Sponsors Link

10 Gejala Awal Radang Selaput Otak Yang Sering Tidak Diketahui

Sponsors Link

Banyak orang sering kali bisa jadi tidak terlalu paham jika ditanya mengenai gejala awal radang selaput otak. Maklum saja, penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit yang tidak mudah terjadi begitu saja. Bahkan bisa dibilang ini adalah penyakit yang jarang terjadi di lingkungan sekitar kita.

ads

Radang selaput otak atau ensafalitis ini umumnya diderita oleh beberapa orang saja dan bukan juga merupakan endemi yang sedang berlangsung. Namun bukan berarti kita menjadi lengah dan tidak memahami apa saja yang menjadi gejala dan tanda terjangkitnya penyakit tersebut.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk mengetahui apa saja sebenarnya gejala awal radang selaput otak yang bisa menjadi tanda permulaan datangnya penyakit tersebut pada seseorang.

1. Demam Ringan

Sering kali jika seseorang mengalami demam ringan, maka dianggap sedang sakit flu dan penyakit sepele lainnya. Padahal hal ini bisa saja merupakan gejala dari terjadinya infeksi di otak. Oleh sebab itu sebaiknya ketahui dan periksa lebih jelas jika terjadi demam terutama setelah pendarahan otak akibat kecelakaan.

Karena jika terlambat maka bisa mengarah pada radang selaput otak yang berbahaya. Berikan obat penurun demam, namun jika tidak berhasil sebaiknya segera bawa ke dokter.

2. Sakit Kepala

Gejala berikutnya yaitu sering kali penderita mengalami sakit kepala mulai dari tahap yang ringan hingga tahap yang sangat parah. Beberapa orang sering kali menyepelekan sakit kepala yang dialami karena dianggap sedang sakit flu atau hanya kelelahan biasa.

Padahal bisa jadi ini merupakan tanda bahwa orang tersebut sedang mengalami penyakit radang selaput otak yang berbahaya. Oleh sebab itu jika sering mengalami sakit kepala secara berkala maka sebaiknya berhati-hati dan periksakan ke dokter supaya tidak mengarah pada gejala radang otak yang lebih parah.

3. Kejang

Hati-hati jika menemukan teman atau kerabat yang tiba-tiba sering mengalami gejala berupa penyebab kejang tanpa demam dan tidak menentu. Hal ini bisa jadi karena demam. Namun di satu sisi kejang juga bisa terjadi akibat adanya gangguan pada daerah saraf otak.

Yang cukup berbahaya yaitu jika ternyata merupakan tanda terjadinya infeksi dan radang di area seputar otak. Hal ini bisa memicu bahaya lebih lanjut seperti radang selaput otak tersebut. Oleh karena itu jika sering kejang maka sebaiknya bawalah untuk berkonsultasi pada tenaga medis yang lebih kompeten atau pada dokter spesialis.

4. Lemah Otot

Gejala awal radang selaput otak yang sering kali tidak terduga yaitu adanya rasa lemah di otot. Beberapa orang mengira bahwa lemah otot ini hal yang biasa dan hanya kelelahan semata. Namun ada yang membedakan antara rasa lelah serta ada gangguan yang terjadi dari pusat saraf otak.

Oleh sebab itu perhatikan ciri dari terjadinya kelemahan otot ini, apakah tiba-tiba tanpa sebab atau akibat melakukan pekerjaan fisik. Jika sering kali tanpa penyebab maka bisa jadi merupakan gejala radang otak yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

5. Tubuh Terasa Lemas

Demikian halnya jika tubuh selalu merasa lemas. Karena bisa jadi otak tidak menerima cukup oksigen akibat adanya radang yang menyerang daerah tersebut. Sebaiknya perhatikan apa yang menjadi penyebab dari lemasnya tubuh di waktu tertentu.

Apakah karena kurang nutrisi ataupun hal yang lainnya. Jika sulit diketahui penyebabnya maka sebaiknya tanyakan pada dokter untuk menghindari resiko penyakit radang otak yang berbahaya.

