serangan stroke umumnya terjadi pada pembuluh darah di otak. Oleh sebab itu sangat umum jika penderita stroke merasa pusing atau sakit kepala yang teramat sangat. Nyeri di satu sisi kepala umumnya gejala yang sering terjadi. Dan serangan tersebut tanpa disadari telah terjadi berulang-ulang hanya saja sering diabaikan.

6. Kelemahan

Salah satu gejala juga dapat berupa kelemahan pada fungsi wajah. Misalnya yaitu alis naik sebelah dengan sendirinya. Atau dagu menjadi miring ke arah yang berlawanan. Hal tersebut membuat fungsi wajah berkurang dan penderita mengalami kemunduran fisik. Untuk mengatasi hal ini diperlukan terapi dan pengobatan secepatnya. Supaya tidak terlambat dan masih dapat kembali seperti sedia kala.

Demikian gejala stroke ringan pada wajah. Jika terlihat tanda dan gejala stroke seperti yang tertera di atas segera lakukan penanganan yang tepat agar serangan tidak meluas dan dapat cepat disembuhkan. Konsumsi makanan pencegah stroke ringan dan ubah gaya hidup yang kurang baik. Dengan demikian maka kesehatan pembuluh darah akan terjaga optimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Stroke