Sponsors Link

15 Gejala Gegar Otak Ringan Wajib di Kenali Sebelum Terlambat

Sponsors Link

Gegar otak merupakan kondisi cedera yang terjadi pada otak dan umumnya disebabkan karena benturan pada kepala. Penyebab dari benturan bisa saja karena kecelakaan, berolahraga, dan yang lainnya. Karena pada dasarnya aktivitas beresiko yang akan menyerang pada bagian fisik akan beresiko juga menyebabkan seseorang gegar otak.

ads

Benturan pada bagian kepala mungkin biasa terjadi karena tidak jarang ada saja iniden kecil yang membuat kepala kita terbentur. Namun berbeda dengan gegar otak, karena kemungkinan benturan yang terjadi sangat keras sehingga menyebabkan masalah sangat serius pada otak. Karena pada dasarnya otak adalah sebuah organ lunak yang mempunyai tingkat kepadatan mirip seperti gelatin. Otak akan dilindungi oleh cairan yaitu serebrospinal yang akan mengelilingi bagian tengkorak. Hanya saja pukulan yang sangat keras dan juga tiba-tiba pada bagian kepala serta leher bisa mengakibatkan luka pada otak walaupun ada pelindung yang cukup kuat. Otak bisa mengguncangkan bagian dinding yang ada pada tengkoran sehingga mencederai bagian otak dan juga mempengaruhi kerja otak secara langsung.

Berdasarkan pada tingkatan keparahannya gegar otak dibedakan menjadi 3 jenis:

  • Gegar otak ringan: Pada gegar otak ini gejala akan berlangsung hanya dalam waktu 15 menit saja.
  • Gegar otak sedang: Gejala akan berlangsung lebih dari 15 menit dan masuk pada hitungan jam.
  • Gegar otak berat: Gejala akan mengakibatkan penderita benar benar tidak sadarkan diri dalam bebera waktu.

Lalu apa yang menjadi gejala gegar otak ringan? Berikut adalah 15 gejala yang bisa di dapatkan oleh penderita gegar otak ringan:

  1. Nyeri pada bagian kepala

Ini adalah gejala yang umum terjadi baik pada gegar otak ringan hingga berat. Tanda ini juga sangat mudah dijumpai saat seseorang ternyata tengah mengalami cedera pada bagian kepala kemudia ia mengalami gegar otak, Ini disebabkan karena benturan yang sangat keras dan menyebabkan ada pendarahan pada bagian kepala sehingga akan terasa nyeri.

  1. Perut terasa nyeri dan mual

Perut yang terasa nyeri dan mual adalah gejala gegar otak yang cukup sering terjadi dan masuk pada gejala awal gegar otak ringan. Awalnya mereka akan mengalami perut yang terasa mual hingga ingin muntah, lama kelamaan mereka akan sulit untuk menggerakan tubuhnya. Kondisi ini terjadi karena pada bagian kepalanya terkenal lebam akibat benturan dan terjadi peradangan namun tidak mendapatkan pertolongan medis sesegera mungkin sehingga volume rasa nyeri yang ada pada bagian jaringan perut semakin terasa nyeri bahkan menjadi sangat parah

  1. Muntah darah

Gejala gegar otak muntah darah juga sering dialami oleh mereka yang mengalami gegar otak ringan. Ini menandakan bahwa terdapat luka yang lebah pada bagian kepala, belum bisa dikatahui apakah bagian kiri atau kanan kecuali sudah melalui pemeriksaan dokter atau CT Scan.

Sponsors Link

  1. Pandangan yang terasa buram

Jika gegar otak ternyata disebabkan karena suatu kecelakaan maka sesaat setelah mengalami kecelakaan biasanya orang akan mengalami pandangan mata yang kabur dan berkunang-kunang, ini karena rasa kejut akibat benturan pada bagian kepala dan juga tubuhnya.

  1. Kebingungan

Selain mengalami pandangan yang buram oran yang tiba tiba mengalami benturan baik pada tubuh dan pada kepalanya karena ada kecelakaan mereka akan mulai merasa kebingungan. Karena pada saat itu saraf pada bagian pembuluh darah juga mengalami guncangan serta tekanan yang cukup hebat sehingga mengakibatkan adanya peradangan, infeksi dan juga memar pada kepala.

