Sponsors Link

7 Gejala Pikun Pada Orang Tua Yang Sering Dialami

Sponsors Link

Setiap orang seiring bertambahnya usia akan lebih rawan mengalami gejala pikun pada orang tua. Hal ini tidak dapat dihindari karena memang saat usia makin lanjut maka kemampuan daya ingat dan fungsi tubuh umumnya tidak sebaik saat masih muda dahulu. Sehingga untuk mencegah terjadinya kondisi ini butuh konsumsi vitamin dan mineral yang maksimal semasa muda. Intinya selalu penuhi kebutuhan nutrisi otak dan saraf supaya tetap prima sekalipun di usia yang telah lanjut. Adapun untuk lebih jelasnya mengenai macam-macam penyakit saraf pada orang tua, berikut ini gejala pikun pada orang tua yang sering dialami.

ads

1. Gangguan Daya Ingat

Gejala yang paling mudah tampak yaitu terjadinya gangguan daya ingat seperti lupa menaruh barang, lupa nama orang atau bahkan lupa apa yang baru saja dilakukan. Arahnya bisa ke ciri demensia atau bahkan jika terlalu parah dapat mengarah pada amnesia. Hal ini sebaiknya diperhatikan dan dihindari supaya di usia lanjut tidak mengalami pikun parah seperti misalnya gejala amnesia. Karena tentunya kondisi ini akan sangat menyusahkan.

2. Susah Komunikasi

Orang yang pikun awalnya akan mulai susah komunikasi. Hal ini karena apa yang terpikir di otak sangat susah diutarakan dengan kata-kata. Sehingga ketika akan menyampaikan sesuatu akan berjalan lambat dan tidak dapat maksimal seperti yang diharapkan.

3. Kehilangan Keahlian

Gejala pikun pada orang tua selanjutnya yaitu mulai berkurangnya keahlian yang pernah dimiliki. Contohnya jika dahulu pandai menyetir, maka berangsur-angsur kemampuan menyetir menjadi berkurang. Seperti tidak ingat mana pedal gas dan mana pedal rem. Hal ini terlihat simpel serta biasa saja. Namun hal sepele demikian ternyata merupakan gejala awal pikun akibat usia yang makin lanjut.

4. Tersesat

Orang yang pikun sangat mudah tersesat. Hal ini umum terjadi karena orang tua saat bepergian tiba-tiba tidak ingat jalan pulang. Tentunya ini berbahaya dan sangat menakutkan. Karena bisa jadi orang tua akan kehilangan arah dan tidak dapat kembali pulang. Karena itu selalu sertai orang tua yang mengalami macam-macam amnesia termasuk pikun. Supaya kondisi kesehariannya tidak beresiko berbahaya.

5. Bertanya Berulang-Ulang

Biasanya gejala pikun juga termasuk diawali selalu menanyakan sesuatu berulang-ulang. Hal ini karena terjadi gangguan memori pada pikiran orang yang telah lanjut usia. Sehingga susah mengingat kembali apa yang baru diterimanya.

6. Perubahan Sikap

Orang yang pikun bisa jadi ditandai gejala dengan perubahan sikap yang mendadak. Hal ini karena terjadi gejala gegar otak ringan yang membuat gejala seperti penyebab demensia. Oleh karena itu sangat wajar jika sesaat orang tua merasa bahagia namun tiba-tiba marah tanpa sebab.

Sponsors Link

7. Emosi Berubah

Jangan heran jika salah satu gejala awal orang pikun termasuk perubahan emosi. Hal ini karena mereka tidak dapat lagi merekam emosi dan mengontrol emosi dengan baik. Terutama jika pikun akibat pendarahan otak akibat kecelakaan yang berbahaya bagi kondisi ingatan mereka.

Demikian beberapa gejala pikun pada orang tua yang sering dialami. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan otak dan saraf dengan konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Namun hindari lemak yang banyak terdapat dalam makanan pula. Sehingga kemampuan otak dalam mempertahankan daya ingat tetap maksimal serta daya ingat tidak mengalami penurunan begitu saja. Yang paling penting yaitu menghindari terjadinya lupa ingatan atau amnesia pada usia lanjut.

, , , , ,
Oleh :