Sponsors Link

10 Gejala Awal Stroke Yang Tidak Disadari

Sponsors Link

Penyakit stroke sebenarnya tidak pernah datang tiba-tiba, umumnya akan menunjukkan gejala awal stroke terlebih dahulu. Hanya saja sering kali banyak orang tidak sadar, bahwa kejadian sepele merupakan salah satu gejala awal yang tanpa disadari sedang terjadi dalam tubuh. Kebanyakan orang tentu akan meremehkan kondisi tersebut. Terutama bila mendapat gejala yang seperti biasa saja dan tidak ada efek samping. Baru setelah gejala makin parah maka tubuh tiba-tiba mengalami serangan stroke mendadak. Sehingga saat gejala stroke ringan pada wajah terjadi maka efek yang dirasakan atau didapat cukup parah.

ads

Hal ini tentu sangat berbahaya sekali. Yang paling perlu diupayakan yaitu mencegah sejak merasakan gejala awal sebelum benar-benar mengalami serangan stroke. Tapi banyak juga yang tidak paham apa saja gejala yang dimaksud. Bahkan sebagian orang berpikir bahwa serangan stroke terjadi tanpa gejala dan tiba-tiba menyerang begitu saja. Sebaiknya tepis pandangan dan pemikiran yang demikian, supaya dapat lebih siap dan mengatasi apabila menemukan gejala serangan stroke yang dapat diduga mengarah pada kondisi stroke yang lebih berat. Dengan penanganan lebih awal dan cepat, maka tentu serangan stroke dapat dihindari dengan baik. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa gejala awal stroke yang umum terjadi tanpa disadari.

1. Tremor Pada Tangan

Beberapa orang tentu pernah mengalami penyebab tremor pada jari tangan atau tangan yang gemetar. Terutama di saat usia semakin lanjut dan fungsi tubuh mengalami penurunan. Banyak orang tua yang berpikir bahwa ini sekedar kelelahan atau kekurangan nutrisi baik vitamin dan mineral. Padahal tanpa disadari ini merupakan gejala awal dari penyakit stroke. Dimana saraf dan respon otak tidak mengalami hubungan yang sinkron, sehingga tangan tiba-tiba gemetar. Sebaiknya jika menemukan kondisi seperti ini segera konsumsi vitamin B kompleks dan atur pola makan menjadi menu makanan yang lebih sehat dan jauh dari resiko kolesterol tinggi.

2. Kehilangan Daya Ingat

Dengan beranjaknya usia maka kemungkinan besar seseorang akan mudah lupa. Hal ini dipandang wajar oleh sebagian besar orang. Padahal belum tentu hal tersebut akibat gejala pikun terlalu dini. Terutama apabila terjadi di masa usia produktif. Sebaiknya segera hati-hati dengan gejala mulai menurunnya daya ingat anda. Seperti susah mengingat apa yang barusan dikatakan atau berusaha mengingat dimana anda meletakkan barang sedetik lalu. Hal yang demikian bisa saja gejala awal dari penyakit stroke yang tidak anda sadari. Karena itu segera rubah pola hidup anda menjadi lebih sehat untuk dapat menghalangi resiko terjadi serangan stroke pada pembuluh darah.

3. Koordinasi Tubuh Menurun

Tentu beberapa orang pernah mengalami kondisi dimana koordinasi tubuh tiba-tiba tidak sinkron. Seperti misalnya terbelit kaki sendiri tanpa sebab. Atau hendak mengambil sesuatu tapi tidak tepat waktu sehingga barang malah terjatuh. Kadang orang berpikir itu hanya kecerobohan semata. Namun berbeda cerita jika ternyata akibat koordinasi antara otak dan saraf respon tubuh yang tidak sinkron dalam waktu bersamaan. Hal ini mungkin terjadi karena lambat respon akibat penyempitan pembuluh darah. Oleh sebab itu waspadai kondisi ini sebagai salah satu penyebab stroke di usia muda yang tidak disadari.

4. Pusing Dan Sakit Kepala

Jika mengalami darah tinggi dan sering merasa pusing atau sakit kepala, maka sebaiknya hati-hati. Karena hal inilah gejala yang pasti merupakan penyebab stroke dan memiliki cikal bakal menuju pada serangan stroke. Oleh sebab itu sebaiknya kurangi konsumsi garam pada makanan dan berupaya untuk menghindari makan makanan yang asin. Perbanyak istirahat supaya tekanan darah tidak terlalu tinggi dan tetap normal. Dengan demikian maka resiko mengalami stroke dapat dihindari. 