  1. Sulit untuk berbicara

Saraf pada area kepala dan juga sekitarnya kemudian akan terkejut dan juga mendapatkan tekanan yang disebabkan oleh benturan sehingga aliran darah menjadi tersebmbat. Kondisi ini jug akan mempengaruhi kerja otot yang ada pada rongga mulut dan rahang untuk sementara waktu dan akibatnya penderita akan sulit untuk berbicara hingga keadaannya membaik.

  1. Pendengaran yang terganggu

Bagian pendengaran terganggu juga akan dialami oleh penderita gegar otak ringan, namun ini bersifat sementara. Saat kepala seseorang mengalami benturan dengan cukup keras maka secara spontan sara pendengannya akan menyebabkan terjadi desakan dan juga tekanan serta kerusakan pada saraf. Akibatnya seseorang akan mengalami gangguan pada pendengaran untuk beberapa menit awal setelah kecelakaan.

  1. Terganggunya keseimbangan pada tubuh

Pasca mengalami benturan pada bagian kepala dan juga seseorang mengalami gegar otak maka badan penderita akan terasa sangat ringan. Ini menandakan adanya cedera yang dinilai cukup hebat yang akan memberikan pengaruh pada jaringan tubuh lainnya seperti ginjal dan juga hati. Saat terjadi gegar otak maka biasanya aliran darah pada tubuh lainnya juga akan spontan dan tersentak hingga terjadilah cedera pada bagian kepala dan keseimbangan tubuh mulai terganggu. Hal ini mengakibatkan tubuh penderita terasa sangat ringan.

9. Tubuh yang terasa lemas

Pada umumnya gegar otak akan di awali dengan kemunculan gejala klasik yang sering dialami oleh siapa saja. Gejala tersebut adalah melemasnya bagian tubuh dan juga terasa sangat lunglai. Kondisi ini merupakan kondisi refleks akibat saraf yang ada pada tubuh tiba tiba berhenti untuk sementara waktu dan mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar.

  1. Denyut nadi yang melambat

Denyut nadi yang melambat untuk beberapa waktu juga akan dialami oleh penderita gegar otak. Kondisi ini biasanya disebabkan karena aliran darah mulai tersumba oleh darah yang terus saja mengalir pada bagian pembuluh darah yang mengalami penyendatan.

ads
  1. Jantung yang mulai melemah

Gejala geger otak selanjutnya juga biasanya akan ditandai dengan denyut jantung semakin lemah untuk beberapa saat saja. Kondisi ini terjadi karena pada bagian cedera yang terjadi di tengkorak, saraf dan otak, asupan darah yang harusnya terisi oleh oksigen malah semakin mengalami penurunan.

  1. Wajah menjadi sangat pucat

Seseorang yang mengalami geger otak juga biasanya akan memperlihatkan wajah yang sangat pucat serta kaku dengan pandangan yang sangat kosong. Penyebabnya adalah karena ada kejadian yang mendadak sehingga membuatnya terkejut dan membuat cedera permukaan kulit dan juga mempengaruhi pada kondisi psikologisnya.

  1. Mengalami koma

Penderita geger otak ringan hingga berat juga bisa saja mengalami koma untuk beberapa waktu, bisa hanya hitungan jam atau bahkan hari. Ini karena adanya benturan keras yang terus berulang berkali kali sehingga membahayakan pada kekuatan serta kestabilan pada tengkorak dan juga saraf kepala penderita. Kondisi saraf yang mengalami memar dan juga luka karena ada peradangan yang cukup lebar akan mengakibatkan terjadi keadaan koma.

  1. Merasa bahwa dirinya ada di tempat lain

Orang yang mendapatkan kecelakaan dengan sangat cepat kemudian membuat kepalanya terbentur dengan cukup keras maka mereka juga bisa mengalami halusinasi seperti berada ditempat lain. Biasanya akan berlangsung untuk beberapa saat saja dan tidak akan lama.