6. Pandangan Kabur

Hati-hati pula apabila mengalami pandangan yang tiba-tiba kabur tanpa penyebab yang jelas. Karena hal ini bisa berarti terjadinya radang selaput pada otak yang terjadi tanpa disadari. Umumnya gangguan pada saraf mata bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya saja gejala stroke ringan dan gejala kerusakan saraf lainnya.

Salah satunya yaitu tidak menutup kemungkinan adanya infeksi dan radang di daerah otak. Oleh sebab itu jika hal ini berlangsung terus menerus maka segera ambil tindakan yang penting dan periksakan pada dokter mata yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.

7. Pingsan

Apabila penderita tiba-tiba pingsan tanpa sebab yang jelas, maka besar kemungkinan bahwa penderita tersebut mengalami gejala awal dari radang selaput otak. Hal ini karena otak mengalami kekurangan asupan oksigen yang penting untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Hingga saat oksigen menipis maka penderita tiba-tiba merasa lemas dan kemudian bisa jadi jatuh pingsan. Oleh sebab itu sebaiknya segera lakukan pencegahan untuk menghindari gejala yang lebih parah di kemudian hari atau pingsan di tempat umum secara mendadak.

ads

8. Halusinasi

Beberapa penderita radang di otak bisa juga mengalami halusinasi yang tidak jelas. Oleh sebab itu perhatikan jika seseorang sering kali mengalami hal tersebut. Atau bisa juga jika berkata-kata tidak jelas seakan meracau tanpa sebab yang jelas.

Hal ini bisa saja karena kondisi otak yang terganggu. Salah satunya akibat macam-macam penyakit saraf yang menyerang saraf otak dan yang kemudian mengalami masalah dan terganggu karena radang yang terjadi tersebut. Sebaiknya amati jika ada kerabat yang sering kali mengalami hal tersebut dan bawalah untuk diperiksakan lebih lanjut pada dokter yang kompeten.

9. Susah Berbicara

Gejala awal lainnya yaitu jika penderita tiba-tiba mengalami kondisi yang susah untuk berbicara. Seolah-olah sangat susah untuk mengutarakan apa yang menjadi maksud dan tujuan dari perkataannya. Hal ini karena kondisi saraf di otak yang mulai tidak sinkron antara pikiran dan perkataan yang hendak diutarakan.

Oleh sebab itu bisa jadi hal ini menjadi penanda bahwa orang tersebut mengalami penyakit dan radang di seputar sarafnya, lebih tepat lagi yaitu di seputar saraf otak tersebut.

10. Vertigo

Gejala vertigo juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang menderita masalah pada area saraf otaknya. Saat saraf otak tidak bekerja secara sempurna maka keseimbangan seseorang juga bisa terganggu. Terutama saat sakit kepala terus menerus maka bisa berujung pada gejala bahaya migrain akibat mengalami vertigo yang cukup parah.

Oleh sebab itu apabila mengalami vertigo terus menerus maka hal dan kondisi ini patut untuk diperhatikan lebih jelas lagi. Supaya tidak terlambat dan segera ditangani. Karena bisa jadi hal ini akibat masalah dengan kondisi saraf otak akibat adanya radang di seputar area otak ini.

Itulah beberapa gejala awal radang selaput otak yang sering kali terlewatkan oleh banyak orang. Sehingga saat diketahui maka penyakit tersebut telah tiba di tahap yang cukup parah dan susah untuk diobati. Oleh sebab itu ada baiknya masing-masing kita berusaha mengenali kemungkinan gejala penyakit yang terjadi di dalam diri kita.

Termasuk gejala penyakit radang selaput otak tersebut. Sehingga bisa dilakukan penanganan yang paling tepat dan diberikan pengobatan yang sesuai tepat waktu. Dengan penanganan yang segera maka tentu resiko bahaya yang terjadi juga bisa diminimalkan. Sehingga para penderita dapat segera sembuh dan melakukan aktivitas normalnya dengan baik sehari-harinya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Radang Otak