Sponsors Link

5. Mual Muntah

Ada kalanya rasa mual dan muntah ternyata bukan hanya gejala biasa. Ketika terjadi pembuluh darah yang makin menyempit maka aliran darah menuju otak tentu akan sering mengalami hambatan. Karena hal ini maka suplai oksigen dalam darah menuju otak mengalami gangguan. Umumnya jika suplai darah dan oksigen kurang maksimal maka akan timbul rasa mual dan ingin muntah tanpa sebab. Oleh karena itu sebaiknya waspadai kondisi ini sedini mungkin.

6. Sulit Berpikir Atau Konsentrasi

hati-hati pula jika tiba-tiba di usia yang masih muda menjadi sulit berpikir dan konsentrasi. Karena bisa saja ini merupakan gejala awal stroke yang mengintai tubuh anda. Seperti misalnya ketika hendak mencari tahu ingatan tentang sesuatu dan tiba-tiba susah untuk mengingat. Atau misalnya tidak memahami perkataan orang dengan segera tidak seperti biasanya. Sulit mencerna sesuatu secara tiba-tiba. Hal ini bisa saja merupakan tanda dan gejala stroke bahwa terjadi gangguan pada pembuluh darah pada otak sehingga fungsi otak tidak lagi maksimal.

7. Kehilangan Keahlian

Gejala lainnya termasuk jika tiba-tiba merasa kehilangan keahlian. Seperti misalnya jika dahulu terbiasa melakukan sesuatu dengan cekatan namun pada akhir-akhir ini mengalami penurunan keahlian dan ketepatan dalam melakukan sesuatu. Segera waspadai kondisi tersebut. Karena bisa jadi ini akibat terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang membuat resiko terjadinya serangan stroke tanpa diduga. 

Sponsors Link

8. Keseimbangan Badan Menurun

Salah satu hal sepele yang wajib diperhatikan termasuk apabila tiba-tiba keseimbangan badan menjadi menurun. Seperti misalnya susah untuk berdiri secara tiba-tiba dan tidak dapat seimbang saat berjalan. Ini tandanya bahwa pembuluh darah menyempit telah makin parah. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter lebih dini untuk menghindari serangan stroke yang fatal.

9. Sesak Nafas

Pada beberapa penderita sesak nafas umumnya mengira hanya sedang sakit flu atau hidung tersumbat. Namun ini adalah perkiraan yang salah besar. Karena berbeda antara flu sesak nafas dan gejala sesak nafas akibat tanda serangan stroke. Biasanya jika tiba-tiba dada terasa sesak tanpa resiko alergi dan tiba-tiba susah bernafas tanpa ada dahak, maka bisa jadi ini merupakan gejala dari serangan stroke kedua pada tubuh anda.

10. Penderita Penyakit

Sebaiknya hati-hati pada penderita penyakit hipertensi, diabetes, jantung dan kolesterol. Karena penyakit inilah merupakan cikal bakal penyakit stroke yang lebih parah. Sehingga ketika memiliki kondisi dimana kadar gula darah meningkat dan kolesterol tubuh tinggi segera lakukan tindakan pengobatan. Supaya dapat mencegah resiko terjadi serangan stroke yang fatal pada tubuh. Tingginya tingkat kolesterol dalam darah berpotensi menyumbat pembuluh darah dan beresiko mengalami serangan stroke tiba-tiba.

Demikian beberapa gejala awal stroke yang umum terjadi. Sebaiknya jika mengalami gejala di atas segera lakukan pemeriksaan kondisi tubuh anda. Terutama jika dari awal telah memahami bahwa ada kemungkinan serangan stroke pada tubuh baik ringan maupun berat. Dengan berusaha mencegah ataupun mengatasi sejak awal, maka diharapkan efek stroke yang berat seperti cacat atau kelumpuhan dapat dihindari. Sehingga tubuh dapat beraktivitas dengan normal tanpa mengalami gangguan akibat gejala stroke yang terjadi tersebut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stroke