  1. Pingsan

Akibat dari benturan keras, penderita gegar otak juga biasanya akan mengalami kondisi pingsan selepas kecelakaan dalam beberapa menit.

pertolongan pertama yang harus Anda lakukan pada penderita gegar otak:

  • Hindari pekerjaan beresiko secara berulang

Jika Anda atu orang disekitar Anda mengalami benturan yang cukup keras karena aktivitas tertentu, ada baiknya Anda segera menghentikan aktivitas tersebut kemudian duduk dengan tenang. Hindari adanya pengulangan aktivitas yang memang akan mengakibatkan adanya gegar otak pada hari yang sama. Karena pada dasarnya saat sudah mengalami gegar otak, akan membtuhkan waktu untuk memulihkannya kembali. Jika gegar otak terjadi untuk kedua kalinya biasanya waktu pemulihan akan semakin lama bahkan kerusakan pada otak akan semakin parah.

  • Lihat perubahan perilaku

Jika ternyata gegar otak terjadi pada anak maka para orang tua harusn mengawasi anak apakah mereka mengalami suatu perubahan pada perilakunya atau tidak. Anda bisa melakukan pengawasan pada perilaku paling tidak pada hari pertama karena kemungkinan anak akan sangat sulit mengungkapkan apa yang sedang mereka rasakan.

  • Hindari konsumsi obat tanda resep

Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi obat tanpa adanya saran atau resep dari dokter. Terutama pada obat obatan yang memiliki kandungan aspirin karena bisa mengakibatkan seseorang mengalami penderahan.

  • Periksakan kondisi Anda ke klinik

Baik anak ataupun orang dewasa saat mereka mengalami kecelakaan pada kepala sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter. Jangan mengira-ngira dan mengkonsumsi obat untuk meringankan rasa sakitnya sehingga bukan membuat sembuh malah akan memperparah keadaan.

Sponsors Link

Penangan Gegar Otak Secara Medis

Pengobatan gegar otak biasanya akan bergantung pada seberapa parah gejala yang akan muncul pada penderita. Mungkin saja harus melakukan pembedahan berdasarkan prosuder medis jika memang sudah terbukti adanya pendarahan, pembengkakan dan juga cedera yang sangat serius. Namun biasanya pada sebagian besar kasus tidak harus sampai melakukan prosedur mesi dan hanya harus mendapatkan perawatan khusus saja. Pada 24 jam pertama pasca mengalami cedera kemungkinan dokter akan meminta penderita untuk membangunkan pasien tiap 2-3 jam.

Dokter juga tentu saja akan meminta pasien untuk istirahatan banyak serta menghindari aktivitas yang sangat berat dan beresiko seperti mengemudi, bersepeda untuk beberapa waktu tergantung pada seberapa parah keadaanya. Selain itu sebaiknya Anda juga tidak mengkonsumsi alkohol, karena alkohol akan memperlambat proses pemulihannya.

Perawatan Gegar Otak Di Rumah

Karena tidak mendapatkan perawatan rawat inap maka pasien gegar otak harus mendapatkan perawatan di rumah yang biasanya akan dianjurkan oleh dokter. Berikut adalah beberapa perawatan yang biasanya akan dianjurkan:

  1. Dilarang mengemudi apalagi jika hanya sendiri
  2. Penderita akan disarakan untuk benar benar istirahat dan hanya melakukan aktivitas ringan saja paling tidak selama 24 jam.
  3. Kompres bagian bengkan dengan menggunakan es batu.
  4. Konsumsilah obat sesuai dengan apa yang telah dokter resepkan.
  5. Jangan membiarkan penderita gegar otak sendirian tanpa ada pendamping bahkan saat ia sedang beristirahat.
  6. Sangat dilarang untuk konsumsi alkohol karena akan memperburuk keadadaan.
  7. Dilarang mengkonsumsi obat penenang tanpa ada anjuran dari dokter.
  8. Jika penderita adalah anak-anak sebaiknya orang tua membangunkannya selama 4 jam sekali agar memastikan bahwa kondisinya baik-baik saja.

Itulah 15 gejala gegar otak ringan dan juga informasi tambahan mengenai bagaimana cara penyembuhan serta penanganan secara medis. Jangan pernah melakukan pengobatan tanpa ada saran dari dokter.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gegar Otak